Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Yang Terjadi Di Usia Janin 1 Bulan?

PREGNANCY  |  Trimester 1  |  11 Apr '18

Di minggu pertama kehamilan akan terjadi yang namanya pembuahan sel-sel telur yang di lakukan oleh sperma. Bahkan di waktu ini juga akan terjadi yang namanya proses pertukaran kromosom yang dilakukan oleh sel sperma dan juga sel telur yang memiliki kandungan gen pembawa sifat bagi janin yang berada di bagian rahim. Bukan hanya itu, bersamaan dengan pertukaran kromosom ini, kadar estrogen dan juga progestoren akan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu, yang mana nantinya akan menyebabkan sejumlah perubahan yang terdapat di dalam struktur serta metabolisme tubuh Moms, yang bertujuan untuk mendukung proses perkembangan janin di dalam kandungan.

Dalam proses perjalanannya menuju rahim, yang di lakukan oleh sel telur dan sel rahim dari ovarium, maka bagian sel telur ini nantinya akan terus membelah diri untuk membentuk sel, dimana sel ini disebut juga dengan blastos. Ketika sel telur berhasil berada pada rahim, maka bagian blostosis ini akan menempel di bagian dinding rahim. Ketika proses panjang ini, biasanya Moms akan mengalami telat menstruasi.

Bukan hanya itu, di minggu pertama kehamilan, biasanya akan terjadi yang namanya pendarahan, yang mana banyak diantaranya kaum wanita mengartikannya sebagai darah yang keluar ini sebagai darah haid. Namun yang membedakan darah haid dan darah yang keluar sebagai pertanda kehamilan adalah, bahwa darah yang keluar hanyalah sedikit atau bisa juga disebut sebagai bercak darah yang mana nantinya tidak akan keluar kembali, sedangkan darah haid ketika adanya bercak darah yang keluar maka akan di susul dengan darah yang keluar dengan jumlah yang lebih banyak. Ketika proses implantasi berhasil dilakukan, atau ketika zigot menempel di bagian dinding rahim, maka disinilah proses pelepasan hormon HCG dimulai. Dan bagian sel-sel akan terkumpul hingga membentuk embrio, dan embrio yang tidak melekat pada dinding rahim nantinya akan tumbuh hingga menjadi janin.

Bagaimana perkembangan janin di usia 1 bulan? Ketika kehamilan baru menginjak usia hamil 1 bulan, biasanya hanya bagian tulang belakang, tulang ekor, tulang iga dan juga bagian sistem syaraf yang akan terbentuk. Sama halnya dengan bagian jantung dan juga bagian pembuluh darah, akan terbentuk ketika usia kehamilan memasuki usia 1 bulan. Untuk bagian mata, biasanya akan mulai terbentuk di usia kehamilan 4 minggu, atau ketika usia kehamilan menginjak usia 2 bulan. Dan di usia kehamilan 1 bulan ini, janin akan memiliki ukuran sebesar biji apel saja. Penting juga untuk Anda ketahui, bahwa di usia 1 bulan ini pada bagian plasenta dan juga tali pusar sudah mampu bekerja dengan baik, sesuai dengan tugasnya. Selain itu, bagian jantung juga mulai berfungsi dengan baik, yang mana bertujuan untuk memompa darah agar tersebar ke seluruh bagian tubuh Si Kecil. Bahkan di minggu ini, sejumlah sel yang nantinya akan membentuk sebagai cikal bakal organ tubuh Si Kecil juga mulai terbentuk dengan baik.

Biasanya ketika usia kehamilan masih berada di usia 1 bulan, sebagian besar para ibu hamil tidak akan menyadari kalau dirinya tengah hamil. Mengapa? Hal ini di karenakan keadaan perutnya yang masih sangat kecil. Namun meskipun demikian, biasanya ibu hamil akan tetap merasakan gejala kehamilan, salah satunya adanya morning sickness. Penting untuk Anda ketahui dan perhatikan, bahwa ketika usia kehamilan Anda baru berusia 1 bulan, maka sebaiknya Moms menjaga kehamilan serta kesehatan Anda sendiri. Karena ketika usia kehamilan baru menginjak usia 1 bulan, maka di pastikan kondisi janin yang berada di dalam kandungan masih sangat lemah, sehingga besar kemungkinan resiko keguguran masih ada. Maka dari itu, ketika Anda mengetahui bahwa Anda sedang hamil, sebaiknya Anda mengkonsumsi berbagia jenis makanan yang memiliki kandungan yang baik, agar kesehatan Anda dan juga janin dalam kandungan bisa terjaga dengan baik, bahkan Si Kecil juga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pula. Hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan yang buruk, karena ketika Anda mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan buruk, umumnya kesehatan Anda akan terganggu. Ketika kesehatan Anda terganggu, maka tumbuh kembang si kecil juga akan berersiko mengalami gangguan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

BACA JUGA: Mengenal Usia Kehamilan dan Perkembangan Janin Dalam Kandungan

922 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories