Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Yang Terjadi Di Usia Bayi 8 Bulan?

OTHERS  |  16 Apr '18

Umumnya ketika Si Kecil berusia 8 bulan ia sudah mulai belajar berdiri, meskipun masih dengan menggunakan bantuan pegangan kursi atau bahkan meja yang ada di sekitarnya, tapi setidaknya kemampuan motorik Si Kecil sudah berkembang dengan pesat. Ketika Si Kecil sudah bisa berdiri, maka disini kewaspadaan Anda harus lebih meningkat. Bukan hanya itu, di usia 8 bulan ini, rasa penasaran Si Kecil juga terus meningkat. Ia akan penasaran dan terus memperhatikan dengan apa yang ia lihat, terutama dengan barang-barang yang ada di sekitarannya.

Setelah Si Kecil menguasai gerakan merangkak yang ia pelajari ketika usianya masih ada di usia 7 bulan, maka di usia 8 bulan ini Si Kecil mulai belajar hal baru lagi, yaitu belajar mengangkat tubuh kecilnya dengan menggunakan kedua tangan serta lututnya. Bahkan di usia ini, Si Kecil juga mulai bisa memajukan badannya ke depan dan juga ke belakang. Dan semua gerakan yang di kuasai Si Kecil ini memiliki peranan yang penting untuk melatih kekuatan ototnya sebagai salah satu bentuk pondasi agar ia bisa berjalan. Dan umumnya, Si Kecil di usia 8 bulan ini sudah bisa berdiri dengan tegak meskipun masih dalam bantuan pegangan.

Bukan hanya itu, di usia 8 bulan ini Si Kecil juga sudah bisa belajar untuk duduk dengan cara menekukkan kedua lututnya setelah ia berdiri. Dan di sini, Anda bisa membantunya untuk berjalan dengan cara memegang kedua tangan buah hati Anda. Dan pastinya hal ini merupakan hal yang akan membuat Anda merasa cepat lelah sekaligus membuat Anda bahagia karena bisa membantu dan memperhatikan tumbuh kembang buah hati tercinta Anda.

Meskipun Si Kecil sudah berlatih untuk berjalan, namun di sini ia masih belum membutuhkan sepatu sebagai alas kakinya. Karena memang banyak para ahli kesehatan anak yang mengungkapkan, bahwa berjalan tanpa menggunakan alas kaki lebih baik daripada menggunakan alas kaki, hal ini bertujuan untuk memperkuat bagian otot kaki Si Kecil. Bukan hanya itu, bagian tekstur lantai yang Si Kecil injak juga bisa membantunya untuk melatih keseimbangan ketika berdiri dan berjalan.

Bukan hanya itu, di usia 8 bulan ini Si Kecil juga mulai memiliki kemampuan lain yang bisa membuat Anda tercengang, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Si kecil mulai aktif dalam menggerakkan mainan yang di pegangnya, bahkan Si Kecil kerap kali membanting mainan yang di pegang, meremas, memukul hingga menjatuhkannya ke atas lantai. Disini Si Kecil bukan bermaksud ingin merusak mainan tersebut, namun ia hanya memiliki keinginan untuk melakukan semua hal yang membuat dirinya merasa senang.
  • Di usia ini juga Si Kecil mulai memiliki perasaan senang dengan sejumlah mainan yang memiliki bentuk yang sama dengan bentuk aslinya, misalkan seperti gelas plastik, telepon atau hp mainan, atau bahkan mainan yang berbentuk buah-buahan atau binatang. Untuk mainan bayi, pastikan Anda memilih jenis mainan yang aman untuk Si Kecil.
  • Di usia ini juga Si Kecil mulai belajar untuk menyantap makanannya sendiri, baik itu makanan yang ada di atas piring atau bahkan makanan yang ada di genggamannya. Anda bisa melatih kemampuan ini dengan cara menyajikan berbagai jenis makanan sehat di atas piring plastik, atau bahkan bisa menyediakan makanan yang mudah untuk di genggam.
  • Selain itu, di usia 8 bulan ini Si Kecil juga mulai menyukai memasukkan jarinya ke lubang atau bahkan ke sela-sela, diantaranya seperti lubang kunci pintu rumah atau pintu kamar. Oleh karena itu, Anda harus lebih mengawasi Si Kecil ketika ia bermain dengan sejumlah benda ini.
  • Di usianya yang menginjak usia 8 bulan ini, Si kecil juga sudah mampu merespon setiap kata yang sering ia dengar. Bahkan di usia 8 bulan ini, kemungkinan besar si kecil juga sudah bisa mengucapkan sebuah kata dengan cukup jelas, dan biasanya kata-kata ini di tunjukkan untuk memanggil seseorang atau bahkan ketika ia menginginkan suatu hal, seperti kata mama dan papa. Nah, untuk merangsang cara berbicaranya, Anda bisa terus mengajaknya bermain, bercerita, bernyanyi hingga berbicara.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

BACA JUGA: Apa Yang Terjadi Di Usia Bayi 7 Bulan?

667 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories