Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Yang Terjadi Di Usia Bayi 7 Bulan?

OTHERS  |  16 Apr '18

Umumnya bayi yang memasuki usia 7 bulan sudah memiliki kemampuan merangkak yang baik. Biasanya Si Kecil akan berlatih merangkak dengan menyeimbangkan kedua tangannya dan juga kedua lututnya. Dan aktivitas merangkak ini pastinya merupakan salah satu bentuk persiapan Si Kecil untuk menguatkan bagian lututnya agar ia bisa berjalan. Selain memulai untuk merangkak, di usia 7 bulan ini Si Kecil mulai sering memasukkan benda-benda yang ia temukan dan kemudian menggigit benda tersebut. Mengapa demikian? Karena hal tersebut diakibatkan dari rasa gatal ketika giginya akan tumbuh. Bahkan di usia ini Si Kecil juga sudah bisa duduk tanpa adanya bantuan topangan.

Di usia 7 bulan ini, umumnya bayi akan belajar untuk merangkak terlebih dahulu. Namun ada juga beberapa bayi yang langsung belajar berjalan tanpa proses merangkak terlebih dahulu. Bukan hanya itu, ketika Si Kecil mulai belajar merangkak, ada juga bayi yang merangkak ke belakang bukan maju ke depan, dan hal ini merupakan suatu hal yang normal.

Anda tidak perlu khawatir, selama  Si Kecil mampu mengkoordinasi semua gerak tubuhnya, baik tangan atau bahkan kaki semua hal tersebut bukanlah kondisi yang berbahaya. Dan ketika Si Kecil belajar merangkak, ada baiknya jika Anda menghindari penggunaan baby walker untuk melatih si kecil berjalan. Karena alat ini justru memiliki risiko yang cukup tinggi, bahkan bisa menyebabkan kecelakaan kepada Si Kecil. Di usia 7 bulan Si Kecil mulai bisa memutar bagian badannya serta menegakkan bagian punggungnya agar ia bisa duduk dalam kondisi yang lama. Selain itu, Si Kecil juga sudah bisa menyusun serta mengelompokkan sejumlah mainan ke dalam beberapa kategori, namun ia cenderung mengenal barang atau mainan kecil dan mainan besar.

Untuk melatih kemampuan motorik Si Kecil, maka Anda bisa mengajaknya untuk bermain. Anda bisa menempatkan salah satu jenis mainan yang paling ia sukai di atas lantai, dan kemudian Anda bisa menutupi mainan tersebut dengan kain. Kemudian Anda bisa membuka kain tersebut dengan ekspresi gembira atau bahagia, kemudian katakanlah satu kata, “Ini Dia!”, dan kemudian Anda bisa menutupnya kembali dan mengulangi tindakan Anda yang sebelumnya. Dengan begitu, Si Kecil akan merasa senang dan memperhatikan benda yang hilang tersebut kemudian benda itu muncul kembali. Bukan hanya itu, permainan cilukba yang mana merupakan permainan sederhana dan kuno juga bisa membuat Si Kecil menjadi sangat senang, Anda bisa melakukan hal ini untuk mengajaknya bermain.  

Penting untuk di ingat, di usia 7 bulan ini Anda juga bisa mengurangi penggunaan botol bayi atau dot bayi, dan mulailah ajak dia untuk belajar menggunakan cangkir. Dan jenis cangkir yang bisa di gunakan Si Kecil di usia 7 bulan adalah jenis sippy cup, dimana jenis cangkir ini umumnya memiliki dua pegangan di bagian sampingnya, dan juga bagian moncong atau bahkan bagian mengkerucut di bagian atas guna memudahkan Si Kecil minum. Ingat, memperkenalkan cangkir sejak dini pastinya bisa membuat Si Kecil jauh lebih mudah untuk terhindar dari botol atau dot.

Di usia 7 bulan ini bagian memori Si Kecil sudah berfungsi dengan snagat baik, dengan begitu si kecil sudah bisa mengingat berbagia jenis suara yang sangat familiar. Bukan hanya itu, di usianya yang ke-7 bulan ini, Si Kecil juga sudah memiliki kosa kata yang sangat sederhana, misalkan seperti mama, papa. Bahkan ia juga sudah mulai belajar untuk berkomunikasi dengan menggunakan ekspresi wajahnya yang sangat menggemaskan. Bukan hanya aktif berceloteh, di usia 7 bulan ini Si Kecil juga sudah mulai memahami setiap larangan yang Anda tunjukkan untuk melakukan suatu hal, terutama ketika Anda berkata “jangan”.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

 

BACA JUGA: Apa Yang Terjadi Di Usia Bayi 6 Bulan?

112 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories