Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Yang Terjadi Di Usia Bayi 6 Bulan?

OTHERS  |  16 Apr '18

Umumnya, para ahli kesehatan sepakat bahwa di usia bayi 6 bulan  sudah harus diperkenalkan dengan MPASI atau dalam kata lain makanan pendamping ASI. Mengapa demikian? Karena di usia 6 bulan ini bagian sistem pencernaan Si Kecil sudah mulai siap untuk bisa mengolah makanan padat sebagai pendamping ASI. Bukan hanya itu, di usia 6 bulan ini Si Kecil juga mulai suka duduk ketika bermain, dan mereka cenderung menyukai bermain dan duduk di atas lantai serta mengeksplor banyak hal. Jika di bandingkan dengan bayi usia 5 bulan, bayi yang sudah berada di usia 6 bulan cenderung memiliki berat badan yang lebih besar.

Memiliki kemampuan motorik

Umumnya di usia 6 bulan ini bagian kaki Si Kecil sudah bisa menompang berat badannya dengan baik. Maka, anda bisa membantunya untuk berdiri di atas pangkuan Anda, atau bahkan Anda bisa mencoba untuk membantunya berdiri di atas lantai dengan cara memegang kedua bagian ketiak Si Kecil. Penting untuk di ketahui, bahwa kekuatan otot tangan dan juga kaki ini memiliki peranan yang sangat penting untuk perkembangan tubuh Si Kecil selanjutnya, yakni merangkak. Dan Anda juga bisa membantu melatih setiap kekuatan otot Si Kecil dengan menyimpan berbagia jenis mainan di sekitarnya agar ia bisa menjangkau mainan tersebut.

Bukan hanya itu, di usia 6 bulan ini kemampuan Si Kecil juga terus berkembang, diantaranya adalah:

  • Si Kecil mulai menyukai hal baru, yaitu menjatuhkan barang atau benda apapun ke atas lantai, hal ini bertujuan agar Si Kecil bisa memperhatikan setiap bunyi dari barang yang ia jatuhkan.
  • Bagian otot tangan dan juga lehernya sudah kian menguat, hal ini membuat Si Kecil mulai bisa merangkak.
  • Bahkan di usia ini, Si Kecil juga bisa dengan mudah mengambil dan mengangkat barang yang ia temui dengan menggunakan satu tangan, dan kemudian ia akan mencoba memindahkannya ke tangan yang lainnya.
  • Bukan hanya itu, di usia 6 bulan ini Si Kecil juga mulai tertarik dengan benda-benda yang berukuran kecil, lantas memasukkannya ke dalam mulut. Maka dari itu, Anda sangat dianjurkan untuk mengawasi si kecil agar setiap barang yang ia masukkan ke dalam mulut bisa Anda perhatikkan dan Si Kecil tidak tersedak dengan barang apapun yang ia masukkan.
  • Di usia 6 bulan ini, Si Kecil mulai memiliki kemampuan lain, yaitu menggulingkan badan ke depan dan juga ke belakang.

Kemampuan Bicara

Di usia 6 bulan ini Si Kecil mulai aktif berceloteh dengan cara menggabungkan konsonan kata dan juga kata vokal, misalkan seperti ba-ba, ta-ta, ma-ma, pa-pa dan beberapa jenis kata lainnya. Namun jika Si Kecil masih belum aktif berceloteh di usia 6 bulan ini, Anda tidak perlu merasa khawatir, karena hal ini merupakan hal normal.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa kemampuan motorik serta kemampuan pemahaman yang dimiliki bayi jauh lebih cepat untuk berkembang jika dibandingkan dengan kemampuannya berbicara, akan tetapi di usia ini umumnya Si Kecil sudah bisa menggunakan bahasa tubuhnya guna berkomunikasi dengan Anda. Bukan hanya itu, hebatnya lagi bayi yang masih berusia 6 bulan mulai bisa menunjuk suatu hal yang memang ia inginkan, baik itu makanan atau bahkan mainan. Bahkan ia juga akan mencoba menggeleng jika ia tidak setuju dengan apa yang Anda tunjukkan, atau bahkan melambaikan tangan kepada orang lain walaupun Si Kecil masih belum bisa mengatakan kata-kata yang jelas namun bisa di mengerti.

Ketika Si Kecil berusia 6 bulan, pastinya Anda sudah harus mengenalkan MPASI kepadanya. Pastikan Anda memberikan MPASI pertamanya dengan tekstur yang lembur dan sedikit cair, agar sistem pencernaan Si Kecil tidak kaget menerimanya. Jika Si Kecil sudah terbiasa, maka Anda bisa mencoba untuk menambahkan kepadatan tekstur pada makanannya.

Untuk membantu tumbuh kembangnya, Anda juga bisa membacakan dongeng yang di lengkapi dengan gambar. Ketika itu Si Kecil akan memperhatikan setiap gambar dan setiap kata yang Anda ucapkan. Hal ini jelas bermanfaat untuk melatih motorik serta melatih bicara Si Kecil.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

 

BACA JUGA: Tips Lepas Empeng Sebelum 2 Tahun

189 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories