Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Yang Terjadi Di Usia Bayi 5 Bulan?

OTHERS  |  01 May '18

Umumnya, pada masa perkembangan bayi 5 bulan, ia mulai mencoba untuk duduk dengan posisi tengkurap dan menompang bagian tubuhnya dengan menggunakan kedua tangan mereka. Walaupun demikian, posisi duduknya masih belum stabil. Untuk membantu Si Kecil, Mom bisa membantunya dengan menempatkan bantal di kedua sisinya dan tetap mengawasinya.

Berbagai Kemampuan Bayi 5 Bulan

Di usia 5 bulan ini, pastinya Si Kecil mulai memiliki kemampuan yang lebih, bahkan tumbuh kembangnya sudah bisa terlihat dengan jelas. Di bawah ini ada beberapa kemampuan yang bisa ditunjukkan Si Kecil di usia 5 bulan ini:

Kemampuan Motorik

Mom, di usia 5 bulan ini kemampuan motoriknya mulai bisa terlihat dengan jelas, seperti:

  • Si Kecil mulai bisa membalikkan badannya, dia mulai bisa berguling dari posisi terlentang ke tengkurap, begitupun sebaliknya. Terkadang, ada beberapa bayi yang sudah mulai bisa terduduk dengan tegak tanpa dibantu oleh tompangan.  Di kondisi ini, Si Kecil akan terduduk dengan sendirinya dari posisi awal tengkurap dan kemudian menompang tubuhnya dengan menggunakan kedua tangannya sendiri. Mom, untuk membantu menstabilkan posisi duduk mereka, Anda bisa memposisikannya dengan kedua kakinya merentang menyerupai huruf V. Anda dapat menempatkan mainan di hadapannya agar ia bisa bermain, dan pastikan tempatkan bantal di kedua sisi Si Kecil untuk menjaga keseimbangannya.
  • Di usia ini, ia juga sudah bisa meraih setiap benda yang ada di hadapannya yang memang bisa mereka jangkau dengan mudah. Bahkan mereka juga mulai bisa mempelajari setiap perpindahan benda dari satu tangan ke tangan yang lainnya. Selain itu, di usia ini Si Kecil juga mulai bisa melemparkan setiap barang yang ia pegang.
  • Ia juga sudah mulai bisa memegang botol susunya sendiri. Namun meskipun demikian, sebaiknya Anda tetap menjaganya ketika ia tengah memegang botol susunya, guna menghindari hal yang tidak diinginkan. Teruslah dampingi dan awasi setiap gerak gerik Si Kecil.

Di samping itu, Mom juga bisa melatih beberapa otot motoriknya dengan menggunakan mainan, hal ini dapat dilakukan dengan cara membuatnya meraih benda atau mainan tersebut. Atau, Anda juga bisa mengajaknya bernyanyi dan juga mengajarinya untuk memindahkan barang atau benda dari tempat satu ke tempat yang lainnya.

Kemampuan Bicara

Berkaitan dengan kemampuan berbicara Si Kecil, pastinya ada beberapa hal yang memang bisa dilakukannya seperti:

  • Bayi dapat dengan mudah merespon suara yang sering ia dengar.
  • Si Kecil juga mulai bisa memperhatikan Anda sedang berbicara. Bahkan di usia ini, Mom akan mendengar ocehannya yang terus berkembang, bahkan ia akan lebih sering mengoceh.
  • Ia juga mulai bisa mengucapkan beberapa kata, misalkan seperyi ma-ma, pa-pa, ba-ba, ta-ta dan beberapa jenis kata lainnya. Bahkan ada beberapa bayi lainnya yang sudah mulai bisa menggabungkan antara kata yang satu dengan kata yang lainnya. Selain itu, meskipun beberapa kata yang ia ucapkan masih belum bisa Anda mengerti, namun Anda tidak perlu khawatir, karena 1-2 bulan lagi ia sudah mulai bisa memanggil Anda dengan lebih jelas.

 

Inilah proses perkembangan bayi 5 bulan yang perlu diketahui, semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

476 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories