Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Yang Terjadi Di Usia Bayi 4 Bulan?

OTHERS  |  01 May '18

Ketika Si Kecil menginjak usia 4 bulan maka Anda akan mendengarnya berceloteh meskipun dalam satu atau bahkan dalam dua patah kata. Misalkan seperti kata ma-ma, ba-ba, ta-ta, dan beberapa jenis kata lainnya yang memang sudah mulai bisa ia katakan. Bukan hanya itu, di usia 4 bulan ini umumnya ia juga sudah mulai bisa berguling serta bisa melakukan posisi tengkurap dari posisi terlentang begitupun sebaliknya.

Bukan hanya itu, memasuki usia 4 bulan, ia juga mulai bisa menangkap setiap suara yang ia dengar dan juga sudah bisa mendengar dan mengolah setiap konsonan kata yang ia dengar. Walaupun Si Kecil masih belum bisa mengolah semua kata-kata tersebut, ia akan terus bersemangat untuk mengucapkan setiap suku kata yang ia dengar.

Di usia 4 bulan ini, kursi goyang yang dikhususkan untuk bayi bisa menjadi sarana yang tepat untuk tempat ia bermain. Sejumlah mainan yang tergantung di atasnya bisa menjadi salah satu alat yang tepat untuk membantunya mengembangkan koordinasi tangan serta matanya.

Bayi usia 4 bulan juga umumnya memiliki kemampuan lainnya, diantaranya adalah:

  • Si Kecil mulai bisa meraih benda yang memang bisa menarik perhatiannya, dan hal ini menandakan bahwa koordinasi tangan serta matanya sudah terbentuk dengan sangat baik.
  • Matanya juga sudah mulai bisa mengikuti setiap gerakan yang ia lihat serta bisa terfokus terhadap satu benda yang dipindahkan dari tempat satu ke tempat yang lainnya.
  • Bagian kepalanya juga sudah mulai bisa tegak tanpa adanya bantuan atau bahkan sanggahan dari orang dewasa.
  • Ketika ia terlentang, di usia ini Si Kecil juga sudah mulai bisa membalikkan badannya menjadi posisi tengkurap, begitupun sebaliknya. Bahkan ketika dia tengah dalam kondisi tengkurap, ia juga sudah mulai bisa menegakkan bagian tangan dan juga kakinya, serta ia juga mulai bisa melengkungkan bagian punggungnya.
  • Jika ia dibiarkan berdiri, maka umumnya bagian kakinya sudah bisa menginjak-injak lantai, meskipun masih belum bisa berjalan.
  • Di usia ini, Anda juga sudah bisa memposisikan bayi dalam posisi duduk, dengan bantuan bantal sebagai sanggahannya, hal ini dikarenakan di usia 4 bulan bagian tulang belakangnya mulai bekerja dengan baik dan mulai mengeras.

Pada periode ini juga, ia juga sudah mulai bisa menirukan suara-suara yang ia dengar dengan cara memperhatikan setiap gerakan bibir Anda ketika Anda berbicara.

Umumnya anak akan mulai belajar berceloteh dengan memadukan antara konsonan kata serta vocal kata, misalkan seperti pa-pa, ma-ma, ta-ta dan juga bu-bu. Dan di sini, pastinya huruf vocal a merupakan huruf fokal yang sering ia lafalkan, terutama ketika ia mulai bisa berceloteh. Di samping itu, Si Kecil juga mulai memiliki kemampuan untuk membuat berbagai jenis bunyi serta mendengar suara yang dikeluarkannya dengan telinganya sendiri.

Maka dari itu, Mom bisa mengajaknya berbicara atau mengobrol dengan beberapa ucapan yang mudah, misalkan mama, papa, atau bahkan nenek, dan besar kemungkinan ia bisa menirukannya meskipun kata yang diucapkannya masih belum jelas terdengar. Jika ia menyebutkan sepatah kata, Mom sebaiknya dapat memberikannya sebuah respon. Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan, agar ia bisa mencoba untuk mengeluarkan kata-kata yang lebih banyak.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

630 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories