Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Yang Terjadi Di Usia Bayi 3 Bulan?

OTHERS  |  01 May '18

Ketika menginjak usia 3 bulan, umumnya bayi mulai bisa meraih benda apapun yang bisa menarik perhatiannya. Bukan hanya itu, di usia ini ia juga sudah bisa menggulingkan badannya ketika tengah berbaring. Mungkin hal ini akan membuat Anda merasa bahagia dengan perkembangannya, namun di sisi lain Anda akan merasa cemas ketika meninggalkannya seorang diri. Jadi Anda harus terus mendampinginya ketika ia tengah terbaring.

Untuk bayi laki-laki, umumnya mereka memiliki berat badan sekitar 5,1-7,9 kg dengan panjang badan sekitar 57-65 cm. Dan bagi bayi perempuan, umumnya mereka memiliki berat badan sekitar 4-7 kg dengan panjang badan sekitar 55-63 cm. Di usia ini, kemampuan motorik bayi akan terus berkembang.

Di usia ini juga Si Kecil mulai bisa menegakkan bagian kepalanya serta bagian dada ketika ia tengah dalam kondisi tengkurap. Posisi ini pastinya merupakan langkah awal mereka untuk bisa membalikkan badannya sendiri. Dan di usia 3 bulan ini, umumnya kemampuannya mulai berkembang dengan baik, diantaranya seperti:

  • Di usia 3 bulan ini, Si Kecil mulai aktif bermain. Mainan pertama yang ia temukan adalah tangannya sendiri. Ia mulai bisa memainkan jari-jemarinya, kemudian ia akan mengamatinya dan menyatukan kedua tangannya secara bersamaan. Bahkan ia juga mulai menyukai memasukkan kedua tangannya ke dalam mulut.
  • Bagian koordinasi tangan dan juga matanya terus berkembang dengan baik. Anda bisa membantu melatih kemampuannya dengan cara memegang sebuah mainan dan cobalah lihat, apakah dirinya bisa menjangkau mainan yang ada di tangan Anda atau tidak.
  • Di usia 3 bulan ini, ia juga sudah bisa menendang dengan sangat kuat, hal ini dikarenakan bagian sendi lutut dan juga panggulnya mulai berkembang.
  • Bahkan di usia ini juga ia sudah mampu meraba serta bisa merasakan berbagai jenis permukaan, seperti permukaan yang kasar, yang halus, berbulu, atau bahkan permukaan yang memiliki rongga. Bahkan ia juga sudah mulai bisa menggenggam setiap barang yang dia temukan.
  • Si Kecil juga sudah mulai bisa menirukan Anda.
  • Anda juga akan melihat perkembangannya yang lain, di mana ia sudah mulai bisa berguling atau bahkan sudah bisa membalikkan badannya sendiri.

Ketika Anda berbicara atau mengajaknya bercanda, maka biasanya Si Kecil akan cenderung langsung menatap Anda serta akan bergumam seakan-akan ia memberikan jawaban atau merespon obrolan Anda. Sebuah penelitian menemukan, bahwa bayi-bayi yang sering diajak berbicara atau berbincang umumnya akan memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak, bahkan ia juga akan memiliki IQ yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayi yang sangat jarang atau bahkan tidak pernah di ajak berbincang.

Seiring berjalannya waktu maka bagian otak bayi juga akan terus berkembang dengan baik, bahkan di kondisi ini ia akan jauh lebih bisa menyesuaikan diri terhadap dunia luarnya. Ia juga akan jauh lebih sensitif terhadap suatu perubahan yang ada di sekitarnya.

Selain itu, di usia 3 bulan ini Si Kecil juga sudah mulai bisa mengenali orang tuanya dan juga para kerabat yang berada di sekitarnya. Bahkan kemampuan mengidentifikasi wajah juga sudah mulai bisa ia kembangkan. Selain itu, ia juga mulai memiliki kecenderungan untuk memilih dengan siapa ia berinteraksi, sehingga ketika ia bertemu dengan orang baru, mereka akan cenderung merasa tidak nyaman.

Bukan hanya itu, di tengah-tengah keramaian ia juga mulai bisa mencari dan juga mengenali setiap wajah yang berada di dekatnya. Bahkan dia juga sudah bisa tersenyum atau bahkan menggerakkan tangannya ketika Anda atau orang yang ia kenal datang menghampirinya.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

1559 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories