Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa yang Terjadi Di Usia 37 Minggu pada Kehamilan

08 Jun '18

Pada usia 37 minggu, yaitu usia akhir trisemester bayi anda berada dalam kandungan. Ini adalah usia yang sangat matang untuk janin yang sedang anda kandung. Lebih tepatnya, ini adalah bulan terkahir pada kehamilan, bulan ke sembilan. Sebagai calon Moms, anda haruslah bersiap untuk menghadapi datangnya hari kelahiran. Untuk menyiapkan diri menghadapi persalinan, sebaiknya anda mengetahui beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Karena pada usia inilah perkembangan pada bayi memiliki pengaruh yang besar bagi setiap Moms Dan tak lupa juga, bahwa pada saat proses persalinan nanti, seorang wanita hamil pasti mebutuhkan dukungan dari suami dan juga keluarganya.

Berikut ini adalah perkembangan janin pada usia 37 minggu yang perlu diketahui:

  • Bertambahnya berat dan panjang janin
    Pada setiap harinya bayi di dalam kandungan pun mengalami perkembangan. Perlu diketahui bahwa bayi akan bertambah berat badannya hingga 10 gr pada setiap harinya. Sedangkan di usia 37 minggu ini, ada yang mengibaratkan bahwa panjang bayi hingga sepanjang setangkai selada Swiss. Perkembangan yang dialami bayi di dalam kandungan tersebut yaitu  agar dapat menjaga keseimbangan suhu tubuh  juga kestabilan pada gula darahnya.
  • Tendangan janin semakin kuat
    Mom hamil dalam usia 37 minggu, jangan sampai kaget bila akan mendapatkan tendangan-tendangan yang lebih kuat daripada biasanya. Hal ini dikarenakan seluruh bagian tubuh bayi telah tebentuk dan semuanya mulai dapat saling berkoordinasi. Oleh karena itu, bayi seakan memberikan tanda akan keberadaannya.
  • Mampu mengenal suara ibu
    Saat usia ini bayi yang anda kandung telah dapat mendengar suara anda. Sebaiknya jangan lewati kesempatan ini untuk mengajak ngobrol bayi anda, karena dia dapat medengar suara anda dengan begitu baik. 
  • Dapat bernafas dengan baik
    Pada usia janin 37 minggu, paru-paru pada bayi yang ada dalam kandungan anda akan berkembang dengan sempurna. Karena itu, apabila bayi anda lahir pada usia minimal 37 minggu ini umumnya bayi mulai bisa bernapas sendiri. Perkembangan paru-paru ini juga dibarengi dengan perkembangan pada tulang tengkorak dan juga otaknya.
  • Jari-jari janin mulai berfungsi
    Perkembangan yang telah berjalan hingga minggu terakhir ini terlihat akan keaktifan bayi di dalam kandungan. Bayi mulai dapat memegang kakinya, lalu menyentuh wajahnya. Sehingga pada usia ini juga Moms akan sering merasakan bayi yang semakin aktif di dalam perut.
  • Mendapat antibodi dari tali pusar
    Pada usia janin 37 minggu ini bayi mulai mendapatkan suntikan antibody dari tali pusar yang terhubung dengan ibunya. Setelah itu, ia akan memproses sendiri dalam tubuhnya sehingga saat dilahirkan, bayi akan siap karena memiliki bekal suatu sistem untuk pertahanan daya tubuhnya. Tentunya bila bayi sudah terlahir, antibody tak berhenti sampai disitu saja. Tetapi mulai saat itu ia akan mendapatkannya dari ASI yang diproduksi oleh Moms.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

664 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories