Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Sajakah Manfaat Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  08 Apr '22


Vitamin B disebut sebagai vitamin B kompleks karena terdiri dari 8 jenis: B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Dari semua jenis vitamin ini, ada banyak manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil. Perlu diketahui bahwa vitamin B6 ini termasuk salah satu jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin B6 fungsinya untuk apa? Vitamin B6 memiliki fungsi untuk mengolah protein diubah menjadi asam amino serta mencerna lemak maupun karbohidrat supaya tubuh mendapat energi dan nutrisi.

7 Manfaat Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil

Adapun manfaat lain yang dimiliki vitamin B6 di antaranya sebagai berikut:
  1. Menunjang Pertumbuhan Saraf dan Otak pada Janin Si Kecil
Vitamin B6 berperan besar dalam pembentukan dan perkembangan otak serta saraf janin. Karena itulah, dokter kandungan sering menyarankan para ibu hamil untuk rutin mengonsumsi jenis vitamin ini.
  1. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung dan Arteri Tersumbat
Manfaat vitamin B6 selanjutnya adalah bisa mencegah penyumbatan pada arteri serta meminimalkan risiko terkena penyakit jantung. Penelitian dalam Nutrition Journal bahkan menunjukkan bahwa seseorang dengan vitamin B6 yang rendah dalam darah lebih beresiko terkena penyakit jantung. Hal ini terjadi apabila seseorang memiliki kadar B6 lebih tinggi di dalam darahnya, maka orang tersebut memiliki risiko lebih rendah. Masalah tersebut terjadi karena B6 mempunyai peran menurunkan kadar homosistein yang tinggi berhubungan dalam beberapa proses suatu penyakit, misalnya jantung.
  1. Mencegah Moms Mengalami Preeklampsia
Kekurangan vitamin B6 dan beberapa vitamin maupun mineral lainnya ternyata juga bisa berdampak meningkatkan risiko ibu hamil mengalami preeklampsia. Oleh sebab itu, Moms perlu memenuhi kebutuhan pada tubuh, mengingat manfaat serta mencegah si Kecil lahir keadaan prematur.
  1. Mencegah Penyakit Mata dan Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil
Perlu diketahui bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi vitamin B6 ternyata memiliki peran dalam mencegah terjadinya penyakit pada mata, terutama karena AMD. Penyakit AMD adalah degenerasi makula berhubungan dengan usia, biasanya pada orang dewasa lebih tua.
Sebuah penelitian di dalam jurnal American Journal of Ophthalmology telah mengaitkan hubungan kadar homosistein tinggi dalam darah dengan peningkatan risiko terkena AMD. Hal ini dikarenakan vitamin B6 membantu mengurangi meningkatnya kadar homosistein pada darah.
Selain itu, memperoleh vitamin B6 yang cukup bisa menurunkan terjadinya risiko penyakit AMD ini. Meskipun hasil penelitian menunjukkan bahwa vitamin B6 terdapat kemungkinan ikut berperan di dalam mencegah AMD, sulit untuk menyatakan B6 saja cukup menawarkan manfaat sama.
  1. Membantu Moms dalam Meredakan Mual Selama Masa Kehamilan
Manfaat vitamin B6 lainnya adalah meredakan rasa mual di masa kehamilan. Para peneliti sebenarnya tidak sepenuhnya yakin mengenai vitamin B6 dapat membantu meringankan mual pagi hari. Sebuah penelitian berjudul American Journal of Obstetrics and Gynecology melakukan pengujian terhadap 342 wanita selama 17 minggu ke-1 kehamilannya. Kemudian, ditemukan bahwa suplemen B6 harian 30 mg ternyata secara signifikan dapat mengurangi rasa mual. Rasa mual tersebut dirasakan berkurang setelah 5 hari pengobatan jika dibandingkan plasebo. Hal ini membuktikan bahwa vitamin B6 memang sangat membantu ibu hamil saat masa kehamilan dalam mengatasi masalah mual.
  1. Mencegah Si Kecil Lahir Memiliki Berat Badan yang Rendah
Bolehkah ibu hamil minum obat B6? Kekurangan asupan nutrisi (malnutrisi) seperti karbohidrat, protein, maupun vitamin termasuk B6 ketika sedang hamil pun menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko bayi terlahir dengan berat badan rendah. Oleh sebab itu, Moms disarankan untuk memenuhi asupan vitamin B6.
BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) merupakan sebuah kondisi si Kecil terlahir dengan berat badannya kurang dari 2.500 gr. Kondisi seperti ini adalah salah satu penyebab utama dari gangguan kesehatan seta kematian pada bayi yang baru saja lahir.
  1. Menjaga Kadar Gula dalam Darah Menjadi Lebih Stabil
Vitamin B6 untuk ibu hamil diketahui bisa menjaga kadar gula darah supaya tetap normal. Hal ini tentunya sangat bermanfaat terutama bagi ibu hamil sedang menderita diabetes gestasional. Vitamin B6 pun memiliki manfaat dapat mencegah serta mengontrol peningkatan kadar gula dalam darah.

Kebutuhan Vitamin B6 pada Moms yang Sedang Hamil

Sebagai ibu hamil, Moms membutuhkan vitamin B6 dengan jumlah sebanyak 1,8 mg hingga 2 mg per harinya. Kebutuhan tersebut mungkin akan lebih tinggi pada kondisi tertentu ibu hamil, misalnya seperti sering merasa mual maupun berat badan yang kurang.
Apa tujuan pemberian piridoksin pada ibu hamil? Selain pertanyaan itu, Moms mungkin sangat penasaran pada manfaat vitamin satu ini. Adapun vitamin B6 bisa Moms peroleh dari beberapa makanan secara alami di antaranya sebagai berikut:
  1. Beras Merah
Moms dapat memperbanyak mengkonsumsi beras merah alih-alih konsumsi beras putih. Hal ini dilakukan demi meningkatkan asupan dari vitamin B6 pada tubuh ibu hamil.
  1. Unggas
Moms juga disarankan untuk sebaiknya mengkonsumsi daging unggas seperti kalkun dan ayam selama mengandung. Daging unggas merupakan sumber vitamin B6 alami. Namun, jangan lupa makan daging yang telah diolah secara higienis.
  1. Gandum
Berbagai olahan gandum seperti roti gandum utuh, bukan roti tawar warna putih, mengandung vitamin B6 yang dibutuhkan ibu hamil.
  1. Umbi
Apabila Moms merasa bosan makan nasi, cobalah untuk menggantinya dengan umbi berkarbohidrat tinggi, misalnya seperti kentang dan ubi.
  1. Kacang-kacangan 
Kacang kedelai, kacang tanah, kacang mete, dan chickpea (kacang Arab) merupakan jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan untuk ibu hamil.
  1. Biji-bijian
Camilan sehat selama masa kehamilan yang memiliki kandungan vitamin B6 tinggi untuk ibu hamil dapat diperoleh dari biji-bijian. Biji-bijian tersebut misalnya seperti wijen, biji bunga matahari, flaxseed (biji rami), dan biji labu.
  1. Buah-buahan
Buah-buahan yang memiliki kandungan piridoksin yang tinggi mengandung vitamin B6. Contoh buah-buahan mengandung piridoksin tinggi misalnya pepaya, pisang, alpukat, aprikot, dan kismis.
  1. Sayuran
Moms sebaiknya mengkonsumsi berbagai sayuran berdaun hijau seperti sawi, kale, bayam, daun kelor, dan sebagainya untuk meningkatkan asupan Vitamin B6.
  1. Protein Hewani
Protein hewani juga diperlukan ibu hamil dan ada banyak pilihannya sebagai sumber vitamin B6, misalnya daging merah, hati sapi, dan ikan salmon.
Bolehkah minum vitamin B complex saat hamil? Perlu diketahui vitamin B6 berperan penting dalam memelihara kesehatan otak dan saraf serta menunjang produksi eritrosit. Vitamin B6 untuk ibu hamil bermanfaat untuk meningkatkan energi, mencegah anemia, dan sebagainya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

136 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]