Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Saja yang Perlu Kita Waspadai Sebagai Gejala Awal dari Kanker Payudara?

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  03 Oct '19


Setiap mendengar cerita tentang penyakit kanker, jujur saya takut banget karena saya tau kanker itu merupakan penyakit yang mematikan. Belum lagi pengobatannya yang sangat mahal, tidak banyak orang yang bisa sembuh jika sudah terkena kanker. Bahkan teman gereja saya meninggal setelah pernah dinyatakan sembuh dari kanker nasofaring beberapa tahun. Tetapi yang namanya penyakit gak ada yang pernah tau. Tepat 1 tahun yang lalu tante saya dinyatakan kanker payudara yang sudah bukan stadium awal lagi. Jujur saya sangat shock, sedih karena di usia beliau yang sudah di atas 60 tahun masih harus menderita penyakit kanker payudara. Apa saja sih yang perlu kita waspadai sebagai gejala awal dari kanker payudara? Aku mau share apa saja yang dirasakan oleh tante saya supaya kita bisa sama-sama bisa waspada.

1. Benjolan

Jangan pernah meremehkan benjolan yang muncul di setiap daerah tubuh kita. Benjolan adalah tanda yang dikeluarkan oleh tubuh jika tubuh kita sedang sakit/ bermasalah. Jika terdapat benjolan di daerah payudara ataupun ketiak, seberapa kecil pun ukurannya kita harus kasih perhatian lebih. Kalau dalam waktu 1-2 minggu benjolan tersebut tidak hilang, lebih baik langsung periksakan ke dokter. Hal ini diremehkan oleh tante saya. Beliau tidak pernah bilang jika ada benjolan di payudara dan di ketiaknya. Jadi tau-tau benjolan tersebut sudah tumbuh besar. Bahkan sewaktu di USG dokternya bilang kalau ini benjolannya cukup besar dan terdapat aliran darah. Ini berarti kalau benjolan tersebut tumbuh. Jika sudah seperti ini, dokter akan memberikan pasien rujukan untuk segera di-biopsi. Untuk dapat diketahui apakah benjolan tersebut merupakan tumor/ kanker, dan untuk tau seberapa ganas benjolan tersebut.

2. Perubahan puting dan bentuk payudara

Jika kanker payudara yang disebabkan oleh saluran ASI, biasanya puting akan masuk ke dalam. Namun jika kanker payudaranya bukan dikarenakan saluran ASI, puting tidak akan masuk ke dalam. Hal ini yang terjadi pada tante saya. Awalnya kami masih berpikir positif kalau ini bukan kanker payudara, karena puting beliau tidak masuk ke dalam. Namun dokter menjelaskan kalau kanker payudara itu banyak jenisnya, dan yang tante saya alami bukan kanker yang disebabkan oleh saluran ASI.

3. Badan terasa sakit dan nyeri

Tante saya merasakan badannya pada sakit. Awalnya dia berpikir karena kecapekan aktivitas. Tetapi setelah tau ternyata ini salah satu gejala dari si kanker. Badan di daerah punggung, tangan terasa sakit dan nyeri. 

4. Tidak nafsu makan, dan bobot tubuh menyusut drastis

Jujur ini saya juga sempat bingung, kok beliau makin lama makin kurus. Waktu saya tanyakan ternyata bobot tubuhnya menurun drastis dan beliau merasa tidak nafsu makan sama sekali. Mungkin ini gejala bukan tahap awal. Tetapi tolong hati-hati Moms, jika bobot tubuh kita turun drastis dan mulai tidak nafsu makan. Karena ini bahaya banget.

Tante saya tidak melakukan biopsi, karena beliau memutuskan untuk tidak mau dioperasi. Kami akhirnya mencari dokter alternatif untuk pengobatan. Doakan ya Moms semoga tante saya bisa melewati ini semua. Puji Tuhan sudah berjalan 1 tahun. Saya masih berharap untuk tante saya bisa sembuh.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

478 Lysa Seravine

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cara Mudah Mengenali Gejala Kanker Payudara

Berbicara cancer, saya sebenarnya sudah tidak asing lagi ya. Karena kakak sepupu saya salah satu breast cancer survivor

Jangan Remehkan Benjolan pada Payudara Ya Moms!

Kali ini saya mau sharing nih mengenai penyakit tumor jinak yang saya alami yaitu FAM, dan bagaimana cara mengatasinya

Lindungi Diri dengan Mengenali Gejala Awal Kanker Payudara!

Awal tahun lalu sebelum hamil anak kedua, saya mengikuti suatu tes skrining payudara dan mammography.

Mengenal Tumor Jinak yang Dapat Memicu Kanker Payudara

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman ketika saya didiagnosis mengidap tumor jinak di payudara

Mengetahui Lebih Awal & Belajar dari Breast Cancer Survivor

Saya melihat sendiri bagaimana perjuangan Tante saya dalam melawan penyakit kanker payudara yang dideritanya.

Kenali dan Cegah Kanker Payudara Sejak Dini

Mungkin tak banyak yang tahu kalau bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Kesadaran Tentang Kanker Payudara.

Penyebab dan Gejala Kanker Payudara

Di bulan Oktober akan dilakukan kampanye tahunan, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang kanker payudara.

Kanker Payudara: Musuh Para Wanita

Agar para perempuan yang mengidap kanker dapat bertahan hidup lebih lama, perlu dilakukan deteksi dini. Apa saja?

Cara Mengatasi Mastitis Ketika Menyusui

Dulu ketika Carine lahir, senang sekali rasanya karena bisa langsung memberikan ASI kepada Carine.