THE DAILY

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Saja Perubahan Metabolisme Tubuh Saat Hamil?

PREGNANCY  |  19 Oct '18

Tentunya ada perbedaan ya Moms antara ibu hamil dan tidak. Salah satu perbedaannya adalah perubahan metabolisme tubuhnya. Lalu apa saya yang berubah? Yuk disimak bersama Moms.

Perubahan Metabolisme Tubuh Ibu Hamil

  1. Adanya Peningkatan Basal Metabolic Rate (BMR)
    Basal Metabolic Rate (BMR) adalah kebutuhan energi minimal yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan proses tubuh yang vital seperti untuk bernafas, peredaran darah, pekerjaan ginjal, pankreas, dan lain-lain alat tubuh. Serta untuk proses metabolisme di dalam sel-sel dan untuk mempertahankan suhu tubuh. Pada ibu hamil, BMR akan meningkat sekitar 15-20% di trimester akhir.

  2. Keseimbangan Asam-Alkali Berubah
    Jika saat tidak hamil kadar dalam tubuh normal, namun pada saat hamil akan terjadi perubahan konsentrasi darah ke arah lebih alkali atau basa.

  3. Peningkatan Kadar Protein
    Protein sangat diperlukan ya Moms saat hamil untuk perkembangan badan, alat kandungan, payudara dan tentu untuk janin. Protein ini juga disimpan kelak untuk proses laktasi atau menyusui. Diperkirakan 1 gram protein setiap kg berat badan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  4. Peningkatan Kadar Kolesterol
    Mengenai lemak ini, sudah lama dikemukakan oleh para ahli bahwa hormon somatomammotropin mempunyai peranan dalam pembentukan lemak dan payudara di mana lemak ini juga tertimbun pada badan, paha dan lengan. Kadar kolesterol dapat meningkat sampai 350 mg atau lebih per 100 ml.

  5. Peningkatan Kadar Kalsium
    Janin membutuhkan 30-40 gram kalsium ya Moms untuk pembentukan tulang-tulangnya dan ini terjadi utamanya di trimester akhir. Makanan yang kita konsumsi setiap harinya diperkirakan mengandung 1,5-2,5 gr kalsium. Diperkirakan pula 0,2-0,7 gr kalsium tertahan dalam tubuh untuk keperluan selama hamil.

  6. Peningkatan Kadar Fosfor, Magnesium dan Tembaga
    Berdasarkan penelitian kadar ketiganya ini mengalami peningkatan namun karena kadarnya dalam tubuh memang cukup rendah jadi jumlah pastinya bervariasi. Namun kadar tembaga bisa meningkat dari 109 sampai 222 mcg per 100 ml.

  7. Peningkatan Kadar Zat Besi
    Untuk wanita hamil diperlukan tambahan zat besi sekitar 800 mg Moms, saking pentingnya sehingga perlunya pemberian zat besi sebanyak 90 tablet selama hamil.

  8. Peningkatan Berat Badan
    Berat badan wanita hamil akan naik kira-kira antara 6,5-16,5 kg rata-rata 12,5 kg. Kenaikan ini terutama dalam kehamilan 20 Minggu terakhir. Adanya kenaikan berat badan yang terlalu banyak sering ditemukan pada ibu hamil yang memiliki beberapa penyakit.

Itu tadi sebagian besar peningkatan metabolisme tubuh Moms selama hamil sehingga selain gaya hidup dan pola makan yang sesuai, suplementasi pun diperlukan.

Semoga bermanfaat.

By: Rezky Putri Indarwati Abdullah

80 Rezky Putri Indarwati Abdullah Send Message to Writer

Related Stories