Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Saja Penyebab Kolik pada Bayi?

FEEDING  |  13 Apr '19

Kolik pada bayi bisa terjadi pada usia 2 minggu hingga 4 bulan. Kalau bayi Moms menangis keras tanpa sebab, tangannya ke atas, kakinya ke atas, meskipun sudah digendong nangisnya tidak kunjung reda bisa dipastikan itu tanda kolik pada bayi.

Penyebab kolik pada bayi

  1. Alergi protein susu sapi
    Untuk sebagian Moms yang memberi susu formula patut perhatikan komposisi dari susu formulanya. Bayi yang alergi protein sapi rentan kembung. Kalau ternyata bayi Moms alergi susu sapi Moms harus cepat mengganti susu formulanya.

  2. Intoleransi laktosa
    Susu formula maupun ASI mengandung laktosa. Laktosa ini dicerna oleh usus dengan bantuan enzim laktase. Nah pada bayi enzim laktase belum sempurna hingga usia 3-4 bulan. Hal inilah yang membuat bayi dari newborn hingga usia 4 bulan rentan terkena kolik, karena laktosa yang tidak dicerna dengan baik akan membuat perut bayi kembung.

  3. Reflux Gastro Esophagus 
    Pada baby newborn katup antara kerongkongan dan lambung belum sempurna. Ketika lambung terisi penuh, katup akan terbuka dan asam lambung akan naik ke kerongkongan. Asam lambung yang mencapai kerongkongan inilah yang membuat bayi teritasi dan merasa sakit. Jadi, saran aku berilah susu kepada bayi saat dia menunjukkan tanda awal lapar jangan sampai dia kelaparan dan jangan memberi minum bayi secara cepat-cepat.

Semoga bermanfaat.

By: Melissa Kusnadi

Copyright by Babyologist

250 Melissa Kusnadi

Comments

Related Stories