Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Saja Kriteria Rekomendasi Lotion Bayi Terbaik?

BABY  |  MY STORY  |  28 Sep '22


Sebelum mencari tahu baby lotion terbaik untuk si Kecil, penting untuk memahami apakah bayi terutama newborns benar-benar membutuhkan lotion atau tidak. Menurut para ahli, hal tersebut tergantung dari usia dan kebutuhannya.

Sebagaimana dikutip dari Hellodoctor, newborns hingga bayi yang berusia 4 minggu belum mengembangkan penghalang pelindung alami. Maka penggunaan produk skincare apa pun dapat memicu reaksi alergi atau eksim. Jika si Kecil lahir prematur, Moms perlu menangguhkan skincare termasuk lotion sebelum usia si Kecil 8 minggu.
Moms juga disarankan tidak menggunakan lotion pada si Kecil ketika kulitnya sangat kering, pecah-pecah, atau luka. Tanyalah dokter tentang boleh tidaknya menggunakan lotion bayi.

Kriteria baby lotion terbaik

  1. Tidak mengandung zat tambahan seperti zat pewarna, parfum, atau alkohol

Zat tambahan pada produk skincare bayi dapat mengiritasi kulit si Kecil yang masih sangat muda.
  1. Hypoallergenic alias tidak menimbulkan alergi

Meski label hypoallergenic menandakan bahwa lotion tersebut tidak menimbulkan alergi, tidak semuanya lembut di kulit.
  1. Tidak mengandung zat kimia berbahaya

Parabens, Polyethylene glycol, Propylene glycol, phtalates, dan minyak esensial yang tidak terdilusi merupakan beberapa zat yang dapat membahayakan si Kecil.
  1. Sesuaikan kandungan lotion dengan kondisi kulit si Kecil

Untuk kulit si Kecil yang cenderung kering atau superkering, pilihlah lotion yang kaya pelembab. Zat yang dapat melembabkan kulit si Kecil yang sering terdapat pada lotion bayi antara lain Ceramide, Gliserin, Squalane, Amino acid, Hyaluronic acid, Butylene glycol, Sphingolipid, Sodium PCA, Shea butter, Urea, dan minyak dari ekstrak tumbuhan.
  1. Pilih lotion jenis medicated untuk mengatasi ruam-ruam, gatal, dan kulit kasar

Lotion jenis medicated yang mengandung bahan Allantion, Dipottassium glycyrrhizinate, dan Heparinoid sangat direkomendasikan untuk meredakan ruam, gatal, dan menghaluskan kulit kasar si Kecil.

Rekomendasi Lotion Bayi Terbaik dan Harganya

Pigeon Botanical Baby Water Gel Lotion 240ml

Kisaran harga: Rp41.600,00
Pelembab kulit anak dari Pigeon ini bertekstur gel yang sangat ringan, mudah menyerap kulit si Kecil, dan memberikan kelembaban kulit. Kandungannya tidak mengiritasi mata, bebas pewarna, pH balanced, lulus uji dermatologi, dan lembut di kulit. Tambahan pula, body lotion bayi terbaik ini juga sudah bersertifikat halal MUI sehingga bahan-bahan yang terdapat di dalamnya sudah sesuai syariat Islam.
  1. Caladine Lotion 60ml
Kisaran harga: Rp16.000,00

Lotion bayi terbaik caladine ini bermanfaat untuk mengurangi gatal-gatal di kulit si Kecil. Penyebab rasa gatal pada anak antara lain gigitan serangga, udara panas, dan biang keringat. Adapun kandungan Caladine adalah 10% zinc oxide, 5% calamine, dan 2% diphenhydramine hydrochloride. Selain dapat meredakan gatal dan memberikan sensasi dingin, Caladine Lotion juga berfungsi sebagai antiseptik. Saran pemakaiannya adalah mengoleskan lotion ini ke kulit si Kecil 2-4 kali dalam sehari terutama setelah mandi pagi dan sore hari. Meski pada umumnya aman digunakan, hentikan jika si Kecil mengalami reaksi alergi dan iritasi pada kulit.
  1. Hand Body Cussons Baby Lotion 100ml
Kisaran harga: Rp13.490,00

Kulit si Kecil mudah kering karena 60% lebih tipis daripada orang dewasa. Cussons Baby Body Lotion dapat melembabkan kulit bayi dan nyaman digunakan karena mudah menyerap. Dengan formulasi lembut, pH seimbang, dan wangi buah segar, menjadikan lotion bayi terbaik cussons pilihan tepat untuk si Kecil. Sudah lulus uji dokter kulit pula sehingga dipastikan tidak membuat kulit iritasi.
  1. Zwitsal Hair Lotion Aloe Vera Kemiri Seledri 100ml
Kisaran harga: Rp11.990,00

Hair lotion terbaik untuk bayi baru lahir salah satunya adalah Zwitsal. Teruji hypoallergenic, Zwitsal dapat digunakan untuk newborns dan bayi dengan kulit sensitif sekalipun. Kandungan aloe vera, kemiri, dan seledrinya membuat rambut tampak hitam dan tebal, memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala, serta memberikan keharuman segar dan tahan lama.
  1. Cetaphil Baby Daily Lotion with Shea Butter 400ml
Kisaran harga: Rp220.900,00

Kandungan gliserin dan shea butter pada baby lotion Cetaphil bermanfaat untuk melembabkan dan melindungi kulit lembutnya. Formula hypoallergenic dan bebas minyak mineral ini menghidrasi, melembutkan, dan menutrisi kulit mencegahnya dari kekeringan. Dokter anak merekomendasikan lotion yang dapat dipakai untuk muka dan badan si Kecil ini. 
  1. Pure Baby Body Lotion Bayi pH 5.5 80ml
Kisaran harga: Rp32.500,00

Pure Baby Lotion memberikan body skincare menyeluruh untuk newborns dengan triple actions yaitu menutrisi, meregenerasi, dan menyejukkan kulit. Kandungannya terdiri dari Extra Cocoa Butter (antioksidan dan moisturizer yang merawat kelembutan kulit), Sun Flower Seed Oil (antioksidan & membantu proses regenerasi sel kulit), dan Aloe Vera (anti inflamasi alami yang menyejukkan kulit). Selain itu, lotion ini mempunyai pH 5.5 atau sesuai dengan pH kulit bayi sehingga tidak membuat kulit alergi, infeksi, kering, dan bersisik. Pure Baby Lotion merupakan satu-satunya lotion yang menggunakan grade low hazard (0-2) di Indonesia.
  1. Sebamed Baby Lotion 200ml
Kisaran harga: Rp163.000,00
Sama seperti Pure Baby Lotion, Sebamed Baby Lotion juga memiliki nilai pH 5.5. Oleskan lotion ini di seluruh permukaan kulit si Kecil untuk menjaga kulitnya terhindar dari iritasi dan tetap lembut sepanjang hari. Formulanya cepat terserap, tidak meninggalkan bekas minyak, sehingga nyaman untuk digunakan sehari-hari.
  1. Johnson’s Baby Lotion 100ml
Kisaran harga: Rp14.900,00

 Johnson’s Baby Lotion teruji klinis oleh dokter anak, hypoallergenic, pH-balanced, dan bersertifikasi halal. Formulanya tahan lama untuk menjaga kelembaban kulit agar kulit si Kecil terasa lembut, halus, dan sehat. Lengkapi perawatan kulit si Kecil dengan Baby Milk + Rice Bath Lotion.
  1. Bambi Anti Mosquito Lotion 50ml
Kisaran harga: Rp32.500,00

Lotion bayi terbaik merk Bambi ini ampuh mencegah gigitan nyamuk namun tidak panas dan aman di kulit si Kecil. Sekali oles di kulit si Kecil efektif melindunginya dari gigitan nyamuk hingga 8 jam. Cepat meresap, tidak meninggalkan sensasi kering, kesat, atau lengket sehingga tidak membuat rewel si Kecil. Tidak hanya itu, lotion ini dapat mengatasi kulit kemerahan akibat iritasi ringan. Tidak pula menimbulkan alergi.
  1. Mustela Bebe Baby Body Lotion 300ml
Kisaran harga: Rp150.000,00

Mustela mengeluarkan produk body lotion khusus untuk bayi dengan kandungan 88% bahan organik. Jojoba oil, ekstrak alpukat, sweet almond, dan shea butter di dalamnya mampu melembabkan dan menutrisi kulit. Cocok untuk kulit newborns yang rentan kering. Teksturnya tidak lengket dan cepat meresap. Kulit si Kecil pun akan halus, lembut, dan kenyal apabila rutin menggunakan body lotion ini.
Referensi: Hello Doctor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

932 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Tanda Bayi yang Tidak Cocok Susu Formula, Apa Saja?

Pada bayi yang menunjukkan tanda-tanda rewel, gumoh, sakit perut, diare, setelah minum susu formula, hal tersebut bisa jadi karena si Kecil [...]

Rekomendasi Pakaian Santai Bayi, Yuk Cek Kriterianya!

Untuk mengurangi keraguan Moms, Minbyo buatkan panduan sederhana nih, tentang cara memilih contoh baju santai!

Bagaimana Cara Memastikan Asupan ASI si Kecil Tercukupi?

Pernahkah Moms khawatir asupan ASI si Kecil tercukupi? Pastikan Moms melakukan pelekatan yang tepat

Apa Kata Moms tentang Diapers?

Moms, punya cerita atau pengalaman seputar memilih popok si Kecil?

Cantengan Yang Dialami Anakku, Apa Saja Penanganannya?

Si Kecil mengalami cantengan? Begini cara menanganinya Moms.

Tips Mendisiplinkan Bayi Kembar Supaya Orang Tua Juga Bisa Istirahat

Merawat bayi kembar tentu sangat melelahkan ya Moms. Yuk simak tips berikut ini agar Moms and Dads juga bisa beristirahat.

Cerita Pangkas Rambut Di Rumah Aja Ala Kami

Moms berpikiran untuk mencukur rambut si Kecil di rumah? Simak cerita berikut ini.

Kenali Penyebab Kuning Bayi

Tahukah Moms, jaundice atau penyakit kuning pada bayi baru lahir memang umum terjadi. Lantas apa saja yang menyebabkan bayi kuning?

Tips Supaya Si Kecil Anteng Selama Penerbangan di Pesawat

Perjalanan naik pesawat memang membutuhkan waktu yang lama tergantung destinasi. Ini tips agar si Kecil tidak rewel selama dalam perjalanan.

7 Hal Penting Saat Ajak Si Kecil Bermain di Playground

Saat si Kecil bermain di playground, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan demi keselamatannya. Apa sajakah itu?

NewBorn Shopping List Ala Mom Risny

Kebutuhan bayi baru lahir sangat banyak dan harus Moms persiapkan dari awal. Intip daftar belanjaan untuk bayi baru lahir Mom Risny berikut ini.

Review Baby Loop Bantal Menyusui Multifungsi

Mom Irene membagikan pengalamannya menggunakan Baby Loop, bantal menyusui multifungsi, hasil tukar poin di Babyologist.

Sudahkah Kebutuhan Zat Besi Si Kecil Terpenuhi?

Untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil, Moms harus memenuhi nutrisi-nutrisi yang dibutuhkannya. Salah satu nutrisi tersebut adalah zat besi.

Review Clodi: Sobi Diaper

Mom Riel mengemukakan kelebihan dan kekurangan produk Sobi Minky Micro Snap yang dibelinya.

Hati-Hati dalam Memilih Bantal Bayi

Buat para bumil, apalagi yang udah masuk trimester 3, pasti lagi excited banget buat nyiapin keperluan baby. Aku mencari info mengenai [...]

Tips Belanja Keperluan Newborn

Hai Moms! Di usia kehamilan yang sudah memasuki 25w ini, saya udah mulai bikin list belanja keperluan si kecil nih.

Perlak Karet vs Perlak Kain, Lebih Bagus yang Mana?

Momen menunggu kelahiran sang buah hati adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap orang tua.

Alasan Tubuh Bayi Selalu Beraroma Harum

Pernahkah Moms berpikir dari mana aroma harum di tubuh bayi itu berasal? Apakah semua bayi memilikinya?

Kirana & Kanaya (Twins, Premie Baby, NICU Warrior)

Ketuban pecah dini dan eklampsia membuat bayi kembarku harus lahir prematur dan dirawat 12 hari

Hal-hal yang Menjadi Pertanyaan Seputar Newborn

Sebagai New Moms atau bahkan New Dads kadang suka bingung kan tentang apa ya yang harus dilakukan buat baby?