Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Saja Bawaan Hamil Bayi Perempuan?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  25 Nov '21


Dari sekian banyak pertanyaan yang diajukan ibu hamil, mungkin salah satu dari Moms pernah menanyakan tentang bagaimana cara mengetahui hamil anak perempuan. Untuk menjawab pertanyaan ini, Moms perlu mengetahui apa saja bawaan hamil bayi perempuan.

Sebab, ada perbedaan ketika hamil bayi laki-laki dan bayi perempuan. Salah satu perbedaan tersebut bisa dilihat dari bentuk perut ibu hamil. Jika hamil bayi laki-laki, perut akan lebih condong ke atas. Sedangkan ketika hamil bayi perempuan, bentuk perut akan lebih lebar ke sisi kanan dan kiri.

Bawaan Hamil Bayi Perempuan dapat Dikenali dengan Melihat Ciri-Cirinya

Sejak dulu, masyarakat Indonesia memang memiliki kepercayaan yang berlaku turun-temurun untuk menebak jenis kelamin bayi yang sedang dikandung seorang ibu. Jawaban dari tebak-tebakan ini bisa dibilang kadang benar dan ada juga yang salah.

Banyak orang yang mengatakan bahwa bawaan hamil anak perempuan dan anak laki-laki akan berbeda. Sehingga, untuk mengetahui apakah janin yang dikandungnya itu akan berjenis kelamin perempuan atau laki-laki, Moms perlu mengetahui apa saja bawaan hamil untuk bayi perempuan.

1. Tingkat Stress akan Jauh Lebih Tinggi 

Bawaan hamil bayi perempuan yang pertama adalah tingkat stress pada ibu hamil bayi perempuan akan jauh lebih tinggi dibanding ibu hamil bayi laki-laki. Menurut penelitian yang dilakukan institusi Fertility and Sterility dengan menghubungkan kadar hormon stress dan jenis kelamin bayi, wanita dengan tingkat stress tinggi secara statistik akan cenderung melahirkan bayi perempuan. Meskipun demikian, selain penelitian yang dilakukan institusi fertility and sterility ini, masih belum banyak penelitian lain yang bisa mendukung hasil penelitian di atas.

2. Mengalami Morning Sickness yang Lebih Parah

Ada juga yang mengatakan bahwa salah satu ciri-ciri hamil bayi perempuan adalah akan mengalami morning sickness yang parah. Alasan mengapa hal ini bisa terjadi adalah ketika mengandung janin perempuan, umumnya ibu hamil akan memproduksi  hormon yang lebih tinggi.

Tingginya hormon pada ibu hamil bayi perempuan membuat ibu hamil lebih mudah mual. Karena itulah, Moms mengalami morning sickness yang lebih parah dibanding ketika hamil bayi laki-laki.

3. Jantung Bayi Akan Berdetak dengan Lebih Cepat

Bawaan hamil bayi perempuan yang ketiga adalah soal detak jantung si Kecil. Banyak orang yang percaya bahwa detak jantung janin perempuan akan tergolong lebih cepat dibanding detak jantung janin laki-laki. Bahkan, sebagian besar orang juga percaya bahwa detak jantung janin perempuan bisa mencapai di atas 140 per menitnya. Kendati demikian, teori ini belum bisa dibuktikan dari hasil penelitian mana pun.

4. Mengalami Mood Swing yang Lebih Ekstrim

Ada lagi tanda kehamilan bayi perempuan yang dipercaya oleh masyarakat umum Indonesia. Beberapa orang percaya bahwa ketika seorang ibu hamil mengalami mood swing yang sangat ekstrim, dia sedang mengandung bayi  perempuan. Sebab, hormon estrogen yang diproduksi ibu hamil bayi perempuan lebih tinggi jika dibandingkan dengan ibu hamil yang sedang mengandung bayi laki-laki.

Berbeda dengan ibu hamil bayi perempuan yang pada umumnya akan mengalami suasana hati yang naik-turun, ibu hamil bayi laki-laki biasanya akan lebih bersifat melankolis ketika sedang hamil.

5. Bentuk Perut yang Melebar ke Sisi Kanan dan Kiri 

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, salah satu tanda utama yang dapat dikenali ketika hamil bayi perempuan bisa dilihat dari bentuk perutnya. Jika hamil bayi laki-laki, perut ibu hamil akan lebih condong ke atas. 

Hal ini berbeda ketika seorang ibu hamil bayi perempuan. Bentuk perut ibu hamil bayi perempuan dikatakan akan melebar ke sisi kanan dan kiri. Jadi, jika perut Moms membulat ke sisi kanan dan kiri maka bisa percaya bahwa janin yang sedang dikandung tersebut akan berjenis kelamin perempuan.

6. Hamil Bayi Perempuan Ngidam yang Manis-Manis

 

Setiap ibu hamil pasti pernah mengalami yang namanya ngidam. Masing-masing ibu hamil pada umumnya akan ngidam hal yang berbeda-beda. Untuk ibu-ibu yang hamil bayi perempuan, banyak orang yang mengatakan bahwa mereka akan ngidam makanan/minuman yang manis-manis.

Ketika ada ibu hamil yang meminta atau ngidam makanan/minuman yang manis-manis, maka Moms bisa menebak bahwa janin yang sedang dikandungnya tersebut akan berjenis kelamin perempuan. Namun, jika ibu hamil tersebut lebih menyukai atau ngidam makanan yang asin, kemungkinan besar janin yang dikandungnya akan berjenis kelamin laki-laki.

7. Mengalami Kulit Berminyak dan Rambut Kusam

Tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata ketika ibu hamil mengalami kulit berminyak yang berlebihan dan rambut menjadi kusam kemungkinan besar janin yang dikandungnya tersebut akan berjenis kelamin perempuan. Pasalnya, banyak orang yang percaya bahwa ketika Moms hamil bayi perempuan, maka kecantikan Moms akan dicuri oleh bayi perempuan yang sedang dikandungnya.

Penyebabnya, ketika Moms hamil bayi perempuan, si Kecil akan membawa perubahan hormon lebih ekstrim daripada bayi laki-laki. Oleh sebab itulah, Moms perlu rutin mengonsumsi vitamin C untuk menjaga kesehatan kulit saat hamil. Tentunya, vitamin yang dikonsumsi juga harus sudah terbukti aman untuk ibu hamil. Jika perlu konsultasikan dulu dengan dokter kandungan.

Di mana Letak Posisi Bayi Perempuan dalam Kandungan?

Pertanyaan tersebut sering ditanyakan oleh para ibu hamil yang sedang mengandung bayi perempuan. Posisi janin bayi perempuan akan terletak di sekitar perut. Jadi, jika Moms merasa janin yang sedang dikandung berada di sekitar pusat perut, kemungkinan besar janin tersebut berjenis kelamin perempuan. Jawaban yang lebih pasti dan ilmiah tentunya bisa didapat saat Moms melakukan pemeriksaan USG bersama dokter kandungan.

Cara Hamil Bayi Perempuan Menurut Ahlinya 

Salah satu metode yang bisa Moms terapkan supaya bisa mengandung bayi perempuan adalah metode shettles. Metode ini ditemukan oleh Dr. Shettles yang berhasil melakukan penelitian dengan tingkat keberhasilan hingga 75%.

Menurut Dr. Shettles, faktor paling penting dalam penentuan jenis kelamin bayi adalah waktu berhubungan seksual dan kromosom pembawa sperma. Sperma penentu bayi laki-laki akan berenang lebih cepat dan bertahan dengan lebih pendek. Sedangkan sperma penentu bayi perempuan akan cenderung lebih kuat dan tangguh meski berenangnya akan lebih lambat. Selain itu, melalui penelitian yang dilakukan Dr. Shettles, untuk menerapkan metode Shettles, pasangan suami istri harus melakukan hubungan seksual 2-4 hari sejak sebelum masa ovulasi terjadi. Jadi, ketika ovulasi sudah terjadi, proses akan berlanjut dan tinggal proses membuahi sel telur.

 

Meskipun beberapa tanda bawaan hamil bayi perempuan di atas ada yang benar dan ada yang tidak, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal tersebut Moms. Yang jelas, apa pun jenis kelamin si Kecil, kesehatannya tetap menjadi prioritas utama, ya, Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

322 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah

Umumnya, ciri-ciri orang hamil akan diketahui dari tidak terjadinya menstruasi. Akan tetapi, ada

Si Kecil Sering Menolak Minum Obat, Coba Cara Ini Moms!

Terkadang anak-anak yang penurut pun bisa menolak dan rewel ketika diminta minum obat. Meski Si Kecil sadar manfaatnya, banyak alasan untuk [...]

Tips Nyaman Berliburan Bersama Si Kecil di Masa Pandemi

[foto1]COVID-19 membuat orang tua di seluruh dunia bertanya-tanya apakah mereka bisa berliburan

Tips Berolahraga Ala Moms

Hai Moms, Moms pasti tahu dong salah satu cara ampuh untuk melawan virus Corona dan juga virus-

Awas!! Jangan Asal Memilih Hand Sanitizer untuk Si Kecil

Pandemi Corona ini membuat kita lebih sadar akan kebersihan terutama kebersihan tangan dan area wajah.

Tiga Anjuran Yang Perlu Dilakukan Apabila Ibu Menyusui Berpuasa

Bagi para Busui yang berpuasa, simak tips berikut ini yuk.

Perhatikan Hal-Hal Berikut Saat Busui Ingin Berpuasa

Buat para Busui yang sedang berpuasa, tips berikut ini wajib disimak ya!

Apa itu HEPA 13?

Ada perbedaan signifikan antara filter HEPA yang dibuat oleh merek air purifier yang berbeda.

5 Makanan Cegah si Kecil Konstipasi

Bakteri Lactobacillus reuteri (Lr), misalnya, dapat mencegah gangguan saluran cerna pada anak.

Cegah Abses dengan Rawat Gigi dan Mulut Sejak Dini

Kebersihan gigi dan mulut perlu dirawat sejak dini agar tidak menyebabkan penyakit. Berikut ini beberapa tips merawat gigi si Kecil.

5 Tips Mencegah Virus di Rumah Moms

Moms, simak lima tips mencegah virus yang bisa Moms lakukan di rumah berikut ini.

Manfaat yang Saya Rasakan Setelah Pijat Pasca Persalinan

Moms apa adakah di sini yang setelah melewati proses persalinan, tepatnya saat dalam masa nifas moms melakukan pijat?

Tips Menjaga Tubuh Moms Tetap Fit di Musim Hujan

Curah hujan yang tinggi di awal tahun ini tentu jadi tantangan tersendiri buat Moms dan Moms to be ya.

Resolusi 2020: Menjadi Mama Milenial yang Sehat

Hi moms, umur saya sudah mau memasuki kepala 3 dan saya makin concern with the term of 'getting older'.

Efek Domino Cacar Air di Keluarga Kecilku

Saya terkena cacar air untuk yang kedua kalinya dan itu menular ke kedua anak saya

Pengalamanku Mengalami Nyeri pada Punggung Bekas Suntikan Pasca Operasi Caesar

Kali ini aku mau share pengalamanku mengalami nyeri punggung pasca operasi caesar ya moms

Mitos Pantangan Makanan pasca Persalinan

Apa saja makanan yang dipantang setelah melahirkan? Lalu bagaimana faktanya?

Ternyata Aku Terkena Infeksi Mulut Rahim/Servisitis

Beberapa hari terakhir, aku memang sering mengalami keputihan pada saat sebelum dan sesudah haid.

Jangan Sepelekan Perubahan Hormon!

Baru-baru ini saya mengalami perubahan hormon yang luar biasa menyakitkan buat saya.

Bahayakah Keputihan pada Wanita?

Keputihan biasa dialami oleh hampir setiap wanita, namun bahayakah keputihan pada wanita?