Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Manfaat Asam Folat untuk Janin?

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  14 Nov '18

Asam folat merupakan vitamin B12 dan merupakan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh, asam folat memiliki peran di antaranya yaitu sintetis DNA, pembentukan eritrosit dan leukosit serta membantu metabolisme asam amino. 

Selain manfaat di atas, asam folat juga memiliki peranan penting untuk ibu hamil dalam menunjang kesehatan dan pertumbuhan janin.

Asam amino untuk janin berguna dalam pembelahan sel, pada hal ini ketika kadar asam folat untuk janin kurang maka akan berdampak pada kesehatan dan perkembangan janin tersebut sehingga menyebabkan sel tidak berkembang dengan sempurna. Kasus yang umum terjadi ketika janin kekurangan asam folat yaitu cacat lahir pada bagian tempurung kepala.

Manfaat umum dari asam folat ini yaitu untuk mengoptimalkan perkembangan tabung saraf janin, sebagai pembentuk sel darah merah dan pembentuk sumsum tulang belakang. Kemudian asam folat juga memiliki peranan penting dalam memperbaiki dan menjaga kinerja RNA dan DNA pada janin.

Oleh karena itu ibu hamil harus sangat memperhatikan asam folat, selain untuk kepentingan janin juga untuk kesehatan ibu hamil. Asam folat alami bisa Moms dapatkan pada sayuran, buah-buahan, sereal, biji-bijian, hati dan kacang-kacangan.

Meskipun beberapa makanan tersebut memiliki kandungan asam folat yang baik untuk ibu hamil dan janin, namun sebaiknya tidak mengonsumsi hati sapi secara berlebihan karena akan berbahaya untuk janin.

Ibu hamil harus benar-benar mencukupi kebutuhan asam folat, karena ketika kekurangan asam folat ini akan sangat membahayakan untuk janin, selain risiko cacat lahir yang mungkin akan sulit disembuhkan juga memiliki kemungkinan akan menyebabkan keguguran.

Kekurangan asam folat akan mengakibatkan gangguan pada proses metabolisme DNA sehingga akan berdampak pada sel-sel yang pada umumnya akan membelah seperti halnya sel darah putih.

Kurangnya asam folat di dalam tubuh selain karena kurangnya asupan asam folat juga bisa dipicu karena Anda mengonsumsi obat-obatan, alkohol atau zat kimia lain yang anda konsumsi. Karena zat kimia ini akan menghambat penyerapan asam folat di dalam tubuh.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Copyright by Babyologist

82 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories