Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa itu Susu UHT? Apa Manfaatnya untuk si Kecil?

BRANDS  |  TODDLER  |  16 Dec '19


Anak usia 0-5 tahun berada pada usia emas atau golden age dimana si Kecil sedang berkembang dengan pesat, baik secara fisik maupun akal. Untuk itu, demi mendukung tumbuh kembang yang optimal, para orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik. Salah satunya memberikan si Kecil susu pertumbuhan. Susu adalah salah satu pelengkap gizi Si Kecil, baik untuk pertumbuhannya, hingga membantu mengoptimalkan kecerdasannya. Orang tua bisa menemukan berbagai jenis susu untuk si Kecil, salah satunya adalah susu UHT.

Susu UHT adalah istilah industri untuk susu yang aman disimpan tanpa lemari pendingin. UHT merupakan singkatan dari Ultra High Temperature. Dalam prosesnya, susu sapi akan dipanaskan dengan suhu di atas 138 derajat Celcius dalam kurun waktu 2-4 detik. Setelah melewati proses tersebut, susu akan langsung dikemas dalam karton atau kaleng steril. Ketimbang jenis susu lainnya, susu UHT memiliki waktu simpan yang lebih panjang. Dengan catatan, kemasannya tidak dalam keadaan terbuka, ya, Moms.

Manfaat susu UHT untuk si kecil

Meski proses pembuatan susu berbeda, susu UHT juga memiliki manfaat yang sama seperti susu bubuk, Moms. Susu ini memiliki kandungan nutrisi makro, vitamin, dan mineral yang lengkap untuk membantu memenuhi gizi harian si Kecil. Bahkan, saat ini Moms sudah bisa menemukan susu UHT dengan kandungan cod liver oil yakni minyak hati ikan kod yang tinggi akan omega 3, EPA dan DHA, serta vitamin A dan D. 

Kandungan-kandungan tersebut sangat penting untuk membantu mengoptimalkan perkembangan jaringan otak si Kecil, meningkatkan daya tahan tubuh, pertumbuhan, serta meningkatkan penglihatannya.

Namun, apa, sih, keunggulan susu UHT?

Produk Susu Berkualitas Tinggi

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Guelph, Kanada, susu UHT memiliki kualitas yang sangat baik. Hal ini dikarenakan durasi proses pemanasan susu yang lebih sebentar (jika dibandingkan dengan pemanasan susu pasteurisasi). Tak hanya pemanasan yang lebih sebentar, proses pendinginan pada suhu dan durasi tertentu membuat susu ini baik untuk dikonsumsi si Kecil.

Lebih Awet dan Tahan Lama

Susu UHT bisa tahan hingga 9 bulan tanpa perlu disimpan di kulkas. Namun, panjang masa konsumsi susu ini berlaku selama kemasannya tidak dibuka. Jika sudah dibuka kemasannya, maka daya simpan hanya bisa bertahan dalam waktu 3-4 hari saja ya, Moms.

Praktis Dibawa Travelling

Karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa-bawa, susu UHT sangat ideal untuk dibawa ketika bepergian atau traveling. Mom tidak perlu menyimpan susu ini di lemari pendingin atau sejenisnya, karena susu UHT mampu bertahan hingga 9 bulan di luar kulkas.

Murah

Menurut penelitian yang sama di University of Guelph, proses produksi dan packaging susu UHT ini lebih murah daripada produk susu lainnya. Maka banyak orang tua yang memilih susu UHT sebagai pilihan pelengkap gizi untuk si Kecil. Meski lebih murah, bukan berarti susu UHT memiliki kandungan yang nutrisi yang lebih rendah ya, Moms. Murahnya harga susu UHT dikarenakan proses produksinya yang terbilang lebih sederhana dibandingkan susu bubuk.

Ketika menginjak usia lebih dari 1 tahun, anak akan membutuhkan nutrisi tambahan selain dari ASI. Sebab, kandungan yang terdapat pada ASI akan berkurang setelah bayi menginjak usia satu tahun. Maka dari itu, anak usia satu tahun keatas sebaiknya diberikan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang lebih kompleks seperti susu UHT.

Namun, sebelum memilih susu UHT untuk si Kecil, Moms harus memperhatikan kondisi si Kecil terlebih dahulu. Sebab, kondisi anak tentunya berbeda-beda. Jika ia memiliki riwayat alergi atau penyakit tertentu, lebih baik konsultasikan dulu ke dokter anak atau ahli gizi anak sebelum memberi ia asupan tertentu, termasuk susu UHT.

Referensi: Hello Sehat, The Asian Parents, University of GuelphVidoran

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1616 Vidoran Indonesia

Comments

Related Stories