Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Itu Metode Mindful Parenting?

PARENTING  |  16 Feb '19

Dalam tumbuh kembang anak, kita sebagai orangtua perlu cermat dalam memilih pola asuh yang tepat. Salah satunya adalah dengan metode "mindful parenting".

Mungkin bagi sebagian Moms ada yang masih asing dengan metode tersebut. Metode "mindful parenting" adalah pola asuh orangtua dengan kesadaran penuh dalam memberikan perhatian kepada anak, serta tidak memberikan penilaian negatif terhadap pengalaman anak.

Padahal keterampilan dalam "mindful parenting" merupakan hal mendasar yang sangat penting bagi orangtua agar komunikasi dengan anak menjadi lancar. Dalam metode ini, ada 5 hal yang perlu Moms perhatikan, yaitu:

1. Mendengarkan dengan perhatian penuh

Kita sebagai orangtua harus bisa mendengarkan dan memberi perhatian dengan penuh empati. Berikan kesempatan pada anak untuk berbicara, dan kita orangtua sebagai pendengar.

2. Tidak menghakimi

Sebagian orangtua cenderung suka menghakimi anak dengan menyebutnya anak nakal, susah diatur, dan lain sebagainya. Jika Moms ingin membuat sebuah peraturan, ajaklah ia duduk berdua dan buat peraturan secara bersama. Jadi peraturan tersebut bukan hanya berasal dari satu pihak, tetapi juga melibatkan anak.

3. Kesadaran dalam mengendalikan emosi

Moms harus ingat, anak bukanlah pendengar yang baik tapi ia akan merekam apa yang diucapkan dan dilakukan orangtuanya. Dengan kesadaran dalam mengendalikan emosi, orangtua akan lebih belajar bahwa tidak selamanya anak melakukan kesalahan. Ada kalanya kita sebagai orangtua yang harus berbenah dan memperbaiki diri.

4. Adil dan bijaksana

Penting sekali bagi orangtua untuk selalu berlaku adil, bijaksana, merendahkan hati dan selalu belajar. Dengan begitu, nantinya mindset akan berubah sehingga orangtua memiliki pandangan baru dalam mengasuh anak.

5. Penuh kasih sayang

Sepertinya kita sebagai orangtua sudah pasti memberikan kasih sayang penuh terhadap anak. Akan tetapi masih banyak orangtua yang 'lost control' dalam hal ini. Misalnya bertengkar dengan pasangan di depan anak. Sebisa mungkin dihindari, agar anak juga tidak meniru apa yang ia lihat. Selalu tunjukan sikap harmonis kita dengan siapapun di depan anak, kelak anak pun akan meniru hal tersebut.


Semoga bermanfaat.

By: Rae Fathy Aulia Rusba

Copyright by Babyologist

2136 Rae Fathy Aulia Rusba

Comments

Related Stories