Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa itu Cod Liver Oil dan Apa Manfaatnya?

BRANDS  |  FEEDING  |  TODDLER  |  12 Nov '19


Sebagai orang tua, kita pastinya ingin si Kecil tumbuh dengan optimal. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah selalu menjaga kecukupan nutrisi hariannya. Tak jarang juga orang tua memberikan si Kecil asupan tambahan seperti vitamin maupun susu agar memastikan asupan gariannya terpenuhi. Salah satunya adalah dengan memberinya cod liver oil.

Apa itu Cod Liver Oil?

Cod liver oil adalah minyak hati ikan yang diekstrak dari hati ikan kod. Ikan ini ini hidup di perairan laut dalam seperti Samudra Pasifik dan Atlantik. Ikan yang hidup di perairan dalam ini memang dikenal memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan ikan lainnya yang hidup di perairan dangkal. 

Pertama, karena hidup di dasar laut terdalam, tubuh ikan kod memiliki timbunan lemak yang lebih banyak karena untuk menjaga ketahanan serta suhu tubuhnya. Selain itu, hidup di dasar laut terdalam juga membuat ikan kod, termasuk sumber makanannya, lebih sedikit terkontaminasi bahan kimia berbahaya seperti merkuri. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan terbesar mengapa cod liver oil sangat baik untuk mengoptimalkan kesehatan kita, termasuk si Kecil.

Umumnya, cod liver oil biasanya dijual dalam bentuk pil minyak ikan atau multivitamin sirup. Namun, tahukah Moms bahwa saat ini ada susu yang juga mengandung cod liver oil? Karena terkandung dalam susu, memberikan si Kecil cod liver oil bisa jadi lebih mudah dan lebih praktis, ya, Moms.

Apa saja Manfaat Cod Liver Oil bagi si Kecil?

Cod liver oil adalah salah satu sumber asam lemak seperti Omega 3 seperti DHA (Docosahexaenoic Acid) dan EPA (Eicosapentaenoic acid), vitamin A, vitamin D, serta bahan-bahan penting lainnya lainnya. Kandungan-kandungan yang terdapat pada cod liver oil sangat penting untuk menunjang pertumbuhan si Kecil.

Mengoptimalkan Kecerdasan Anak

Untuk mengoptimalkan kecerdasan si Kecil tidak cukup hanya memberinya stimulan dari luar saja. Namun, kita juga wajib memberi si Kecil nutrisi yang cukup dan tepat. Omega 3 (DHA dan EPA) sangat berperan dalam perkembangan otak si Kecil. Dilansir dari Hello Sehat, sebuah studi di Amerika Serikat memantau bayi hingga mereka berusia 8-9 tahun. Mereka yang mendapatkan DHA yang cukup secara statistik memiliki nilai 8,3 poin lebih tinggi daripada bayi yang tidak mendapatkan DHA yang cukup. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa anak usia dini yang kekurangan DHA memiliki risiko indeks kecerdasan yang lebih rendah.

Melindungi Kesehatan Mata si Kecil

Omega 3 khususnya DHA dan kandungan vitamin A berperan penting dalam melindungi kesehatan mata anak. Omega 3 dapat membantu menjaga aliran darah ke mata sehingga penglihatan anak tetap normal. Vitamin A pada cod liver oil juga berperan penting dalam perkembangan mata bahkan ketika ia masih janin. Selain omega 3 dan vitamin A, cod liver oil juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah mata si Kecil dari kerusakan.

Meningkatkan Imunitas si Kecil

Tahukah Moms bahwa vitamin A tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata, tetapi juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil. Bahkan, pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition 2010, cod liver oil juga ternyata bisa mengurangi risiko penyakit ISPA atau infeksi saluran pernapasan atas.

Mengoptimalkan Tumbuh Kembang si Kecil

Cod liver oil kaya akan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang. Dengan mencukupi asupan vitamin D pada si Kecil, risiko terkena rakitis pun akan semakin kecil. Rakitis merupakan gangguan tulang yang sedang bertumbuh khususnya pada anak-anak. Penyakit ini diakibatkan oleh gagalnya penyerapan kalsium pada tulang karena kekurangan vitamin D.

Saat ini orang tua juga bisa memberi si Kecil susu yang mengandung cod liver oil. Biasanya, kandungan nutrisi pada susu yang sudah dijual secara umum akan memberikan takaran yang sesuai untuk anak pada setiap umurnya. Selain mengandung cod liver oil, susu juga tentunya mengandung banyak nutrisi lainnya yang penting untuk menunjang kesehatan anak.

Sumber: Hello Sehat, Healthline, Livestrong

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1942 Vidoran Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Kapan si Kecil Boleh Minum susu UHT

Sebaiknya susu UHT tidak diberikan pada anak yang masih berusia 12 bulan ke bawah.

Kiat Memilih Peralatan Makan yang Aman untuk si Kecil

Memilih alat makan untuk si Kecil tak bisa sembarangan, Mom. Moms wajib memperhatikan beberapa hal!