Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Bedanya Memiliki Satu Anak dengan Dua Anak atau Lebih?

MY STORY  |  PARENTING  |  08 Jan '20


Anak adalah anugerah terindah bagi setiap pasangan. Diberi kepercayaan bisa merawat dan mendidik buah hati merupakan hal yang sangat istimewa bagi saya dan suami. Di usia pernikahan ku yang sudah memasuki tahun ke enam, Alhamdulillah kami sudah dikaruniai dua orang anak yang lucu, satu laki-laki satu perempuan. Beda usianya terpaut cukup jauh, 3 tahun 4 bulan.

Seringkali saya mendengar pertanyaan dari orang-orang "sudah punya anak dua ya Bu? Bagaimana rasanya punya anak dua? Apa bedanya sekarang punya anak dua dengan dulu masih satu? Pasti kewalahan kan? Pertanyaan yang ribet jawabnya, susah diungkapkan dengan kata-kata tepatnya. Intinya apapun itu harus tetap dinikmati dan dibawa happy.

Yang saya rasakan selama beberapa bulan terakhir ini dengan menjalani peran sebagai ibu dua anak yang lagi aktif-aktifnya dan juga harus berperan sebagai working mom, sungguh tidak mudah. Ada kalanya bisa berjalan lancar dan tak jarang harus melalui beberapa kendala.

Perbedaan yang saya rasakan dan alami saat memiliki 1 anak dan sekarang sudah memiliki dua anak

1. Masalah pengalaman dan pengetahuan

Waktu anak pertama pasti sebagai new mom, masih banyak bingungnya. Masih banyak bapernya yang malahan sampai membuat si ibu mengalami syndrome baby blues. Makanya kita harus banyak-banyak membaca, bertanya dan mendengar dari pengalaman orang tua atau teman-teman yang sudah melalui fase itu. Beruntung saya masih tinggal dengan orang tua jadi untuk urusan anak, saya tidak terlalu bingung. Pas kelahiran anak kedua, saya sudah mulai banyak pengalaman dari anak pertama moms. Belajar pasti tetap harus dilakukan tapi tidak seheboh waktu anak pertama lagi. Sudah nggak ribet untuk memandikan anak sendiri, sudah tidak sepanik waktu anak pertama dulu jika tiba-tiba si kecil demam karena semua sudah prepare.

2. Masalah disiplin waktu

Waktu anak pertama, bisa dibilang saya jauh dari kata repot. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan time management nya pun tidak kacau. Setiap pagi rutinitas mulai dari menyiapkan MPASI homemade bagi si kecil hingga saya tinggal bekerja, semua sudah saya siapkan. Ke tempat kerja pun tidak telat. Setelah memiliki dua anak, time management saya mulai amburadul, sudah bangun lebih awal, masih saja telat dikit ke kantor. Itu karena bertambahnya rutinitas yang akan dilakukan. Harus menyiapkan perintilan untuk si kakak berangkat sekolah tepat waktu dan menyiapkan MPASI dan kebutuhan si adik juga. Semua harus siap sedia sebelum saya tinggal bekerja. Dari rutinitas ini saya belajar tentang yang namanya disiplin waktu dalam mengerjakan semuanya dengan baik dan pastinya harus tetap happy. Di bawa santai agar tidak kebawa menjadi syndrome baby blues. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar manajemen waktu lebih baik adalah dengan cara membuat list pekerjaan rutin yang akan dilakukan dan kita harus konsisten dengan list itu.

3. Kontrol Emosi

Ini dia hal yang menurut saya paling sulit. Mengontrol emosi yang sudah memuncak terutama di pagi hari yang paling banyak aktivitas harus dilakukan dengan waktu yang minimum. Kalau moms di rumah mengalami juga tidak? Ketika rumah sudah dibersihkan dan si kakak menghamburkan mainannya lagi. Si adik yang merengek sementara kita masih berkutat di dapur untuk menyiapkan MPASI nya. Maunya digendong. Hmmm, serasa gimana gitu? Ibaratnya rasa permen nano-nano kali ya, campur aduk. Antara mau marah dan nangis. Tak jarang lepas kontrol dan marah ke si kakak atau mungkin ke suami.

Memiliki dua buah hati membuat saya jadi lebih belajar yang namanya ekstra sabar. InsyaAllah sabarnya membawa berkah ya moms. Mendidik anak-anak memang membutuhkan kesabaran. Marah bisa tapi tetap terkontrol, jangan sampai mengganggu psikologi ibu dan juga si kecil.

Memiliki satu anak atau lebih itu adalah rezeki. Bagaimanapun lelahnya, kita akan selalu bahagia melihat anak berkembang dengan baik. Kalau moms perasaannya bagaimana? Di tunggu sharing pengalamannya ya moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1316 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Uang Sekolah Makin Mahal, Gimana Cara Mempersiapkannya?

Memberikan pendidikan terbaik bagi si Kecil merupakan salah satu kewajiban utama Moms & Dads.

It’s Okay to Not Be Okay

Dalam mengasuh anak, tentu Moms mengharapkan si Kecil tumbuh menjadi pribadi dengan kondisi fisik

Tips Praktis Memompa ASI di Kantor

Hai Moms, Meskipun pandemi virus corona belum berakhir, tapi banyak dari kita yang sudah

Tips Menghindari Toxic Parenting

Hai Moms, Siapa disini yang minggu lalu nonton Babyo Channel Ngobrol Bareng Babyo dengan topik

Ketika Dads Sibuk dengan Hobinya

Setiap hari Jumat, sekarang Babyo Connect memiliki "Apa Kata Moms?" yang akan membahas topik yang terasa tabu Moms bahas, atau uneg-uneg yang [...]

Anak Umur 2 Tahun Belum Bisa Ngomong, Wajarkah?

“Anaknya 2 tahun? Sudah bisa ngomong belum? Oh, speech delay? Sama donk seperti anak saya. Gpp nanti usia 3 tahun juga bisa sendiri.”

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebagai Working Mom

Menjadi seorang working Mom tentunya memiliki tantangan tersendiri. Yuk simak tips dari Mom Inayah berikut ini.

Hal yg Bisa Dilakukan untuk Mengisi Kegiatan si Kecil di Rumah Selama Pandemi

Moms, yuk simak aktvitas yang bisa dilakukan di rumah bersama si Kecil berikut ini.

Fiersa is Turning One

Merayakan ulang tahun pertama pastinya adalah moment yang tidak bisa dilewatkan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Caraku Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga di Tengah Pandemi

Rumah tangga yang harmonis pasti sudah menjadi dambaan pasutri. Simak tips berikut ini yuk Moms and Dads!

Caraku Mengatur Keuangan Keluarga di Kondisi Pandemi

Di tengah-tengah pandemi ini tidak bisa dipungkiri bahwa banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi. Simak tips berhemat berikut ini yuk!

Punya Anak Perempuan Lebih Boros?

Hayo siapa yang punya anak perempuan dan merasa boros karena beli barang-barang lucu atau baju untuk Si Kecil? Sebenarnya boros tidaknya [...]

Cerita Sibling Goals di Usia Berdekatan

Bagaimana ya caranya agar kakak adik rukun? Yuk, simak cerita berikut ini.

Mengajarkan Kemandirian Sejak Dini Penting Gak Sih Moms?

Mengajarkan si Kecil untuk mandiri sedari dini memiliki banyak manfaat loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

Meskipun jauh dari sanak saudara, Lebaran sudah seharusnya menjadi momen yang dirayakan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.