Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Apa Bedanya Memiliki Satu Anak dengan Dua Anak atau Lebih?

MY STORY  |  PARENTING  |  08 Jan '20


Anak adalah anugerah terindah bagi setiap pasangan. Diberi kepercayaan bisa merawat dan mendidik buah hati merupakan hal yang sangat istimewa bagi saya dan suami. Di usia pernikahan ku yang sudah memasuki tahun ke enam, Alhamdulillah kami sudah dikaruniai dua orang anak yang lucu, satu laki-laki satu perempuan. Beda usianya terpaut cukup jauh, 3 tahun 4 bulan.

Seringkali saya mendengar pertanyaan dari orang-orang "sudah punya anak dua ya Bu? Bagaimana rasanya punya anak dua? Apa bedanya sekarang punya anak dua dengan dulu masih satu? Pasti kewalahan kan? Pertanyaan yang ribet jawabnya, susah diungkapkan dengan kata-kata tepatnya. Intinya apapun itu harus tetap dinikmati dan dibawa happy.

Yang saya rasakan selama beberapa bulan terakhir ini dengan menjalani peran sebagai ibu dua anak yang lagi aktif-aktifnya dan juga harus berperan sebagai working mom, sungguh tidak mudah. Ada kalanya bisa berjalan lancar dan tak jarang harus melalui beberapa kendala.

Perbedaan yang saya rasakan dan alami saat memiliki 1 anak dan sekarang sudah memiliki dua anak

1. Masalah pengalaman dan pengetahuan

Waktu anak pertama pasti sebagai new mom, masih banyak bingungnya. Masih banyak bapernya yang malahan sampai membuat si ibu mengalami syndrome baby blues. Makanya kita harus banyak-banyak membaca, bertanya dan mendengar dari pengalaman orang tua atau teman-teman yang sudah melalui fase itu. Beruntung saya masih tinggal dengan orang tua jadi untuk urusan anak, saya tidak terlalu bingung. Pas kelahiran anak kedua, saya sudah mulai banyak pengalaman dari anak pertama moms. Belajar pasti tetap harus dilakukan tapi tidak seheboh waktu anak pertama lagi. Sudah nggak ribet untuk memandikan anak sendiri, sudah tidak sepanik waktu anak pertama dulu jika tiba-tiba si kecil demam karena semua sudah prepare.

2. Masalah disiplin waktu

Waktu anak pertama, bisa dibilang saya jauh dari kata repot. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan time management nya pun tidak kacau. Setiap pagi rutinitas mulai dari menyiapkan MPASI homemade bagi si kecil hingga saya tinggal bekerja, semua sudah saya siapkan. Ke tempat kerja pun tidak telat. Setelah memiliki dua anak, time management saya mulai amburadul, sudah bangun lebih awal, masih saja telat dikit ke kantor. Itu karena bertambahnya rutinitas yang akan dilakukan. Harus menyiapkan perintilan untuk si kakak berangkat sekolah tepat waktu dan menyiapkan MPASI dan kebutuhan si adik juga. Semua harus siap sedia sebelum saya tinggal bekerja. Dari rutinitas ini saya belajar tentang yang namanya disiplin waktu dalam mengerjakan semuanya dengan baik dan pastinya harus tetap happy. Di bawa santai agar tidak kebawa menjadi syndrome baby blues. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar manajemen waktu lebih baik adalah dengan cara membuat list pekerjaan rutin yang akan dilakukan dan kita harus konsisten dengan list itu.

3. Kontrol Emosi

Ini dia hal yang menurut saya paling sulit. Mengontrol emosi yang sudah memuncak terutama di pagi hari yang paling banyak aktivitas harus dilakukan dengan waktu yang minimum. Kalau moms di rumah mengalami juga tidak? Ketika rumah sudah dibersihkan dan si kakak menghamburkan mainannya lagi. Si adik yang merengek sementara kita masih berkutat di dapur untuk menyiapkan MPASI nya. Maunya digendong. Hmmm, serasa gimana gitu? Ibaratnya rasa permen nano-nano kali ya, campur aduk. Antara mau marah dan nangis. Tak jarang lepas kontrol dan marah ke si kakak atau mungkin ke suami.

Memiliki dua buah hati membuat saya jadi lebih belajar yang namanya ekstra sabar. InsyaAllah sabarnya membawa berkah ya moms. Mendidik anak-anak memang membutuhkan kesabaran. Marah bisa tapi tetap terkontrol, jangan sampai mengganggu psikologi ibu dan juga si kecil.

Memiliki satu anak atau lebih itu adalah rezeki. Bagaimanapun lelahnya, kita akan selalu bahagia melihat anak berkembang dengan baik. Kalau moms perasaannya bagaimana? Di tunggu sharing pengalamannya ya moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1105 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.

Mengenal Tedak Siten

Apa itu Tedak Siten? Mari simak bersama berikut ini!

Keseruan Memiliki 2 Balita Dengan Jarak Dekat

Anak di usia balita adalah fase dimana anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, cenderung lebih egois, dan lebih senang berekplorasi. Usia [...]

Biasakanlah Mengucapkan Kata-kata Positif pada Anak

Seperti apa sih kata-kata positif yang baik untuk kita ucapkan pada anak? Simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker Pada si Kecil

Bagaimana cara merayu si Kecil agar mau mengenakan masker? Simak cerita berikut ini.

Tetap Harmonis Bersama Pasangan Di Masa Pandemi

Moms and Dads yuk usahakan sebisa mungkin untuk tetap rukun di masa pandemi ini. Simak cerita dan tips berikut ini ya.

Mengatasi Kakak Adik yang Sering Berantem

Kakak dan adik sering berantem? Simak tips ini yuk Moms and Dads.

Tips Agar Tetap Waras Saat 'Work From Home'

Siapa yang mulai merasa kurang waras akhir-akhir ini karena WFH? Simak yang berikut ini ya.

5 Hal Yang Perlu Ditingkatkan Ketika Menjadi Ibu Dua Anak

Moms, pernah merasa lelah dalam merawat dan membesarkan si Kecil? Baca cerita berikut ini ya.

Si Kecil Bosan di Rumah? Coba Tips Ini!

Moms dan si Kecil mulai merasa bosan di rumah? Coba tips berikut ini.

Yuk, Latih Anak Mengerjakan Tugas Rumah

Mumpung lagi di rumah aja, aku dan suami memanfaatkan momen ini untuk mengajarkan anak berbuat baik yaitu melibatkan dia mengerjakan pekerjaan rumah.

Peralihan Dari Wanita Karir Menjadi Stay at Home Mom

Siapa disini yang tadinya wanita karir, namun harus menjadi stay at home Mom semenjak si Kecil lahir? Baca cerita ini yuk!

Mengatasi Anak yang Bosan di Rumah

#DiRumahAja selama tiga minggu tentu bisa mengakibatkan si Kecil merasa bosan ya Moms and Dads. Simak cerita berikut ini yuk!

Di Rumah Aja? Yuk, Moms, Lakukan 5 Aktivitas Ini Bersama Si Kecil!

Berikut beberapa ide sederhana di rumah untuk membuat anak tetap beraktivitas sepanjang hari saat sekolah ditutup.

Tips Agar Anak Terhindar dari ISK

Sekitar 60-80% ISK disebabkan oleh kuman E. coli yang berasal dari saluran cerna. Sisanya bisa juga disebabkan oleh kuman lain seperti [...]

Yuk, Ajak Anak Bermain Boneka, Banyak Manfaatnya Looo!

Ternyata bermain boneka ada manfaatnya, lo, Moms. Jadi, tidak ada salahnya kalau Moms mengajak mereka bermain boneka.

Ajari Si Kecil Tentang Istimewanya Saling Bekerja Sama

Salah satu hal yang saya dan suami rasakan penting untuk diajarkan ke anak adalah tentang konsep kerjasama dengan orang lain.

Tips Menghentikan Kebiasaan Si Kecil Menggigit Kuku Tangan atau Kaki

Kebiasaan menggigit kuku tangan atau kaki adalah salah satu kebiasaan buruk yang tidak boleh disepelekan. Berikut tips menghentikan kebiasaan si [...]