Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Anti Panik Menjaga Kesehatan Gigi Anak 0-3 Tahun

MY STORY  |  01 Oct '20


Hallo parents, pernah tidak merasa kesulitan menjaga kesehatan gigi anak? Atau merasa bingung bagaimana caranya supaya anak mau dibersihkan giginya. Kapan anak harus mulai menyikat gigi? Bagaimana dengan bayi yang belum tumbuh gigi? Bagaimana tips mengajak anak yang sulit sikat gigi? Kapan anak-anak perlu ke dokter gigi? Kita akan bahas semuanya di artikel kali ini, ya!

Parents, menjaga kesehatan dan kebersihan mulut harus dimulai sejak bayi bahkan sebelum gigi susunya tumbuh, ya, bukan baru dimulai saat gigi susu anak sudah lengkap yaitu sekitar usia 2 tahun. Berikut tipsnya.

Tips menyikat gigi anak-anak usia 0-3 tahun:

  • Pada bayi yang giginya belum tumbuh, gunakan kassa yang dibasahi air matang untuk mengusap gusi bayi terutama setelah menyusu.
  • Pada bayi di bawah 6 bulan yang gigi pertamanya sudah tumbuh, mulai bersihkan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi. Gunakan pasta gigi hanya seoles tipis atau seukuran sebutir beras.
  • Orang tua yang menyikatkan gigi anak bayi dan batita.
  • Posisi sikat gigi: Anda duduk di kursi menghadap orang dewasa lain yang bisa ikut mendampingi dalam menyikatkan gigi anak ( seperti foto di bawah) , lutut menyentuh satu sama lain (knee-to-knee), rebahkan anak di pangkuan Anda, anda menyikatkan gigi anak. Cara lain: rebahkan anak di lantai, posisikan kepala anak di antara paha kaki Anda dan tangan anak di bawah kaki Anda.

Untuk anak yang sulit saat diajak menyikat gigi, coba gunakan cara berikut:

  • Perlihatkan video atau bacakan buku cerita seputar kesehatan gigi.
  • Bantu anak memegang sikat giginya agar ia bisa merasakan gerakan menyikat gigi yang benar.
  • Sikat gigi sambil mengaca di cermin agar anak lebih mudah mengetahui posisi sikatnya.
  • Bisa juga memberikan anak cermin untuk melihat keadaan giginya, apabila ada giginya yang berlubang anak akan jauh lebih aware jika ia melihat langsung pada cermin.
  • Menciptakan rutinitas sikat gigi bersama Ibu dan Ayah. Dengan begitu, anak akan terbiasa karena mereka adalah peniru yang ulung.
  • Tetap dispilin dan konsisten agar terbentuk kebiasaan menyikat gigi pada anak.
  • Berikan reward apabila anak kooperatif menyikat gigi 2 kali sehari.
  • Mulailah membersihkan gigi dan mulut anak sejak giginya belum tumbuh sehingga anak akan terbiasa dengan mulut yang bersih dan tidak nyaman jika mulutnya kotor.

Kurangi makanan manis dan lengket, sebaiknya orang tua perlu mengontrol konsumsi anak pada makanan yang manis dan lengket seperti permen, coklat ataupun biscuit. Apabila anak mengonsumsinya diusahakan pada jam makan bukan diantara waktu makan. Setelah makan permen/coklat/biscuit pastikan anak banyak mengonsumsi air putih dan bila memungkinkan sikat gigi anak anda.

Periksa ke dokter gigi mulai saat usia anak +/- 1 tahun atau 6 bulan sejak gigi pertamanya tumbuh. Dokter gigi akan memeriksa apakah jumlah gigi yang sudah tumbuh sesuai dengan usia anak Anda, kapan gigi berikutnya akan tumbuh, apakah gigi dan mulut anak Anda sehat atau memerlukan perawatan pencegahan seperti aplikasi fluoride tambahan (dapat berupa gel, varnish, kumur) atau sealant. Selain itu, ada kasus gigi berlubang yang tidak dapat terlihat kecuali dengan alat dokter gigi. Jadi, penting untuk mengajak anak ke dokter gigi walaupun tidak ada keluhan yang dirasakan. Anak akan lebih nyaman dan akrab dengan suasana ruangan serta alat-alat dokter gigi. Selain itu apabila ada karies, akan terdeteksi lebih awal dan perawatannya tidak sekompleks jika lubangnya sudah dalam.

Nah parents, sekian pembahasannya ya. Apabila masih ada yang kurang jelas silahkan konsultasikan lebih lanjut masalah kesehatan gigi anak anda di MHDC Clinic dan Medikids Clinic terdekat yaa. Terima kasih semoga bermanfaat. Yuk jadi orang tua yang anti panik menjaga kesehatan gigi anak 0 – 3 tahun!

 

Artikel ditulis oleh: Medikids Clinic (drg. Nadia Fadila Irfani dan drg. Laila Novpriati)

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

186 Medikids Clinic

Comments

LATEST POSTS

Rekomendasi ASI Booster versi Babyo

Agar Moms bisa menimbang kebutuhan ASI booster yang sesuai, berikut adalah rekomendasi ASI booster untuk ibu menyusui versi Babyo. Bagaimana [...]

Mom, Keluargaku Menentang Kehamilanku

SELASA CURHAT: Keluarga sama sekali ga membantu aku. Malah bilang, "Rasain tuh suruh siapa hamil". Padahal aku dan suamipun ga merencanakan. [...]

Mom, Apa Semua Harus Jadi Salahku?

SELASA CURHAT: Akhir-akhir ini aku ngerasa hambar dengan pernikahan ini. Aku harus gimana ya moms?

Mom, Apakah Ngidamku Ini Salah?

SELASA CURHAT: Aku ingin curhat seputar ngidam pada kehamilan, ada yang bilang ngidam itu wajar dan ada juga yang bilang itu cuma [...]

Kesempatan Kedua Setelah Kehilangan

APA KATA MOMS? Bagaimana sih menurut Moms tentang kesempatan kedua setelah kehilangan (keguguran)?

Mom, Aku Tidak Didukung Menyapih

SELASA CURHAT: Aku merasa tidak mendapat support darimana-mana. Di rumah sendiri aku kewalahan, di rumah orangtua aku dikomentarin.

Mau Me Time, Tapi Kepikiran Anak

APA KATA MOMS? Bagaimana sih cara Moms menjalani me time tanpa rasa bersalah dan jadi kepikiran soal anak?

Moms, Apakah Hubunganku dengan Suami Sehat?

SELASA CURHAT: Aku seringkali berdebat sama suami soal banyak hal termasuk cara mendidik anak. Apa memang semua rumah tangga awalnya begini ya [...]

Salah Banget Ya, Gunakan MPASI Instan?

APA KATA MOMS? Tentunya Moms punya pertimbangan sendiri memilih MPASI Instan, yang notabene juga bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Moms, Anakku Susah Diatur

SELASA CURHAT: Anakku belakangan ini dia mudah sekali ngambek kalo kehendaknya gak di turutin, mulai agak jail sama teman-temannya, dan kalo aku [...]

Komentar Nyebelin untuk Ibu Hamil

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi orang yang suka berkomentar 'nyebelin' untuk ibu hamil?

Membuat Anak Mencintai Negara Indonesia

Sudahkah kita sebagai warga negara Indonesia memiliki rasa cinta kepada tanah air kita?

Moms, Aturan Anakku Dilanggar Kakek Neneknya

SELASA CURHAT: Aku selama dirumah jarang banget kasih anakku jajanan MSG atau cokelat yang ga bagus untuk giginya. Eh giliran di rumah kakek [...]

Serba Salah Menjadi Orang Tua

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi kondisi serba salah menjadi orang tua?

Mom, Pandemi Ini Membuatku Goyah

SELASA CURHAT: Ekonomi yang lagi surut karna pekerjaan suami terkena dampak, ditambah kondisi anak yang memerlukan perhatian penuh.

Asisten Rumah Tangga, Perlu atau Tidak?

APA KATA MOMS? Sayangnya, kadang anak malah jadi lebih dekat pada asisten rumah tangga atau pengasuhnya daripada bersama dengan Moms. Bagaimana [...]

Mom, Aku Lelah!

Setiap Selasa, Babyo ingin memberikan kesempatan Moms untuk curhat seputar kehamilan dan parenting. Akan ada curhat Moms yang akan Babyo post [...]

Suka Duka Bersama Mertua

APA KATA MOMS? Berhubung harus di rumah aja, minggu ini Babyo ingin mendengar pendapat Moms tentang tinggal bersama dengan mertua, nih.

Masih Waras di Rumah, Moms?

Moms yang saat ini masih tinggal bersama dengan mertua, mana suaranyaaaa?

Sudahkah Moms ‘Merdeka’ Memilih untuk si Kecil?

Sudahkah Moms merasa ‘merdeka’ dalam memilih barang untuk Moms maupun si Kecil?