Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Anti Panik Mudik Bersama Anak, Yuk Persiapkan dari Sekarang!

OTHERS  |  09 Jun '18

Mudik alias pulang kampung merupakan momen yang tentunya ditunggu oleh setiap keluarga yang merayakannya. Momen tersebut kian bertambah spesial dengan kehadiran buah hati yang kehadirannya mungkin sudah dinantikan dikampung halaman. Meskipun begitu, momen mudik bersama anak tentunya agak tricky dan terdengar ribet jika dibayangkan, apalagi jika ini adalah kali pertama membawa Si Kecil. Yuk simak tips-tips berikut agar mudik bersama anak semakin lancar dan menyenangkan!

1. Persiapan

Luangkan Waktu Untuk Packing

When you already have a kid.. Preparation is the key! Jangan packing last minute menjelang keberangkatan. Mom bisa mulai membuka koper satu atau dua minggu sebelum keberangkatan. Masukan beberapa barang langsung ke dalam koper begitu terlintas di kepala. Ini dapat menjadi solusi agar tidak ada barang yang nantinya tertinggal.

Organize Your Baby's Stuff

Saat ini, sudah banyak dijual dipasaran travel organizer pouch yang sangat membantu mengorganisir barang ketika bepergian menjadi simpel. Prinsipnya adalah memisah-misahkan barang Si Kecil ke dalam pouch atau wadah. Memisahkan atasan, celana, diapers, kaos kaki kedalam wadah-wadah yang berbeda bisa membuat Mom terbantu ketika membongkar dan membereskan isi koper nanti. 

Jangan Lupakan barang-barang ini!

  • Dokumen- dokumen Si Kecil: Buku Imunisasi, foto akte kelahiran dan kartu keluarga (simpan di hp)
  • Obat-obatan generik dan Essential Oil (obat demam, batuk, pilek, sembelit, sakit perut, alergi dan vitamin)
  • Nomor hp dokter anak atau rumah sakit 
  • Mainan dan benda kesayangan Si Kecil

 

2. Selama Di Perjalanan

Pakai Baju yang Nyaman

Pilihlah baju yang menyerap keringat dan nyaman untuk dipakai. Jangan lupa untuk membawa beberapa baju ganti meskipun hanya satu atau dua jam perjalanan (dipesawat atau kereta). 

Siapkan Baby Gear (Car seat) apabila perjalanan cukup jauh

Car seat akan sangat membantu bukan hanya untuk Mom, namun juga untuk Si Kecil agar bisa tidur dan beristirahat dengan posisi yang proper. Terlalu lama digendong pastinya akan membuat bayi merasa pegal dan tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Mainan yang belum pernah dimainkan sebelumnya

Mainan atau busy book bisa menjadi penolong untuk membunuh waktu selama perjalanan. Tapi perlu diingat, jangan membawa mainan yang sudah sering dimainkan oleh Si Kecil sebelumnya. Mom bisa menyembunyikan terlebih dahulu selama di rumah dan baru dikeluarkan ketika perjalanan sehingga ia masih excited dan bisa memainkannya dalam waktu yang lama.

Sensitif terhadap Kebutuhan Si Kecil

Pastikan perut Si Kecil kenyang dan tidak lapar selama perjalanan. Siapkan cemilan dan makanan favorit yang memang disukainya. Memberikan makanan baru yang tidak disukai dapat memancing tantrum pada bayi dan ketidak nyamanan pada penumpang lain. Selain itu, Mom juga disarankan cek diapers bayi dan tetap menggantinya tiga jam sekali agar ia tetap merasa nyaman.

 

Semoga bermanfaat.

By: Inas Zahra S.Psi. 

300 Inas zahra S.Psi

Comments

Related Stories