Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Anda Alergi Debu? Kenali Pemicunya

HEALTH TIPS  |  OTHERS  |  21 Nov '17

Orang yang alergi debu sudah terbiasa bersin, tapi bersin bukanlah satu-satunya gejalanya. Alergi debu juga bisa membuat hidung tersumbat atau meler, menyebabkan mata gatal, merah dan berair. Alergi debu juga membuat beberapa orang kesulitan bernafas dan bisa memicu gejala asma, seperti napas mengi, batuk, sesak di dada dan sesak napas. Debu juga membuat beberapa orang mengalami gatal-gatal.

Apa yang menjadi pemicu alergi debu?

  • Tungau
    Merupakan penyebab paling umum alergi debu di rumah. Tungau hidup dan berkembang biak dengan mudah di tempat yang hangat dan lembab. Mereka biasanya tidak ditemukan di daerah beriklim kering. Tungau sering ditemukan di bantal, kasur, karpet dan furnitur berlapis kain. Tungau adalah penyebab umum asma pada anak-anak. Sebuah rumah tidak perlu terlihat kotor untuk memicu reaksi alergi tungau. Partikelnya terlalu kecil untuk dilihat dan sering tidak bisa dibersihkan dengan menggunakan prosedur pembersihan normal.
  • Mold
    Coba cek toilet Moms, apakah terdapat bercak kehitaman di lapisan lem silen di wastafel atau toilet? Itu adalah mold yang menjadi salah satu pemicu alergi. Mold adalah jamur yang membuat spora yang terbang menyebar di udara. Ada banyak jenis mold, beberapa jenis yang bisa dilihat mata, beberapa yang lain tidak bisa dilihat mata. Mold tinggal di mana-mana, kebanyakan tinggal di tempat yang lembab seperti kamar mandi dan dapur. Partikel kecil mold dan spora merupakan komponen umum debu rumah tangga dan mungkin penyebab sebenarnya dari alergi debu.
  • Bulu Binatang
    Hewan piaraan bisa menimbulkan masalah bagi penderita alergi dalam beberapa cara. Ketombe (serpihan kulit), air liur dan air seni dapat menyebabkan reaksi alergi, terutama bila dikombinasikan dengan debu rumah tangga. Di rumah yang memelihara burung, bulu dan kotoran burung juga bisa tersebar bersama debu rumah dan menimbulkan masalah bagi orang-orang yang alergi terhadapnya.
  • Serbuk sari (pollen)
    Serbuk sari berasal dari pohon, rumput, bunga dan gulma. Orang bisa alergi terhadap berbagai jenis serbuk sari. Misalnya, beberapa orang alergi terhadap serbuk sari dari pohon tertentu saja. Yang lain alergi terhadap serbuk sari dari hanya jenis rumput tertentu. Banyak anak-anak yang merasa gatal-gatal pada kulit mereka setelah berada didekat rumput liar atau tanaman dengan daun yang banyak.

Dengan mengenali pemicunya, diharapkan kita dapat lebih menjaga kebersihan area rumah, sehingga kemungkinan untuk alergi pun dapat berkurang.

Semoga bermanfaat.

By: Ricka Puspita Atmadja 

736 Ricka Puspita Atmadja

Comments

Related Stories