Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Anakku Tidak lagi Takut Mandi, Apa Tips & Triknya?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  05 Sep '19


Setelah mempunyai 2 orang anak, menurut aku fase paling mudah memandikan anak itu ketika masih baby, antara 0-6 bulan. Kenapa? Karena anak masih belum terlalu aktif dan masih mau di rebahkan. Nah ketika anak sudah mulai aktif bergerak disitulah tantangannya ketika mandi. Karena pasti saat terkena air anak akan refleks bergerak yang menyebabkn kita sulit untuk membersihkan tubuhnya dengan maksimal.

Semuanya dimulai Ketika Gwen mulai belajar duduk, aku pun memandikannya dengan posisi duduk, karena sudah tidak mau lagi di rebahkan. Tapi, setiap kali kepalanya harus disiram air pasti Gwen langsung kaget dan panik, malah jadi membuka mulut dan meminum airnya sehingga jadi tersedak. Peristiwa ini bukan sekali dua kali, tapi hampir setiap mandi dan semakin kesini yang ada Gwen jadi takut mandi karena takut akan disiram kepalanya. Apalagi ketika sudah mulai belajar berjalan tapi belum lancar, maunya mandi sambil berdiri, tapi tiap disiram kepalanya malah kaget dan mau jatuh. Pokoknya setiap hari aku selalu cari cara gimana supaya Gwen ngga takut kalo kepalanya disiram air. Alhasil setelah struggling selama setahun baju basah kuyup tiap mandiin Gwen, sekarang berhasil bikin Gwen enjoy kalo mandi tanpa nangis dan tanpa takut lagi kepalanya disiram air.

Gimana sih caranya?

1. Basahi tubuh terlebih dahulu. Setiap awal kena air pasti anak akan kaget, jadi daripada udah kaget ketika disiram kepalanya, maka aku selalu basahi tubuh terlebih dahulu, baru habih itu aku mulai siram kepalanya, jadi anak juga ngga akan kaget kalau kena air.

2. Say no to shower. Aku ngga tau dengan anak lainnya, tapi kalo Gwen semakin lama air ada diatas kepalanya dia akan semakin kesulitan bernapas. Jadi aku selalu sediain air di bak mandi dan mandiin dengan gayung. Karena ketika kepala disiram dengan gayung hanya butuh waktu beberapa detik saja air membasagi kepalanya, dan kalau dengan shower akan lebih lama. Maka dari itu gayung itu sangat membantu aku kalau mau basahin kepala dengan cepat.

3. Setiap habis siram kepala, langsung aku usap mukanya dari atas kebawah, jadi membuang air yang menetes pelan-pelan dari kepala. Dan anak ngga anak kaget atau meminum air yang masih mengalir dari kepala.

4. Bikin suasana mandi se funnnn mungkin! Boleh setel lagu, boleh sambil main bubble, jadi anak akan ke distract happy instead of inget bakal disiram air kepalanya. Kalau aku selalu ajak main bubble jadi bikin busa dari sabun, langsung dehh ceria mandinya.

5. Siapin mainan yang bisa dibawa ketika mandi. Ini bisa jadi salah satu alternatif juga, tapi aku ngga saranin rubber duck & sejenisnya karena cepet kotor, kalau aku biasanya bawa 1 gelas plastik kecil dan sendok mainan, jadi bisa main isi air ke gelas.

6. Last but not least, pilih shampoo yang tidak mengeluarkan banyak busa ketika digunakan. Serius, menurut aku ini salah satu faktor penting. Kenapa? Karena semakin banyak busanya, akan semakin lama juga kita membilas rambutnya, dan akan semakin sulit juga untuk harus membilas sampai bersih, karena kalau kelamaan dan terlalu banyak menyiram kepala anak, pasti anak akn merasa risih. Jadi pilihlah shampoo yang tidak mengandung banyak busa.

Nah jadi kira-kita itu lah cara-cara yang aku terapin selama kurang lebih setahun ini. Kok lama banget? Iya karena aku juga trial & error sampe benar-benar nemu apa sih yang membuat Gwen takut kalau mandi. Ternyata kalau kita tau penyebabnya, pasti bisa ada solusinya. Jadi jangan mudah menyerah ya moms :)

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

538 Shinta Abadi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tak Semua Ruam Kemerahan pada Newborns Itu Alergi, Ini Bedanya!

Nah, yang perlu Moms tahu nih, ternyata ruam dan bruntusan pada kulit bayi tak selalu menjadi tanda alergi.

6 Tanda-tanda Clogged Duct pada Payudara

ASI Moms sulit keluar dan ada benjolan di payudara? Waspada Moms, bisa jadi itu gejala clogged duct.

Payudara Bengkak karena ASI Tersumbat? Ini Cara Mengatasinya!

Dokter Lucia Nauli Simbolon, M. Sc., Sp. A. dalam sesi Pintar Bareng Babyo menjelaskan penyebab dan cara mengatasi masalah menyusui yang satu ini.

Tips Ajak Anak Travelling Naik Pesawat

Banyak orang tua baru yang juga punya kekhawatiran yang sama soal travelling naik pesawat bareng si Kecil. Mulai dari riweuh nyiapin [...]

Serba-serbi Susu Hamil

Biar ga bingung-bingung lagi, yuk, simak penjelasan serba-serbi susu hamil di artikel berikut!

6 Buah Promil Ini Tingkatkan Kesuburan, Mengapa?

Buah untuk promil mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin yang dapat membuat organ reproduksi Moms & Dads lebih subur.

4 Daftar Kegiatan Me Time Buat Moms yang Aktif

Memanjakan diri sendiri, walau hanya sebentar, sudah cukup kok untuk “ngecas” mental Moms! Cek ide aktivitas “me time” buat Moms di sini!

Tips Healing A La Minbyo, Mana yang Moms Pilih?

Definisi self healing adalah proses pemulihan untuk menyembuhkan diri dari luka batin di masa lalu. Zaman yang serba cepat dan instan ini telah [...]

Kemenkes RI Setop Peredaran Obat Sirup, Sebut Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut pada Anak

BREAKING NEWS! Kemenkes RI dalam Konferensi Pers tgl. 19 Oktober 2022 pukul 11.30 melarang pemakaian obat bebas dan obat bebas terbatas [...]

Tips Aman dari Gempa untuk Anak TK

Minbyo akan jelaskan nih, beberapa safety tips saat terjadi gempa untuk anak-anak, terutama yang usianya 3-4 tahun atau usia anak TK.

Teknik Pasti Sukses DBF untuk Moms dengan Flat Nipple

eski Moms sudah paham betul mengenai manfaat ASI bagi si Kecil dan sudah secara sadar ingin menyusui eksklusif, yang namanya halangan dan [...]

Nipple Shield untuk Apa? Yuk Pelajari dan Lihat Daftar Rekomendasinya

Ketahui kapan dan bagaimana harus menggunakan nipple shield agar proses menyusui Moms sukses dan menyenangkan.

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]