Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Anakku Tantrum, Bagaimana Sebaiknya?

MY STORY  |  PARENTING  |  12 Jun '19


Disini saya mau bahas soal anak tantrum ya. dengan bahasa sederhana bahasa awam yg sebisa mungkin saya buat supaya ibu ibu mengerti.

Tantrum adalah kondisi dimana baby atau anak mengalami emosi dan tidak mengerti bagaimana cara menjelaskannya akhirnya meluapkannya dengan hal-hal yg kurang baik seperti berteriak atau bahkan histeris, mengamuk, bahkan menyakiti diri sendiri.

Vano, anak saya salah satunya. dia sering mengalami tantrum beberapa waktu lalu. yang akhirnya ketika dia kambuh dia akan mulai memukul mukul kepalanya sendiri. bahkan jika tidak keliatan dia membenturkan kepalanya ke benda yg cukup keras. belajar dari pengalaman perlahan lahan saya mengerti bagaimana harus menyikapinya.

beberapa ibu diluar sana mungkin ada yg akhirnya terpancing menjadi emosi ketika anak tantrum. saya pun pernah. apalagi ketika si anak berteriak  histeris bahkan mengamuk di keramaian. apa kah benar jika meresponnya juga dengan emosi? jelas sekali salah ibu ibu.

ibaratnya api bertemu api akan semakin terbakar.anak tantrum yang dia butuh cuma perhatian. jika mulai mengamuk peluklah mereka. tanyakan baik baik ada apa. sekalipun baby belum bisa bicara biasanya dia akan menunjukannya dengan cara lain. vano saat ini berusia 11bulan. bicara belum lancar. baru bisa mengucap bubu (panggilan saya sbg ibunya) lalu susu dia ucapkan enum (minum) dadah,mama papa (orang tua saya) , dan mburr (jebur =mandi maksud dia hehe) . sisanya baru bisa menujuk dengan tangannya.jadi ketika vano tantrum saya peluk dia dan tanya ada apa, mau apa, dia akan menunjuk dengan tangannya apa yang dia mau.

pernah suatu hari dia mengamuk di sebuah restoran , membanting peralatan makan ke lantai dan mulai berteriak sambil menangis. jujur saat itu saya ingin sekali marah. tapi saya segera sadar bahwa vano hanya seorang bayi yang belum mengerti meminta sesuatu. saya redakan emosi dan mulai memeluk dia di depan tamu lain yg sedikit risih karna suaranya. dan saya tanya dia mau apa. dia mulai tenang dan menunjuk balon yang ada di atas kepala pelayan resto tersebut. akhirnya saya bicara baik baik ke pihak resto bertanya apa boleh meminta balon seperti itu sekalian minta maaf atas kegaduhan yang terjadi.

untuk yang bertanya apa saya menuruti semua kemauan anak saya. untuk sementara ini iya. selagi saya bisa dan ada saya kasih. bukan mengajarkan anak saya bisa dapat semua. tapi anak saya ada asma yang jika menangis terlalu lama nafasnya akan sesak. itu yang sangat saya hindari di waktu waktu ini.

ini pesannya, jika mereka mulai mengamuk peluklah jangan di marahi. karna emosi mu akan membuat mereka semakin jadi. percaya sama saya pelukan seorang ibu selalu bisa membuat anaknya tenang. tanyakan pada mereka apa yang mereka inginkan. jika bisa berikan ya berikan jika  tidak , beri pengertian dan alihkan pada yg lain . saya pun jika tidak bisa berikan saya alihkan dengan yang lain. seperti mengajak nya menggambar.vano suka sekali spidol dan kertas .

tantrum untuk seorang bayi yang belum bisa meminta adalah suatu emosi yang sangat wajar. tapi ingat ada batasan umur anak tantrum.jika sampai besar terus berkelanjutan segera konsultasikan kepada yang lebih mengerti

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1084 Wandha Nov

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.

Mengenal Tedak Siten

Apa itu Tedak Siten? Mari simak bersama berikut ini!

Keseruan Memiliki 2 Balita Dengan Jarak Dekat

Anak di usia balita adalah fase dimana anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, cenderung lebih egois, dan lebih senang berekplorasi. Usia [...]

Biasakanlah Mengucapkan Kata-kata Positif pada Anak

Seperti apa sih kata-kata positif yang baik untuk kita ucapkan pada anak? Simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker Pada si Kecil

Bagaimana cara merayu si Kecil agar mau mengenakan masker? Simak cerita berikut ini.

Tetap Harmonis Bersama Pasangan Di Masa Pandemi

Moms and Dads yuk usahakan sebisa mungkin untuk tetap rukun di masa pandemi ini. Simak cerita dan tips berikut ini ya.

Mengatasi Kakak Adik yang Sering Berantem

Kakak dan adik sering berantem? Simak tips ini yuk Moms and Dads.

Tips Agar Tetap Waras Saat 'Work From Home'

Siapa yang mulai merasa kurang waras akhir-akhir ini karena WFH? Simak yang berikut ini ya.

5 Hal Yang Perlu Ditingkatkan Ketika Menjadi Ibu Dua Anak

Moms, pernah merasa lelah dalam merawat dan membesarkan si Kecil? Baca cerita berikut ini ya.

Si Kecil Bosan di Rumah? Coba Tips Ini!

Moms dan si Kecil mulai merasa bosan di rumah? Coba tips berikut ini.

Yuk, Latih Anak Mengerjakan Tugas Rumah

Mumpung lagi di rumah aja, aku dan suami memanfaatkan momen ini untuk mengajarkan anak berbuat baik yaitu melibatkan dia mengerjakan pekerjaan rumah.

Peralihan Dari Wanita Karir Menjadi Stay at Home Mom

Siapa disini yang tadinya wanita karir, namun harus menjadi stay at home Mom semenjak si Kecil lahir? Baca cerita ini yuk!

Mengatasi Anak yang Bosan di Rumah

#DiRumahAja selama tiga minggu tentu bisa mengakibatkan si Kecil merasa bosan ya Moms and Dads. Simak cerita berikut ini yuk!

Di Rumah Aja? Yuk, Moms, Lakukan 5 Aktivitas Ini Bersama Si Kecil!

Berikut beberapa ide sederhana di rumah untuk membuat anak tetap beraktivitas sepanjang hari saat sekolah ditutup.

Tips Agar Anak Terhindar dari ISK

Sekitar 60-80% ISK disebabkan oleh kuman E. coli yang berasal dari saluran cerna. Sisanya bisa juga disebabkan oleh kuman lain seperti [...]

Yuk, Ajak Anak Bermain Boneka, Banyak Manfaatnya Looo!

Ternyata bermain boneka ada manfaatnya, lo, Moms. Jadi, tidak ada salahnya kalau Moms mengajak mereka bermain boneka.

Ajari Si Kecil Tentang Istimewanya Saling Bekerja Sama

Salah satu hal yang saya dan suami rasakan penting untuk diajarkan ke anak adalah tentang konsep kerjasama dengan orang lain.

Tips Menghentikan Kebiasaan Si Kecil Menggigit Kuku Tangan atau Kaki

Kebiasaan menggigit kuku tangan atau kaki adalah salah satu kebiasaan buruk yang tidak boleh disepelekan. Berikut tips menghentikan kebiasaan si [...]