Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Anakku Takut Keramas, Bagaimana Ini?

MY STORY  |  22 Apr '19


Anak takut keramas, bagi orangtua baru ini hal yang normal dan terjadi pada hampir semua anak. Tugas orangtua adalah memperkenalkan dan mendampingi anak agar tidak takut dengan air. Dan saya adalah salah satunya karena Clive termasuk anak yang takut air apalagi keramas.

Pasalnya saat keramas harus mengguyur air dari atas kepala, sering kali membuat anak ‘gelagapan’ dan merasa takut dengan air membasahi wajahnya. Saat waktunya keramas, Clive selalu saja membuat keributan yang berakhir dengan tangisan. Bahkan Clive sering melakukan hal yang tidak diinginkan, seperti memeluk erat saya sementara masih banyak sabun dan shampoo menempel dan otomatis membuat saya basah semua. Hal ini sering kali membuat saya kesal dan akhirnya saya mencoba beberapa trik supaya Clive tidak takut lagi saat keramas.

Tips agar anak tidak takut dikeramasi

  1. Berhenti berkata "ini tidak apa-apa kok"
    Tak jarang dengan reflek kita berkata tidak apa-apa keramas, hal ini justru membuatnya makin takut. Kehadiran air di wajah mereka seakan-akan membuat mereka akan tenggelam.

  2. Beri jaminan rasa aman, dengan mengalihkan perhatiannya
    Misalnya, “Clive, kan ada Mommy. Coba lihat ke atas ada cicak tidak, ya?” Lalu secara perlahan siram kepalanya dengan air. Bisa juga menyanyikan lagu kesukaannya, ini akan membuat anak menjadi lebih tenang. Jika masih kewalahan, kenapa tidak membawa serta mainan favoritnya. Bawa dengan bahan karet atau plastik, sehingga akan mudah dibersihkan dan tidak perlu dicuci terus menerus. Hal ini dilakukan anak tidak akan tegang.

  3. Mengajaknya menyukai
    Mungkinkah kita bisa mengajak anak menyukai kegiatan yang awalnya menimbulkan rasa takut? Jawabnya: Ya bisa! Biasanya saya menyetelkan beberapa lagu anak yang karakter di dalamnya sedang melakukan aktivitas mandi dan keramas lagu favorit Clive adalah cocomelon. Saat anak menonton, ajak anak memperhatikan bagaimana tokoh-tokoh tersebut keramas dan menggosok badan. Lalu suruh anak untuk mencoba mempraktekkannya.

Banyak anak berhasil melalui masa ini dengan mulus dalam waktu singkat. Tapi tak jarang ada juga yang perlu perjuangan panjang. Clive sesekali masih menolak keramas, tapi tidak pernah saya paksa! Kalau dipaksa khawatir anak menjadi trauma. Hadapi masa ini dengan sabar. Sejalan dengan waktu, sejalan dengan berkembangnya sosio-emosi anak, maka rasa takut saat dikeramas biasanya mereda dan lambat-laun hilang.

Semoga bermanfaat.

By: Sherly ocktavia

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

503 Sherly ocktavia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil. Meski

Rekomendasi ASI Booster versi Babyo

Agar Moms bisa menimbang kebutuhan ASI booster yang sesuai, berikut adalah rekomendasi ASI booster untuk ibu menyusui versi Babyo. Bagaimana [...]

Mom, Keluargaku Menentang Kehamilanku

SELASA CURHAT: Keluarga sama sekali ga membantu aku. Malah bilang, "Rasain tuh suruh siapa hamil". Padahal aku dan suamipun ga merencanakan. [...]

Mom, Apa Semua Harus Jadi Salahku?

SELASA CURHAT: Akhir-akhir ini aku ngerasa hambar dengan pernikahan ini. Aku harus gimana ya moms?

Mom, Apakah Ngidamku Ini Salah?

SELASA CURHAT: Aku ingin curhat seputar ngidam pada kehamilan, ada yang bilang ngidam itu wajar dan ada juga yang bilang itu cuma [...]

Kesempatan Kedua Setelah Kehilangan

APA KATA MOMS? Bagaimana sih menurut Moms tentang kesempatan kedua setelah kehilangan (keguguran)?

Mom, Aku Tidak Didukung Menyapih

SELASA CURHAT: Aku merasa tidak mendapat support darimana-mana. Di rumah sendiri aku kewalahan, di rumah orangtua aku dikomentarin.

Mau Me Time, Tapi Kepikiran Anak

APA KATA MOMS? Bagaimana sih cara Moms menjalani me time tanpa rasa bersalah dan jadi kepikiran soal anak?

Moms, Apakah Hubunganku dengan Suami Sehat?

SELASA CURHAT: Aku seringkali berdebat sama suami soal banyak hal termasuk cara mendidik anak. Apa memang semua rumah tangga awalnya begini ya [...]

Salah Banget Ya, Gunakan MPASI Instan?

APA KATA MOMS? Tentunya Moms punya pertimbangan sendiri memilih MPASI Instan, yang notabene juga bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Moms, Anakku Susah Diatur

SELASA CURHAT: Anakku belakangan ini dia mudah sekali ngambek kalo kehendaknya gak di turutin, mulai agak jail sama teman-temannya, dan kalo aku [...]

Komentar Nyebelin untuk Ibu Hamil

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi orang yang suka berkomentar 'nyebelin' untuk ibu hamil?

Anti Panik Menjaga Kesehatan Gigi Anak 0-3 Tahun

Hallo parents, pernah tidak merasa kesulitan menjaga kesehatan gigi anak?

Membuat Anak Mencintai Negara Indonesia

Sudahkah kita sebagai warga negara Indonesia memiliki rasa cinta kepada tanah air kita?

Moms, Aturan Anakku Dilanggar Kakek Neneknya

SELASA CURHAT: Aku selama dirumah jarang banget kasih anakku jajanan MSG atau cokelat yang ga bagus untuk giginya. Eh giliran di rumah kakek [...]

Serba Salah Menjadi Orang Tua

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi kondisi serba salah menjadi orang tua?

Mom, Pandemi Ini Membuatku Goyah

SELASA CURHAT: Ekonomi yang lagi surut karna pekerjaan suami terkena dampak, ditambah kondisi anak yang memerlukan perhatian penuh.

Asisten Rumah Tangga, Perlu atau Tidak?

APA KATA MOMS? Sayangnya, kadang anak malah jadi lebih dekat pada asisten rumah tangga atau pengasuhnya daripada bersama dengan Moms. Bagaimana [...]

Mom, Aku Lelah!

Setiap Selasa, Babyo ingin memberikan kesempatan Moms untuk curhat seputar kehamilan dan parenting. Akan ada curhat Moms yang akan Babyo post [...]

Suka Duka Bersama Mertua

APA KATA MOMS? Berhubung harus di rumah aja, minggu ini Babyo ingin mendengar pendapat Moms tentang tinggal bersama dengan mertua, nih.