Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Anakku Takut Keramas, Bagaimana Ini?

MY STORY  |  22 Apr '19

Anak takut keramas, bagi orangtua baru ini hal yang normal dan terjadi pada hampir semua anak. Tugas orangtua adalah memperkenalkan dan mendampingi anak agar tidak takut dengan air. Dan saya adalah salah satunya karena Clive termasuk anak yang takut air apalagi keramas.

Pasalnya saat keramas harus mengguyur air dari atas kepala, sering kali membuat anak ‘gelagapan’ dan merasa takut dengan air membasahi wajahnya. Saat waktunya keramas, Clive selalu saja membuat keributan yang berakhir dengan tangisan. Bahkan Clive sering melakukan hal yang tidak diinginkan, seperti memeluk erat saya sementara masih banyak sabun dan shampoo menempel dan otomatis membuat saya basah semua. Hal ini sering kali membuat saya kesal dan akhirnya saya mencoba beberapa trik supaya Clive tidak takut lagi saat keramas.

Tips agar anak tidak takut dikeramasi

  1. Berhenti berkata "ini tidak apa-apa kok"
    Tak jarang dengan reflek kita berkata tidak apa-apa keramas, hal ini justru membuatnya makin takut. Kehadiran air di wajah mereka seakan-akan membuat mereka akan tenggelam.

  2. Beri jaminan rasa aman, dengan mengalihkan perhatiannya
    Misalnya, “Clive, kan ada Mommy. Coba lihat ke atas ada cicak tidak, ya?” Lalu secara perlahan siram kepalanya dengan air. Bisa juga menyanyikan lagu kesukaannya, ini akan membuat anak menjadi lebih tenang. Jika masih kewalahan, kenapa tidak membawa serta mainan favoritnya. Bawa dengan bahan karet atau plastik, sehingga akan mudah dibersihkan dan tidak perlu dicuci terus menerus. Hal ini dilakukan anak tidak akan tegang.

  3. Mengajaknya menyukai
    Mungkinkah kita bisa mengajak anak menyukai kegiatan yang awalnya menimbulkan rasa takut? Jawabnya: Ya bisa! Biasanya saya menyetelkan beberapa lagu anak yang karakter di dalamnya sedang melakukan aktivitas mandi dan keramas lagu favorit Clive adalah cocomelon. Saat anak menonton, ajak anak memperhatikan bagaimana tokoh-tokoh tersebut keramas dan menggosok badan. Lalu suruh anak untuk mencoba mempraktekkannya.

Banyak anak berhasil melalui masa ini dengan mulus dalam waktu singkat. Tapi tak jarang ada juga yang perlu perjuangan panjang. Clive sesekali masih menolak keramas, tapi tidak pernah saya paksa! Kalau dipaksa khawatir anak menjadi trauma. Hadapi masa ini dengan sabar. Sejalan dengan waktu, sejalan dengan berkembangnya sosio-emosi anak, maka rasa takut saat dikeramas biasanya mereda dan lambat-laun hilang.

Semoga bermanfaat.

By: Sherly ocktavia

Copyright by Babyologist

108 Sherly ocktavia

Comments

Related Stories