Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Anak Usia 3 Tahun Sudah Bisa Apa Saja? Yuk, Intip Milestone-nya!

MY STORY  |  17 Oct '22


Moms & Dads pasti sudah tahu yah dengan istilah “Golden Age” pada anak-anak. Usia 0 hingga 6 tahun disebut sebagai masa keemasan anak-anak. Sebab, pada usia-usia itu, otak anak berkembang dengan pesat. Untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak, yang pada akhirnya akan mengoptimalkan tumbuh kembangnya secara keseluruhan, orang tua perlu memberikan stimulasi yang tepat.

Tidak hanya itu, orang tua juga perlu memperhatikan milestones sesuai usia si Kecil. Hal ini sebagai penanda apakah si Kecil sudah bertumbuh kembang dengan normal atau butuh perhatian khusus. Jika Moms & Dads segera mendeteksi sedari dini bahwa si Kecil mengalami keterlambatan tumbuh kembang, kondisi tersebut akan lebih dapat diatasi daripada ketika terdeteksi belakangan.

Perkembangan anak usia 3 tahun

Umur 3 tahun bisa dibilang sebagai saat-saat krusial tumbuh kembang fisik dan kecerdasan si Kecil. Saat usia 2 tahun, si Kecil biasanya sudah bisa berdiri dan berjalan. Sehingga, saat usianya 3 tahun, keinginannya untuk mengeksplorasi lingkungan semakin tinggi. Pada usia ini juga si Kecil sudah mulai disapih meninggalkan kebiasaan minum ASI, sehingga orang tua juga perlu memperhatikan gizinya juga.

Yuk, simak daftar anak usia 3 tahun sudah bisa apa saja berikut ini:

Perkembangan fisik anak usia 3 tahun

·         Berlari dan melompat dengan mudah

·         Berjalan naik tangga tanpa dibantu

·         Mengendarai sepeda roda tiga

·         Mencuci dan mengeringkan kedua tangan

·         Menumpuk 10 blok

·         Menggambar garis lurus dan lingkaran dengan mudah

·         Bisa berdiri di ujung jari kaki

·         Menggunakan sendok dengan baik dan makan sendiri

·         Memakai dan mencopot baju sendiri kecuali mengancingkan baju dan mengikat tali

·         Dapat berkonsentrasi pada tugas selama 8/9 menit

·         Memiliki semua 20 gigi sulung

·         Penglihatan mendekati 20/20

·         Bisa mengontrol diri agar tidak buang air kecil dan besar sembarangan

·         Dapat tidur dengan total 11-13 jam, mungkin masih tidur siang sebentar

Perkembangan kemampuan verbal anak usia 3 tahun

·         Dapat mengatakan 500-900 kata antara usia 3 dan 4 tahun

·         Perkataaan dapat dimengerti oleh orang lain

·         Dapat mengingat sajak atau lirik sederhana

·         Menggunakan kata “tolong” dan “terima kasih”

·         Menyebut diri sendiri dengan menggunakan nama sendiri

·         Dapat menyebutkan nama-nama warna

Perkembangan pemahaman anak usia 3 tahun

·         Memahami perbedaan ukuran (seperti besar dan kecil)

·         Memahami past tense

·         Memahami kalimat panjang

·         Memahami kata depan

·         Menggunakan kata ganti dengan benar

·         Bertanya “mengapa” terus-menerus

·         Menghitung hingga empat objek pada usai 4 tahun

·         Menyebutkan nama lengkap dan umur

·         Mungkin memiliki ketakutan akan hal-hal tertentu seperti kegelapan, monster di bawah tempat tidur, dan monster di saluran pembuangan

·         Berupaya untuk memecahkan masalah

·         Mengingat peristiwa tertentu

·         Dapat menunjuk ke gambar yang benar ketika ditanya pertanyaan sederhana tentang itu

Perkembangan pemahaman anak usia 3 tahun ketika berinteraksi dengan orang lain

·         Mulai berbagi dan suka bermain dengan anak lain

·         Bisa bergiliran

·         Temper tantrum lebih jarang terjadi

·         Mulai menunjukkan perasaan dengan cara yang dapat diterima secara sosial

Cara mendukung tumbuh kembang anak usia 3 tahun

·         Luangkan waktu agar si Kecil berbicara dengan Moms & Dads

·         Ajari si Kecil bagaimana sesuatu bekerja

·         Dorong si Kecil bermain dengan anak-anak lain

·         Dorong si Kecil untuk bercerita kepada orang tua

·         Dengarkan si Kecil dan tunjukkan bahwa orang tua senang dengan pembicaraannya

·         Biarkan si Kecil melakukan hal sebanyak mungkin untuk dirinya sendiri, misalnya mandiri dalam berpakaian, menyisir rambut, dan menyikat gigi

·         Minta si Kecil membantu tugas-tugas sederhana seperti mengambil mainan

·         Main pretend play menjadi profesi lain seperti dokter, suster, pilot, dsb.

·         Nyanyikan lagu anak-anak dan ajari maksud dari lirik lagunya

·         Bacakan cerita bersama si Kecil dan mintalah dia untuk menyebutkan gambar dalam cerita atau menceritakan kembali bagian dari cerita

·         Berlatih berhitung

·         Bermain dengan tanah liat dan play dough

·         Pujilah si Kecil dan bilanglah bahwa Moms & Dads bangga dengan karya seni apa pun

·         Gantung karya seni si Kecil di rumah

·         Bermain bola

·         dsb.

Rekomendasi mainan anak 3 tahun

Mainan Montessory Edukasi Berhitung Angka

Kisaran harga: Rp35.000,00

Salah satu metode pendidikan anak-anak yang populer sekarang ini adalah metode Montessori. Metode tersebut dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori pada tahun 1900. Metode ini mengembangkan pola pikir kritis, tindakan tegas, kerja sama dalam tim, dan mengasah kemandirian.

Dalam praktiknya, Moms & Dads dapat menyediakan alat untuk belajar termasuk mainan Montessori. Nah, Mathematical Intelligence Stick ini merupakan media yang dapat membantu si Kecil belajar Matematika sederhana. Satu paket mainan terdiri dari 24 kartu angka dan simbol serta 48 stik. Dengan mainan ini, si Kecil diajak untuk mengenal angka, mengenal warna, proses matematika, dan berhitung.

Mainan Kitchen Koper Masak-masakan

Kisaran harga: Rp124.000,00

Sewaktu kita kanak-kanak dulu, pastinya kita pernah mengenal mainan masak-masakan, ya? Nah, kitchen set keren ini terdiri dari satu set kompor dengan satu tungku, peralatan memasak, dan sayuran mainan. Kitchen set dalam bentuk tool bag ini dapat dirakit sendiri oleh si Kecil sehingga mengasah kreativitas dan ketekunannya.

 

Mainan Edukasi Anak Tomcat Cerita Bicara Suara

Kisaran harga: Rp124.000,00

Talking Tomcat tidak asing lagi bagi mereka yang pernah menginstall aplikasi hape si Kucing Abu-abu ini. Mainan ini bisa menirukan suara dan akan memberikan pengetahuan seputar lalu lintas, alat transportasi, matematika sederhana, buah-buahan, hewan, orang, dan sopan santun berbahasa. Bila disentuh kepalanya, si Kucing Virtual ini akan mengeluarkan suara “jangan pukul saya”, dan jika disentuh ekornya akan ngomong “bocah nakal, Anda!”. Unik, bukan?

Talking Tom juga bisa menceritakan 5 kisah fabel yaitu Si Singa dan Si Tikus, Manusia Kue Jahe, Dongeng Si Pusi dan Si Belang, Dongeng Sebelum Tidur Si Burik, dan Cerita Legenda Indonesia. Mainan kucing bersuara ini juga bisa melantunkan 7 lagu yaitu Naik Kereta Api, Balonku Ada Lima, Potong Bebek Angsa, Bangun Tidur, Tek Kotek, Bintang-bintang, dan Kalau Kau Suka Hati.

Mainan Montessori ini tingginya 31 cm dan dioperasikan dengan menggunakan baterai AA 3 pcs.

 

DIY Hamburger Play Doh Set Toys

Kisaran harga: Rp114.500,00

Play Doh adalah merek plastisin lilin mainan yang sudah populer di kalangan anak-anak dan dewasa. Set ini bertemakan makanan hamburger yang terdiri dari 12 warna playdoh. Material yang digunakan sangat aman dimainkan oleh anak-anak. Aman apabila termakan dan tertelan, tetapi tentu saja lebih baik jika si Kecil diberikan pengertian untuk tidak memakannya. Bermain playdoh bisa meningkatkan daya imajinasi anak-anak.

Stacking Ring Toss

Kisaran harga: Rp50.000,00

Moms & Dads mungkin ingat pernah mempunyai mainan ini saat kecil. Mainan lempar gelang dan menumpuk gelas ini bisa dimainkan bersama-sama dengan si Kecil ya. Tujuannya untuk melatih kemampuan sensorik, motorik, koordinasi mata-tangan, dan konsentrasi, serta melatih gerakan menyusun, melempar, mengenal warna, dan berhitung. Mainan ini mudah dibongkar pasang sehingga bisa dibawa ke mana-mana. Bisa untuk permainan indoor maupun outdoor. Dengan warna yang mencolok, menarik perhatian si Kecil.

 

Mainan Edukasi Kereta Api Montessori

Kisaran harga: Rp136.000,00

Anak-anak banyak yang gemar kereta api. Apabila si Kecil termasuk di antaranya, mainan ini sangat cocok sekali untuknya. Mainan kereta api ini bisa berjalan sendiri sambil menyusun domino secara otomatis di belakangnya. Reaksi berantai domino berwarna cerah ini tidak hanya menarik untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa. Mainan ini dapat menginspirasi daya pikir serta melatih kesabaran. Mainan yang satu setnya terdiri dari 80 pcs domino ini terbuat dari plastik berkualitas tinggi yang aman untuk anak-anak. Untuk mengoperasikannya, dibutuhkan 3 buah baterai A3.

 

Mainan edukasi Puzzle Board Paku Jamur

Kisaran harga: Rp49.500,00

Mainan puzzle tentu saya tak lekang dimakan zaman. Tak terkecuali, puzzle board paku jamur ini. Satu setnya terdiri dari 296 paku berbentuk pion jamur dengan warna bervariasi. Si Kecil dapat dilatih memasangkan pion ke dalam lubang untuk membentuk gambar. Puzzle mosaik ini sudah dilengkapi kertas panduan untuk menyusun berbagai gambar. Kelebihan permainan ini adalah dapat digunakan untuk melatih imajinasi, kreativitas, motorik, kecerdasan si Kecil, dan meningkatkan bonding apabila dimainkan bersama dengan orang tua. Moms juga dapat mengarahkan si Kecil untuk mengurangi frekuensi bermain gadget.

 

Papan Titian Keseimbangan

Kisaran harga: Rp285.000,00

Si Kecil juga harus diajak untuk aktif berkegiatan ya, Moms. Nah, balance beam ini bisa digunakan untuk melatih kekuatan otot kaki, keseimbangan tubuh, menggerakan badan dan kaki untuk kekuatan otot dan koordinasi, serta keberanian dan percaya diri. Dari kayu solid mahoni dan finishing waterbased non-toxic, papan titian keseimbangan ini ramah anak. Ujung papannya pun berbentuk bulat tidak tajam untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Xylophone Aneka Motif

Kisaran harga: Rp39.000,00

Alat musik mainan sangat baik untuk mengembangkan kreativitas si Kecil. Tidak terkecuali xylophone mainan ini, dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan memperkenalkan si Kecil terhadap bunyi, suara, dan melodi. Motifnya ada yang bergambar buaya, dino, dan serangga.

Learning Resources Birds in A Nest

Kisaran harga: Rp270.000,00

Mainan Montessori visual & tactile unik yang satu ini mengajarkan si Kecil untuk menghitung, mencocokkan, mengelompokkan, mengenali pola, menambah, mengurang, meningkatkan imajinasi, pengembangan kemampuan berbahasa, kemampuan motorik halus, koordinasi mata-tangan, membandingkan ukuran, dan mengidentifikasi warna. Terdiri dari 24 anak burung dalam 6 warna, 6 induk burung, 6 sarang warna-warni, dan pedoman aktivitas.

Setelah tahu apa saja perkembangan anak usia 3 tahun, gimana dengan si Kecil? Terus dukung tumbuh kembagnya dengan memberikan stimulasi yang tepat sesuai usia dan kemampuan, ya Moms!

Referensi: BFI, CHOC

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2566 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Dampak Perselingkuhan Terhadap Kondisi Emosional Anak

Tak hanya berdampak negatif pada pasangan, hadirnya orang ketiga dalam sebuah pernikahan juga sangat mempengaruhi kondisi emosional anak.

Ngerasa PakSu Kurang Turut Andil dalam Mengasuh si Kecil? Ternyata Ini Sebabnya

Pernah ngerasa begini, gak, Moms? Apakah karena PakSu bekerja jadi secapek itu sampai nggak mau ngurus anak?

Pentingnya Dukungan Kerabat Terdekat untuk Moms yang Keguguran

Keguguran saat bayi masih dalam kandungan atau selama proses persalinan dapat membuat orang tua, terutama Ibu, merasa amat sangat kesepian. [...]

10 Hal Yang Bisa Dilakukan Keluarga untuk Dukung Postpartum Moms

Sebagai keluarga, Anda dapat mendukung secara emosional seorang Ibu melalui hal-hal berikut:

5 Mainan Penghilang Stres Bantu Si Kecil Kendalikan Emosi

Sama seperti orang dewasa, anak-anak dapat dibimbing untuk menemukan cara mengelola stres dengan sehat. Salah satunya, dengan menyalurkan energi [...]

Si Kecil Alami Pubertas Dini, Berbahayakah?

Pubertas dini ataupun terlambat merupakan hal yang tidak perlu membuat Moms panik atau khawatir. Tak semua perubahan tubuh yang terjadi lebih [...]

Tips Memilih Hotel untuk Anak

Satu hal yang perlu diperhatikan saat merancang Staycation adalah memilih hotel yang tepat. Hotel tersebut harus dapat mengakomodasi kebutuhan [...]

Daftar Baby Carrier Terbaik untuk Temani JJS Akhir Tahun

Baby carrier apa yang bagus? Yuk, kita simak beberapa rekomendasi Minbyo berikut ini!

Tips Staycation Bersama Toddler

Supaya liburan bersama toddler semakin nyaman saat staycation, yuk, simak beberapa tips berikut!

Selamat Hari Ibu 2022, Babyo Moms!

Sebagai seorang Ibu, tentunya Moms juga ingin tahu asal muasal mengapa ada Hari Ibu, siapa pemrakarsanya di Indonesia, dan lain sebagainya. Yuk, [...]

Tips Agar Si Kecil Tidak Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan adalah salah satu jenis motion sickness. Kondisi ini terjadi karena otak menerima informasi yang bertentangan dari telinga [...]

Babyo Awards 2022 Hadir Lagi, Siapa Saja Nominee-nya?

Tentang Babyo Awards 2022 Babyologist kembali mempersembahkan Babyo Awards 2022, sebuah ajang apresiasi kepada Moms yang selalu berkenan [...]

Daftar Diaper Bag untuk Travelling yang Praktis dan Stylish Buat Moms

Yuk, simak daftar rekomendasi diaper bag yang bagus dari Babyologist berikut ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi barang yang hendak Moms check [...]

Akhir Tahun di Rumah Aja? Agendakan Nonton Bareng Film Anak Berikut!

Moms tetap harus pintar-pintar memilah milih judul film yang cocok dengan usia si Kecil. Jangan sampai film yang Moms pilih terlalu rumit untuk [...]

Daftar Film Drakor Buat Tontonan Akhir Tahun Moms

Bingung memilih mau nonton Drakor yang mana dulu? Cek rekomendasi Minbyo di bawah ini!

10 Tips Memertahankan Kedamaian dan Keharmonisan Keluarga

Kedamaian dan keharmonisan merupakan dua nilai yang membuat ikatan keluarga kuat dan ideal. Karena dengan begitu, kesejahteraan anggota keluarga [...]

5 Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Media

Supaya si Kecil tidak kecanduan media karena kemudahan aksesnya melalui gadget, terapkan beberapa tips berikut Moms!

Tips Liburan Anti Ngambek A La Minbyo Babyologist

Sebelum masuk ke Tips Liburan Anti Ngambek Ala Babyo, Moms perlu tahu nihm sebenarnya, apa sih yang bikin si Kecil rewel saat liburan?

Siapkan si Kecil Hadapi Tantangan di Masa Kini

Bagaimana tips supaya si Kecil bisa mandiri dalam mengatasi tantangan dan masalah di masa kini?

Si Kecil Sering Begadang, Wajarkah?

Apa dampak si Kecil yang begadang untuk tumbuh kembangnya?