Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Anak Pertama Masih Kikuk? Tetap Wajib Bonding Dengannya ya Moms

MY STORY  |  26 Apr '19


Kelahiran anak pertama bukan cuma anugerah, tapi rasanya campur aduk jadi satu. Ya seneng, takjub, bersyukur. Tapi ga jarang nih kita sebagai mama newbie kebingungan dan takut menghadapi anak bayi yang masih sekecil itu, serapuh itu, takut salah pegang, takut salah perlakuan, ada pikiran "ih belom bisa". Ini semua wajar banget kok Moms, tapi jangan keterusan ya.

Kita sebagai orang tua, wajib banget punya bonding time sama anak. Bonding adalah ikatan antara ibu dan anak yang bisa menciptakan rasa aman, nyaman, dan kehangatan bagi si anak. 

Bonding antara Moms dan si Kecil bisa dilakukan dengan beberapa cara:

Mendekap si Kecil perlahan agar dia merasa nyaman di pelukan mamanya. Dengan begitu dia akan menyadari bahwa dia sedang mendapatkan kasih sayang dari orangtuanya.
Memberikan kebutuhan nutrisi terbaik bagi si bayi dengan ASI. Sambil memberikan ASI, Moms bisa merasakan skin to skin dengan si bayi, ini bisa menjalin kontak batin yang lebih mendalam.
Biarkan si Kecil bebas bereksplorasi dengan sekitarnya. Awasi, bukan batasi hal yang memicu keinginan tahuan si Kecil.
Meluangkan waktu bermain bersama saat anak sudah mulai bisa bermain. Mama harus bisa fleksibel, jangan terlalu kaku, agar si Kecil bisa nyaman berada di dekat Moms.

Bonding sudah bisa dilakukan sejak bayi masih dalam kandungan loh, misal dengan sering mengelus perut Moms dan mengajak bicara si janin. Janin akan bereaksi dengan hal tersebut, dan mengetahui di luar sana Moms sedang menunggunya dengan gembira.

Usahakan kita bisa mengurus semua kebutuhan anak sendiri. Walau awalnya masih kikuk urus anak pertama, minta bantuan orang tua, suami, mertua, bahkan tetangga, tapi cobalah buat 80-90% anak dipegang sama kita sendiri. Memang tidak mudah, tapi pelan-pelan pasti bisa kok. Dan lama-lama kita juga akan tahu kebiasaan si anak tuh apa aja, ini penting untuk mempermudah aktivitas kita juga ya. Terutama buat ibu rumah tangga, harus pinter bagi waktu antara anak, suami, dan tugas beberes rumah.

Kebetulan saya sendiri memang yatim piatu, jadi sebisa mungkin pengen banget ngerangkul anak. Yang tadinya kasi ASI harus gendong, pelan-pelan bisa sambil ajak si baby boboan, jadi saya bisa sambil istirahat juga dan tidur malam ga harus bangun angkat-angkat lagi, yang tadinya ga bisa mandiin akhirnya bisa, gendong pakai kain pun gitu, tadinya butuh bantuan nenek/ayahnya sekarang udah bisa sendiri. 

Jadi seorang ibu memang harus super strong dan banyak belajar lagi. Belajar sabar, belajar melakukan peran sebagai ibu, belajar segala hal dari awal lagi pokoknya.

Pesan saya untuk semua new moms, kalaupun kita masih punya orang tua, coba minta beliau ajarkan kita saja cara-cara mengasuh dan merawat anak. Sebaiknya kita tidak 100% kasih anak kita untuk beliau urus. Karena bagaimanapun juga itu anak kita sendiri, sudah sepantasnya menjadi kewajiban kita untuk merawat dan menjaganya. Dan supaya kita ga menyesal di kemudian hari, karena anak lebih dekat dengan orang lain dari pada sama ibunya sendiri. 

Akhir kata semangat buat kita semua. Wanita itu harus kuat, bisa menempatkan diri dalam berbagai situasi, dan harus mau terus belajar banyak hal.

Semoga bermanfaat.

By: Resti Tri Purnawiranti

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

391 Resti Tri Purnawiranti

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil. Meski

Rekomendasi ASI Booster versi Babyo

Agar Moms bisa menimbang kebutuhan ASI booster yang sesuai, berikut adalah rekomendasi ASI booster untuk ibu menyusui versi Babyo. Bagaimana [...]

Mom, Keluargaku Menentang Kehamilanku

SELASA CURHAT: Keluarga sama sekali ga membantu aku. Malah bilang, "Rasain tuh suruh siapa hamil". Padahal aku dan suamipun ga merencanakan. [...]

Mom, Apa Semua Harus Jadi Salahku?

SELASA CURHAT: Akhir-akhir ini aku ngerasa hambar dengan pernikahan ini. Aku harus gimana ya moms?

Mom, Apakah Ngidamku Ini Salah?

SELASA CURHAT: Aku ingin curhat seputar ngidam pada kehamilan, ada yang bilang ngidam itu wajar dan ada juga yang bilang itu cuma [...]

Kesempatan Kedua Setelah Kehilangan

APA KATA MOMS? Bagaimana sih menurut Moms tentang kesempatan kedua setelah kehilangan (keguguran)?

Mom, Aku Tidak Didukung Menyapih

SELASA CURHAT: Aku merasa tidak mendapat support darimana-mana. Di rumah sendiri aku kewalahan, di rumah orangtua aku dikomentarin.

Mau Me Time, Tapi Kepikiran Anak

APA KATA MOMS? Bagaimana sih cara Moms menjalani me time tanpa rasa bersalah dan jadi kepikiran soal anak?

Moms, Apakah Hubunganku dengan Suami Sehat?

SELASA CURHAT: Aku seringkali berdebat sama suami soal banyak hal termasuk cara mendidik anak. Apa memang semua rumah tangga awalnya begini ya [...]

Salah Banget Ya, Gunakan MPASI Instan?

APA KATA MOMS? Tentunya Moms punya pertimbangan sendiri memilih MPASI Instan, yang notabene juga bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Moms, Anakku Susah Diatur

SELASA CURHAT: Anakku belakangan ini dia mudah sekali ngambek kalo kehendaknya gak di turutin, mulai agak jail sama teman-temannya, dan kalo aku [...]

Komentar Nyebelin untuk Ibu Hamil

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi orang yang suka berkomentar 'nyebelin' untuk ibu hamil?

Anti Panik Menjaga Kesehatan Gigi Anak 0-3 Tahun

Hallo parents, pernah tidak merasa kesulitan menjaga kesehatan gigi anak?

Membuat Anak Mencintai Negara Indonesia

Sudahkah kita sebagai warga negara Indonesia memiliki rasa cinta kepada tanah air kita?

Moms, Aturan Anakku Dilanggar Kakek Neneknya

SELASA CURHAT: Aku selama dirumah jarang banget kasih anakku jajanan MSG atau cokelat yang ga bagus untuk giginya. Eh giliran di rumah kakek [...]

Serba Salah Menjadi Orang Tua

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi kondisi serba salah menjadi orang tua?

Mom, Pandemi Ini Membuatku Goyah

SELASA CURHAT: Ekonomi yang lagi surut karna pekerjaan suami terkena dampak, ditambah kondisi anak yang memerlukan perhatian penuh.

Asisten Rumah Tangga, Perlu atau Tidak?

APA KATA MOMS? Sayangnya, kadang anak malah jadi lebih dekat pada asisten rumah tangga atau pengasuhnya daripada bersama dengan Moms. Bagaimana [...]

Mom, Aku Lelah!

Setiap Selasa, Babyo ingin memberikan kesempatan Moms untuk curhat seputar kehamilan dan parenting. Akan ada curhat Moms yang akan Babyo post [...]

Suka Duka Bersama Mertua

APA KATA MOMS? Berhubung harus di rumah aja, minggu ini Babyo ingin mendengar pendapat Moms tentang tinggal bersama dengan mertua, nih.