Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Anak Kecanduan Gadget? Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati

MY STORY  |  PARENTING  |  20 Oct '18


Hi Moms! Beberapa waktu yang lalu, saya ngobrol dengan seorang teman yang bilang bahwa anaknya kecanduan gadget. Saya tanya, apa definisi kecanduan gadget? Katanya, kecanduan gadget adalah saat seorang anak sudah tidak lagi bisa bermain sendiri alias "mati gaya" saat tidak ada gadget.

Saya juga sering melihat anak usia SD yang tidak bisa diam bahkan menjadi agresif saat tidak diberi akses ke gadget, di tempat umum pula. Orang tuanya tampak malu dan menyesal tapi tidak bisa berbuat apa-apa.

Saya jadi bercermin dan merenung. Kalau sudah seperti itu, tentu sangat sulit untuk mengubahnya. Karena anak sudah terlanjur tidak bisa bermain kreatif dengan apa yang ada di sekitarnya (seperti jaman kita dulu masih kecil) dan sudah terbentuk pola tingkah laku yang tidak sabar, tidak fokus, bahkan agresif dan tidak tahu tata krama. Karena dalam dunia gadget semua berjalan cepat, instan, dan tidak ada norma sosial maupun kesopanan. Dunia di mana anak bisa bertindak seenaknya dan tidak ada konsekuensi.

Semua pola tingkah laku itu pastinya tidak terjadi sekejap, namun karena anak rutin diberi gadget setiap hari sejak kecil. Sampai satu titik sudah tidak bisa lagi dihentikan. 

Kalau kita mau jujur, memberikan gadget ke anak sebenarnya adalah tanda keegoisan kita sebagai orang tua. Karena tidak ada mainan apa pun yang bisa membuat anak diam dan 'tersedot' masuk seperti gadget. Dan ketika anak diam, kita juga bisa bebas 'me time' (sering kali dengan gadget kita sendiri), dan kita terbebas dari keharusan untuk berpikir kreatif dan mengajak anak bermain.

Menjadi orang tua jaman now memang berat. Tapi apa yang kita tabur sekarang, akan kita tuai di masa depan. Kalau kita menabur kebiasaan yang buruk dalam diri anak, kita akan menuai perilaku yang buruk, dan karakter yang buruk.

Jadi saat ini saya terus berjuang untuk menabur kebiasaan yang baik untuk anak. Kebiasaan kreatif bermain dengan apa yang ada saat bosan. Kebiasaan makan dengan nikmat bersama saya tanpa harus sambil menonton. Agar anak saya tumbuh menjadi pribadi yang kreatif, "menginjak bumi", bisa terkoneksi dan bermain dengan apa saja yang ada di sekitarnya, sehingga dia tetap happy dan tidak mudah tantrum.

Caranya? Dengan bermain bersama dia. Terkoneksi dengan dia. Merelakan kenyamanan saya untuk investasi waktu bermain dengan dia. Memberikan aktivitas yang merangsang pancaindranya supaya saraf-saraf di otaknya terkoneksi dengan baik. Memberi contoh bagaimana bermain dengan kreatif. Gunakan apa saja yang ada, kita tidak akan pernah kehabisan mainan.

Mungkin saya akan susah di awal, tapi kalau saya berhasil membesarkan anak yang kreatif, sabar, dan punya kebiasaan yang baik, nantinya saya akan menuai hasil yang baik dan justru hidup saya akan lebih mudah.

Inspire your child to play. Jadilah inspirasi untuk anak-anak kita.

Semoga bermanfaat. 

By: Anastasia Nursentana

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1768 Anastasia Nursentana

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Kapan Moms Perlu Mulai Belajar Menyusui?

Mengingat manfaat menyusui yang sangat banyak itulah, penting bagi Moms untuk mempelajari cara menyusui sejak dini. Nah, kapankah kira-kira [...]

Ini 5 Gesture Moms & Dads yang Disukai Si Kecil

Apa saja sih, gesture yang disukai si Kecil?

Ini Tugas PakSu Sebagai Support System Moms yang Baru Lahiran

Setelah melahirkan, tugas Moms justru bertambah. Di sinilah, peran PakSu besar sekali dalam membantu Moms melewati masa-masa krusial mengurus bayi.

Kegiatan Parenting Tunjang Perkembangan Optimal Si Kecil

Program parenting dapat berupa pendidikan parenting yang menambah wawasan dan pengetahuan anak dalam hal pengasuhan sesuai dengan usia, [...]

Mengenal 4 Jenis Parenting Style, Manakah yang Terbaik?

Buat New Moms yang sedang belajar parenting dan ingin memilih gaya mengasuh terbaik, Minbyo kasih informasi lebih lanjut tentang parenting style [...]

Tips Agar Anak Semangat Belajar Setelah Liburan

Biar si Kecil kembali semangat setelah liburan, yuk, praktikkan kiat-kiat berikut!

Tips Mendampingi Anak Digital Native

Sebagian besar orang tua masih perlu edukasi bagaimana cara mendampingi si Kecil yang optimal terutama di era digital. Yuk, cari tahu tipsnya [...]

Tips Ajarkan Empati pada Anak Sejak Dini

Supaya si Kecil memiliki empati dalam hidupnya, orang tua perlu mengajarkan dan mengasah kepekaannya.

4 Tips Melatih Balita Bicara

Gimana caranya supaya si Kecil bisa mahir berbicara dengan cepat?

Helicopter Parenting Itu Apa? Ini Ciri-cirinya!

Rasa cinta dan kasih sayang orang tua ternyata bisa menjadi sesuatu yang tidak menyehatkan. Sebenarnya, kapan sepasang orang tua melanggar [...]

Kapan Waktu yang Tepat Sekolahkan Si Kecil?

Sebagai orang tua, Moms & Dads pun pasti telah berpikir untuk menyekolahkan si Kecil di sekolah yang paling baik dan tepat.

Mendidik Anak dengan Pamali, Perlukah?

Pamali artinya apa sih? Istilah ini mungkin lebih dikenal oleh orang-orang zaman old ketimbang anak-anak Millenial atau Gen Z.

Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Ini 10 Tips Ajarkan Si Kecil Terima Kekalahan

Belajar menerima kekalahan sejatinya merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan kesehatan anak.

Didik Anak di Era Digital, Bagaimana Caranya?

Moms & Dads mungkin bingung yah bagaimana cara supaya si Kecil screentime-nya tidak berlebihan padahal di sisi lain sudah tidak mungkin [...]

Kerja dan Jaga Anak Tetap Fit? 🤯

Moms sering kewalahan ga sih kalau harus kerja sambil jaga Si Kecil? Yuk Intip tips tetap fit dari

Uang Sekolah Makin Mahal, Gimana Cara Mempersiapkannya?

Memberikan pendidikan terbaik bagi si Kecil merupakan salah satu kewajiban utama Moms & Dads.

It’s Okay to Not Be Okay

Dalam mengasuh anak, tentu Moms mengharapkan si Kecil tumbuh menjadi pribadi dengan kondisi fisik

Tips Praktis Memompa ASI di Kantor

Hai Moms, Meskipun pandemi virus corona belum berakhir, tapi banyak dari kita yang sudah

Tips Menghindari Toxic Parenting

Hai Moms, Siapa disini yang minggu lalu nonton Babyo Channel Ngobrol Bareng Babyo dengan topik

Ketika Dads Sibuk dengan Hobinya

Setiap hari Jumat, sekarang Babyo Connect memiliki "Apa Kata Moms?" yang akan membahas topik yang terasa tabu Moms bahas, atau uneg-uneg yang [...]