Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Anak 17 Bulan Kok Sudah Dibawa Ke Dentist?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  TODDLER  |  27 Dec '19


Kemarin pengalaman pertama bawa Ollie konsultasi gigi ke dokter gigi spesialis anak yaitu ke Kidz Dental Care & Orthodontic Clinic (IG @kidzdentalortho) yang di cabang Puri Kembangan. Mommy dapat jadwal konsultasi sama drg. Cahyaningrum Sekar Ardiasti, Sp.KGA (drg. Asti).

Kenapa bawa Ollie ke dokter gigi? Kan masih gigi susu koq lebay banget bawa ke dokter gigi?

1. Awalnya karena liat gigi atas Ollie tiba2 menguning, trus memang Mommy susah banget buat bersihin gigi atas karena mulut Ollie yang mingkem terus setiap kali disikat bagian atas.

2. Mencegah carries. Mommy gamau sampe nanti pas sekolah gigi Ollie uda ompong trus item2 (amit2 ya). Klo gigi susu uda carries yg parah itu bisa ngaruh jelek ke gigi tetapnya nanti.

3. Perkenalan buat Ollie supaya ga kaget kalo dibawa ke dokter gigi nantinya. Dokter juga bilang kalo 1-3x pertemuan pasti anak masih ngamuk nangis2, tapi lama kelamaan bertambah usia pasti ga akan nangis lagi.

4. Buat konsultasi tentang gigi anak gimana cara sikatnya, rawatnya, dll.

Lalu di sana Ollie diapain aja?

Sebelum periksa gigi, dokternya izin dulu ke Mommy dulu gapapa ya kalo tangan kaki Ollie dipegangin.

1. Pertama dicek dulu kondisi giginya (pas daftar dan sebelum cek ditanya dulu sama dokter keluhannya apa).

2. Disikatin giginya Ollie pakai alat, pasta giginya pun ditanya dulu mau rasa apa (grape/strawberry/orange).

3. Pas dicek ternyata ada noda hitam (stain) kecil di gigi atas Ollie, lalu dokter tanya mau dibersihkan ga? Mommy jawab mau dan dibersihkan pakai alat.

Kondisi gigi Ollie gimana pas dicek?

Pas dicek bener gigi yang sudah tumbuh sudah ada 16 gigi (8 atas dan 8 bawah), sisa yang belum tumbuh tinggal gigi geraham terakhir aja (kata dokter mungkin akan tumbuh di usia 2-2.5th).

Dokternya bilang kalo gigi Ollie bagus, memang pas dicek agak kuning di gigi atas, tapi untungnya belum carries. Masih kuning2 tanda2 mau carries, nah itu cuma penumpukkan kotoran aja di gigi atas, jadi dibersihkan. Karena memang pas sikat gigi itu paling susah untuk sikat bagian atas.

Setelah selesai ngapain?

Abis gigi Ollie beres dikerjain, dikasih hadiah donk Ollie☺️. Pilih mau balon atau sticker, kupilihin balon. Habis itu, Mommy lanjut konsul tanya banyak ke dokternya baik banget mau jawab lengkap pertanyaanku semua ga pelit ilmu. Yang pasti setelah konsul, terbuka pikiran Mommy kalo sikat gigi anak itu harus posisi tiduran, lidah pun harus disikat, lalu harus pake pasta gigi ber-fluoride karena kalo ga pake yg ber-fluoride itu sama saja seperti ga sikat gigi.

Biayanya kemarin ke dokter gigi kena berapa duit?

GRATIS buk ibuk. Promonya sampe kapan? Ga ada batas waktu, cek dan konsul GRATIS itu untuk anak usia 0-24bln tinggal daftar saja di Whatsapp, bikin janji, lalu tinggal datang aja bawa buku vaksin anak buat validasi tanggal lahir.

Kenapa ga bawa Ollie ke dokter gigi biasa aja?

Beda banget ya menurutku dokter gigi biasa sama yang spesialis gigi anak. Dari segi interior dan isi ruangannya aja uda beda banget. Dekor ruangan dan ruang tunggu ada banyak activity semacam buku anak2, mainan, bisa mewarnai juga, bahkan ada aquarium kecil.

Di dalam ruangan dokternya juga ada TV di langit2 supaya saat cek menghadap atas, anak bisa enjoy sambil nonton. Selain itu alat2, nurse-nya yang bantuin juga ada 3 orang (buat jaga2 kalo anak ngamuk saat tindakan). Dokter gigi spesialis anak pasti uda biasa juga kerjain gigi kalo anak2 ngamuk. Dari saat perkenalan pertama saja uda beda dan ga langsung main periksa, diajak kenalan, diajak sikatin gigi si boneka bareng.

Lalu balik kontrol lagi kapan?

Kontrol lagi 5-6 bulan kemudian.

Nah itu tadi pengalamanku mengajak Ollie untuk ke dokter gigi periksa giginya. Jadi kita harus rajin-rajin ya Moms ke dokter gigi untuk periksa kesehatan mulut dan gigi si Kecil.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

163 Feliciana Natali

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Menerapkan Visual Hygiene Pada Anak Di Masa Pandemi

Menggunakan gadget di masa pandemi ini tentu bukanlah suatu hal yang asing. Yuk pastikan kesehatan mata si Kecil terjaga dengan baik.

Pijat Sebelum Tidur Membuat Tidur Anak Nyaman dan Nyenyak

Si Kecil aktif dan ga bisa diam? Coba dipijat Sebelum tidur agar tidurnya nyaman dan nyenyak.

Demam Tak Biasa Itu Ternyata Roseola

Demam sering menjadi hal yang membuat kita khawatir, cemas, sekaligus menerka-nerka ada apa dengan kondisi tubuh kita.

Cacar Air Diusia 18 Bulan yang Dialami Gabriel

Bagaimana pengalaman Mom Leny saat menghadapi si Kecil yang cacar diusianya yang baru 18 bulan?

Mencegah Demam & Flu dengan Resep Tradisional

Walaupun hidup di era milenial tapi pengobatan untuk keluarga tidak jauh dari pengobatan tradisional

Solusi Atasi Demam pada Anak

Jangan panik jika si Kecil demam, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan di rumah sebagai cara pertolongan pertama.

Mengenal Demam pada Anak

Moms, sebelum memberikan penanganan demam pada si Kecil, kenali demam secara menyeluruh dulu yuk!

Ternyata Gigi Susu Juga Membutuhkan Flouride lho Moms!

Faktanya, banyak Moms yang takut memberikan pasta gigi berflouride dengan alasan anaknya belum bisa berkumur.

Jangan Salahkan ASI!

Berat badan cha masih dalam batas normal berdasarkan grafik, tapi batas bawah.

Selain Flu Singapura, Waspadai Juga Virus Herpangina

Yuk waspada terhadap virus herpangina yang mudah sekali menular

Ternyata Konsumsi Vitamin Kalsium Mempercepat Pertumbuhan Gigi Loh!

Penting bagi bumil untuk konsumsi kalsium karena saat hamil, kalsium kita akan terserap untuk pertumbuhan si baby.

Tips Agar si Kecil Mau Minum Obat dengan Mudah

Siapa yang merasakan hal sama? Kalau mau meminumkan obat ke si kecil pasti banyak dramanya

Flu Pertama pada Anak

Sungguh sedih rasanya bila melihat anak sakit. Apalagi sakitnya diakibatkan oleh diri kita sendiri alias tertular.

Tips Mengajak si Kecil ke Dokter Gigi

Moms, ternyata presentase anak dengan gigi berlubang di Indonesia masih sangat tinggi.

Infeksi Telinga pada Anak

Infeksi telinga merupakan peradangan/penyumbatan cairan akibat infeksi yang terjadi pada bagian telinga tengah.

Yuk! Mari Ajak si Kecil Berenang

Splish-splash, anak-anak kalo main air, rasanya gak mau selesai ya Moms.

Pentingnya Pemberian Obat Cacing pada Anak

Penting ga sih sebenarnya pemberian obat cacing rutin pada anak?

Langkah Mudah Meminumkan Obat si Kecil

Awalnya aku juga kesulitan, bahkan obat yang sudah berhasil masuk mulut malah berakhir dimuntahkan.

Si Kecil Jatuh dan Terluka? Ini Tips Mengobatinya!

Beberapa hari lalu anakku baru terjatuh pada saat keliling di taman depan rumah. Pertamanya dia jalan biasa aja,

Caraku Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat Anak

Cuaca di ibukota akhir-akhir ini panas banget ya Moms. Jadi membuat suhu di dalam ruangan menjadi terlalu lembap.