Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

A Mother is a Lifetime Job

MY STORY  |  18 Oct '17


Kalau menjadi seorang ibu adalah sebuah pekerjaan, rasanya akan banyak yang mengajukan resign letter. Sibuk tiada akhir, tidak dibayar, dikejar deadline, bahkan tidak ada libur!

Belum lagi sekeliling mencecar dengan pertanyaan kok si anak kurus? Kok ga ASI? Kok makan instant food? Kok anaknya belom bisa ini dan itu? Belum lagi ada hari di mana si ibu sudah sangat lelah secara fisik & mental, lalu kelepasan marah atau teriak ke anak, seluruh dunia seakan menuding, "Kok begitu ya jadi Ibu? Ga sayang anak ya?"

Judgement lingkunganlah (suami, ortu/mertua, temen, saudara) yang membuat si ibu semakin under pressure. Ingin rasanya mengajukan surat pengunduran diri sebagai seorang ibu.

Lalu, pertanyaannya apakah ada yg bisa dan mau dengan sepenuh hati mengisi 'lowongan pekerjaan' itu selain si ibu itu sendiri? Jadi ibu itu ga gampang, ga seindah yg terlihat di social media atau di film. Banyak pergumulan dibalik itu semua.

Bagi suami: Jadilah suami yg pengertian, saat pulang kerja memeluk dan mencium istri. Ucapkan terima kasih karena telah merawat anak-anak dengan baik, janganlah mengkritik, memberi saran dengan bijaksana tanpa melukai perasaannya.

Bagi ortu/mertua: Jadilah ortu/mertua yang menahan diri untuk berkomentar apalagi mengkritik ini itu. Please jangan bandingkan cara mengasuh anak di masa lalu. Percayalah, bahwa si ibu punya ikatan bathin yang terasah pada anaknya. Ingat juga, ada harga diri sang ibu yg harus di jaga. So jangan melulu di dikte seperti yang kalian kehendaki.

Bagi saudara dan teman: Jadilah orang yang memberi dukungan, bukan mentor yang seolah paling tau dan berpengalaman dalam segala hal. Hindari hal-hal menggurui dan menasehati bila tidak ditanya. Beri semangat sebanyak-banyaknya.

Menjadi seorang ibu adalah 'pekerjaan' mulia seumur hidup. Tidak dibayar namun ikhlas. Dihakimi sana sini namun tetap setia. Meski hati ibu sering disakiti, ia memilih tetap mencintai dan menyayangi tanpa pamrih.

Jadilah orang di sekeliling si ibu yg memberi dukungan, bukan mengintimidasi.

While it takes a village to raise a child, it also takes a village to support a Mom! 

#babyoxjunia #iambabyologist #selaluadajawabandibabyologist #whereloveisshared

By: Evie 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1422 Evie

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Hybrid Learning, Siapa Takut?

Hybrid Learning adalah metode pembelajaran yang menggabungkan antara Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil. Meski

Rekomendasi ASI Booster versi Babyo

Agar Moms bisa menimbang kebutuhan ASI booster yang sesuai, berikut adalah rekomendasi ASI booster untuk ibu menyusui versi Babyo. Bagaimana [...]

Mom, Keluargaku Menentang Kehamilanku

SELASA CURHAT: Keluarga sama sekali ga membantu aku. Malah bilang, "Rasain tuh suruh siapa hamil". Padahal aku dan suamipun ga merencanakan. [...]

Mom, Apa Semua Harus Jadi Salahku?

SELASA CURHAT: Akhir-akhir ini aku ngerasa hambar dengan pernikahan ini. Aku harus gimana ya moms?

Mom, Apakah Ngidamku Ini Salah?

SELASA CURHAT: Aku ingin curhat seputar ngidam pada kehamilan, ada yang bilang ngidam itu wajar dan ada juga yang bilang itu cuma [...]

Kesempatan Kedua Setelah Kehilangan

APA KATA MOMS? Bagaimana sih menurut Moms tentang kesempatan kedua setelah kehilangan (keguguran)?

Mom, Aku Tidak Didukung Menyapih

SELASA CURHAT: Aku merasa tidak mendapat support darimana-mana. Di rumah sendiri aku kewalahan, di rumah orangtua aku dikomentarin.

Mau Me Time, Tapi Kepikiran Anak

APA KATA MOMS? Bagaimana sih cara Moms menjalani me time tanpa rasa bersalah dan jadi kepikiran soal anak?

Moms, Apakah Hubunganku dengan Suami Sehat?

SELASA CURHAT: Aku seringkali berdebat sama suami soal banyak hal termasuk cara mendidik anak. Apa memang semua rumah tangga awalnya begini ya [...]

Salah Banget Ya, Gunakan MPASI Instan?

APA KATA MOMS? Tentunya Moms punya pertimbangan sendiri memilih MPASI Instan, yang notabene juga bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Moms, Anakku Susah Diatur

SELASA CURHAT: Anakku belakangan ini dia mudah sekali ngambek kalo kehendaknya gak di turutin, mulai agak jail sama teman-temannya, dan kalo aku [...]

Komentar Nyebelin untuk Ibu Hamil

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi orang yang suka berkomentar 'nyebelin' untuk ibu hamil?

Anti Panik Menjaga Kesehatan Gigi Anak 0-3 Tahun

Hallo parents, pernah tidak merasa kesulitan menjaga kesehatan gigi anak?

Membuat Anak Mencintai Negara Indonesia

Sudahkah kita sebagai warga negara Indonesia memiliki rasa cinta kepada tanah air kita?

Moms, Aturan Anakku Dilanggar Kakek Neneknya

SELASA CURHAT: Aku selama dirumah jarang banget kasih anakku jajanan MSG atau cokelat yang ga bagus untuk giginya. Eh giliran di rumah kakek [...]

Serba Salah Menjadi Orang Tua

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi kondisi serba salah menjadi orang tua?

Mom, Pandemi Ini Membuatku Goyah

SELASA CURHAT: Ekonomi yang lagi surut karna pekerjaan suami terkena dampak, ditambah kondisi anak yang memerlukan perhatian penuh.

Asisten Rumah Tangga, Perlu atau Tidak?

APA KATA MOMS? Sayangnya, kadang anak malah jadi lebih dekat pada asisten rumah tangga atau pengasuhnya daripada bersama dengan Moms. Bagaimana [...]

Mom, Aku Lelah!

Setiap Selasa, Babyo ingin memberikan kesempatan Moms untuk curhat seputar kehamilan dan parenting. Akan ada curhat Moms yang akan Babyo post [...]