Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ameena 7 Bulan, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Adakan Tedak Siten

MOM STYLE  |  MY STORY  |  27 Sep '22


Ameena Hanna Nur Atta, anak perempuan pertama dari Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, kini sudah berusia tujuh tahun. Atta dan Aurel pun menggelar prosesi tedak siten untuk merayakan tujuh bulanan ini.
Prosesi tedak siten yang digelar pada Minggu, 25 September 2022, tersebut dihadiri pula oleh keluarga dekat Aurel termasuk ayah, Anang Hermansyah, ibu tirinya, Ashanty, dan ibu kandungnya, Krisdayanti. Bahkan Annisa Choliq, nenek Aurel, juga turut terlihat dalam acara tersebut.
Adapun alasan Aurel dan Atta mengadakan tedak siten adalah karena melestarikan budaya dan agama. Alasan tersebut mereka kemukakan di media sosial pada Senin, 26 September 2022.
Tradisi tedak siten Ameena itu didokumentasikan dan diunggah di media sosial mereka berdua. Tampak beberapa foto dokumentasi seperti ketika Aurel dan Atta membimbing Ameena dalam prosesi tedak siten. Ameena pun terlihat tersenyum dalam foto tersebut.
Lalu, ada foto Aurel membersihkan kaki Ameena sebagai bagian dari susunan acara tedak siten. Atta sebagai ayah menggendong Ameena untuk memudahkan Aurel membasuh buah hatinya tersebut.
Tidak lupa, Atta dan Aurel memotong tumpeng dan mengadakan doa bersama. Setelah proses tedak siten selesai, acara foto-foto pun dimulai.
Pasangan yang menikah pada 3 April 2021 itu kompak memakai beskap dan kebaya berwarna jingga. Sedangkan Ameena menggunakan kebaya dan rok batik dengan warna dan model senada dengan kedua orang tuanya.

Alasan Gen Halilintar tidak hadir dalam acara tedak siten Ameena

Meski dihadiri keluarga Aurel, sesi foto-foto itu tidak dihadiri oleh keluarga Gen Halilintar. Absennya keluarga Atta dalam prosesi tedak siten cucu pertama keluarga besar itu membuat netizen bertanya-tanya sebabnya. Bahkan, tidak sekali keluarga Gen Halilintar tidak hadir dalam acara penting Atta – Aurel. Mereka juga tidak hadir saat pernikahan dan saat Ameena lahir.
Dalam acara tedak siten Ameena Senin kemarin pun, hanya Thariq Halilintar yang hadir sebagai perwakilan keluarga Gen Halilintar. Alasan selain Thariq tidak ada yang hadir adalah anggota keluarga Gen Halilintar sedang ada pekerjaan di luar kota. 
Namun, tidak berarti hal ini mengindikasikan adanya hubungan buruk antara keluarga Atta dan Aurel. Mama Atta, Geni Faruk, tetap memberikan ucapan selamat kepada cucu perempuannya itu via Instagram.
"Semoga @ameenaatta beserta Papa & Mama Ameena @attahalilintar & @aurel.hermansyah sehat jiwa raga dalam perlindungan Allah," tulis Geni Faruk.

Arti tedak siten

Tedak siten berasal dari Jawa. Tedak memiliki arti “melangkah” sedangkan “siten” memiliki arti “melangkah di bumi”.
Hakikat dan makna tedak siten adalah menggambarkan kesiapan anak untuk menghadapi kehidupan di masa depan. Dengan berkah Tuhan dan bimbingan orang tua sejak masa kecil, diharapkan anak tersebut sukses dalam kehidupannya kelak.

Kapan tedak siten dilaksanakan?

Tedak siten bayi usia berapa? Anak perempuan atau laki-laki mengikuti prosesi tedak siten ketika usianya 7 lapan. Perhitungan 1 lapan sama dengan 35 hari, sehingga 7 lapan itu 245 hari atau sekitar usia 7 bulan. Tahap tumbuh kembang anak usia 7 bulan salah satunya adalah berdiri alias bisa menginjak tanah.
Tedak siten pada umumnya dilaksanakan pada pagi hari di halaman depan rumah. Ada beberapa sajen alias persembahan yang perlu dipersiapkan sebagai perlambang doa kepada Tuhan untuk keberkahan dan perlindungan dari kejahatan manusia dan roh.

Daftar sajen tedak siten

  • kurungan ayam dari bambu
  • jenang ketan warna-warni
  • tangga dan kursi dari tebu
  • ayam panggang ditusukkan pada batang tebu, di bawah ayam panggang tersebut ada pisang, mainan tradisional, dan aneka barang
  • tumpeng robyong, bubur dan jadah dari ketan tujuh warna
  • buah-buahan dan jajan pasar
  • uang kertas atau receh yang akan disebarkan
  • air gege dibiarkan semalam di tempat terbuka hingga pukul 08.00 (kena sinar matahari)
  • ayam hidup untuk dilepas dan diperebutkan tamu undangan

Susunan acara tedak siten sederhana

  1. Berjalan di atas jenang tujuh warna
Arti 7 warna jadah tedak siten merah, putih, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu adalah simbol dari hambatan-hambatan dalam hidup. Maka, si Kecil dipandu untuk berjalan di atas ketujuh jenang jadah tersebut.
  1. Menginjak tangga dari tebu
Setelah dibimbing melintasi jenang 7 warna, si Kecil dibimbing untuk menginjak tangga dari tebu “Arjuna” dan kemudian turun. Tebu, yang merupakan singkatan dari antebing kalbu, dan Arjuna, perlambang pejuang sejati. Maknanya adalah si Kecil bisa mencontoh Arjuna yang heroik ketika melintasi kehidupan dengan tekad kuat dan penuh percaya diri.
  1. Bermain pasir dengan kedua kaki
Usai turun dari tangga tebu, si Kecil dipandu dua langkah dan diletakkan di atas tumpukan pasir. Ritual bermain pasir dengan menggunakan kedua kaki saat tedak siten itu disebut “ceker-ceker”. Maknanya, sebagai simbol bekerja untuk memenuhi kebutuhan manusia.
  1. Masuk ke kandang ayam
Si Kecil kemudian dipandu untuk masuk ke kandang ayam dan memilih barang-barang yang disediakan di dalam kandang tersebut. Barang-barang yang biasa ditaruh di dalam kandang ayam itu antara lain perhiasan, beras, dan buku tulis.
Tedak siten Ameena pilih apa? Saat tedak siten, Ameena tampak diam dan ketakutan ketika harus memilih barang. Aurel pun memohon untuk ikut masuk ke dalam kurungan. Meskipun diperbolehkan, Irfan Hakim selaku MC mengingatkan ke Aurel untuk tidak memaksa anaknya memilih barang tertentu. Setelah beberapa saat, Ameena pun memilih kamera, uang, dan alat make up. Padahal, Aurel dan Atta berharap buah hati mereka memilih mikrofon karena ingin anaknya menjadi penyanyi.
Tedak siten ambil uang artinya mungkin anak tersebut akan menjadi pengusaha atau harus dituntun untuk pintar mengelola keuangan. Jika yang dipilih buku tulis, mungkin orang tuanya perlu menuntunnya supaya si Kecil cerdas dan dapat menjadi dosen atau pekerja kantoran. Demikian pula jika memilih perhiasan, mungkin kebahagiaan anaknya kelak didapatkan dengan menjadi orang kaya atau orang yang punya banyak materi. Sedangkan simbol kurungan ayam tempat si Kecil memilih barang merupakan perlambang bahwa anak-anak harus dijaga oleh hal-hal baik selama hidupnya.
  1. Menyebarkan udik-udik
Kakek dan ayah dari anak yang sedang melakukan prosesi tedak siten akan menyebarkan udik-udik berupa bunga dan koin-koin. Maknanya, si Kecil harus memiliki cara yang mudah dalam mencari nafkah. Dia juga harus bermurah hati kepada orang lain.
  1. Mandi bunga Sritaman
Air mandi bunga Sritaman terdiri dari rendaman bunga melati, magnolia, mawar, dan kenanga. Air mandi ini kemudian digunakan untuk membersihkan si Kecil yang sedang menjalani proses tedak siten. Ritual mandi ini memiliki perlambang sebagai harapan si Kecil dapat membawa rasa hormat, kehormatan, dan ketenaran bagi keluarganya.
  1. Memakai pakaian baru
Setelah dimandikan, si Kecil akan dipakaikan pakaian baru yang indah dan rapi. Tujuannya adalah sebagai penggambaran kehidupan yang makmur, baik, dan kehadirannya dapat membuat ibu bapaknya bahagia.
Selain Atta dan Aurel, selebriti yang juga menyelenggarakan acara tedak siten untuk anak-anaknya adalah Ardina Rasti dan Arie Dwi Handika, Momo Geisha dan Nicola Reza Samudra, dan Fitry Ayu dan Kenji Hamada.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1218 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Seks Saat Hamil: Boleh Nggak, Sih?

Ibu hamil dan suami sering bertanya-tanya boleh tidak melakukan sex saat hamil dan konsekuensi yang

Manfaat Lain dari Baby Oil

Siapa sih yang gak tau baby oil? Untuk kita2 para Moms pasti barang satu ini udah gak asing ya.

Tips Jaga Badan Pasca Persalinan

Seperti apa perawatan pasca melahirkan yang baik?

Perut Bergelambir & Terbelah Pasca Melahirkan

Perut Moms bergelambir pasca melahirkan? Bagaimana cara mengatasinya?

Pentingnya Tetap Memperhatikan Diri Meski Sibuk Bekerja & Mengurus Anak

Sebagai Ibu, tentu kita ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga. Tapi bagaimana dengan diri kita sendiri?

Bahayakah Ibu Setelah Melahirkan Menggunakan Gurita atau Korset?

Pasca melahirkan, banyak Moms mencari alternatif agar bentuk tubuhnya terjaga & bisa seperti sebelum hamil.

Me Time ala Single Parent Seperti Saya

Me time penting ya Moms, tapi jika sudah punya anak akan lebih sulit dilakukan. Berikut me time simpel ala Mom Wandha

Bolehkan Waxing Setelah Melakukan Treatment IPL (Intense Pulsed Light)?

Setelah menghilangkan rambut di beberapa bagian tubuh dengan teknik IPL, bolehkah selanjutnya dengan teknik waxing?

Stretch Mark Bisa Dicegah

Sebelum stretch marks mengganggu penampilan, Moms bisa mencegah munculnya stretch marks dengan tips berikut ini

Seberapa Penting Skincare Itu?

Seberapa penting sih menggunakan skincare berbahan dasar alami? Yuk simak cerita Mom Wandha

Tips Menjaga Kulit agar Tetap Awet Muda

Para Moms pasti ingin memiliki kulit yang sehat dan juga awet muda kan? Saya ada beberapa tips nih untuk Moms semua!

Teh Embun sebagai Hair Tonic

Untuk mengatasi kerontokan rambut pasca melahirkan, teh embun ini bisa jadi hair tonic alami lho Moms.

Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Mari kita simak bagaimana cara Mom Novi bisa turun 22 kg setelah 4 bulan pasca melahirkan.

Bengkung, Kain Tradisional yang Dicintai Mancanegara

Tak hanya si Kecil yang perlu dirawat, tubuh sendiri juga perlu diperhatikan pasca melahirkan.

Tips Menjadi Modern Working Mom

Tips menjadi modern Moms yang dapat membagi waktu untuk keluarga dan pekerjaan dengan baik versi Mom Marliana

Menjadi Working Mom, Kenapa Tidak?

Setiap Moma pastinya mau menghabiskan waktunya berproses bersama Si Kecil. Namun, bagaimana jika anda adalah seorang working moms?

Suka Duka Menjadi Working Mom

Tentu menjadi Working Mom tidaklah mudah, mari kita simak suka duka Mom Nurul sebagai seorang dokter sekaligus ibu.

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?

Bolehkah ibu menyusui minum kopi? Bagi coffee lovers, mungkin anda memiliki pertanyaan yang sama. Mari simak jawabannya berikut ini.

Perlukah Essential Oils untuk Ibu Hamil dan Menyusui?

Essential oils yang belakangan ini sering disebut dimana-mana, betulkah memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil dan menyusui?