Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Aman Naik Pesawat Ketika Hamil

PREGNANCY  |  06 Nov '17

Hi Moms and Moms-to-be, bagi yang suka traveling pasti sering bertanya-tanya yah mengenai traveling dan naik pesawat selama masa kehamilan. Saya share sedikit ya mengenai pengalaman saya. Kebetulan saya dan suami kerja di Malaysia sebelum akhirnya kembali for good saat melahirkan Si Kecil. Jadi pastinya kami sering naik pesawat bolak balik Jakarta selama hamil. Kami bahkan sempat babymoon ke Hongkong hehe

Menurut info dari Obgyn, pesawat komersil sekarang sangat aman untuk ibu hamil. Terus kenapa jaman dulu ga boleh? Karena pesawat sekarang sudah canggih, kadar oksigen yang merupakan hal penting untuk ibu hamil, sudah ada dalam batas normal dan aman. Jadi tidak perlu khawatir untuk bepergian dengan pesawat. 

Meskipun aman, namun tetap ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah:

1. Cek batas usia kehamilan yang diperbolehkan, karena tiap maskapai memiliki batas maksimal yang berbeda-beda. Pada umumnya batas kehamilan yang diperbolehkan antara 32 - 34 weeks. 

2. Jika sudah terlihat hamil besar, biasanya petugas check-in akan meminta surat dokter (seperti surat keterangan sehat untuk terbang dari Obgyn yang berlaku 1 minggu dari surat dibuat). Jika tidak ada, seperti contohnya waktu di airport Malaysia, saya pernah diminta untuk ke klinik airport dulu melakukan pemeriksaan dan dibuatkan surat.

3. Saat landing, posisikan duduk dengan tangan bertumpu pada kursi (angkat pantat dan pinggul, berat badan ditopang oleh tangan). Hal ini saya rasa membantu untuk mengurangi efek guncangan langsung pada perut.

4. Jangan lupa gunakan hak istimewa kita sebagai bumil untuk masuk pesawat duluan dan menghindari antrian hehe

Semoga tipsnya membantu!

By: Lussya Polyani 

BACA JUGA: Bolehkah Menggendong Anak Balita Saat Hamil?

607 Lussya polyani Send Message to Writer

Related Stories