Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Amankah Mie Instan untuk Ibu Hamil?

HEALTH TIPS  |  01 Sep '17

Siapa yang tidak suka mie instan? Mostly semua orang pasti suka sama mie instan ya.

Sebelumnya, mari kita bahas kandungan yg terdapat dalam mie instan.

  1. Mie instan dikelompokkan dalam makanan cepat saji atau junk food dan makanan olahan dari karbohidrat atau tepung terigu.
  2. Makanan olahan ini memiliki sedikit nutrisi dan sulit dicerna oleh tubuh.
  3. Makanan olahan mengandung lemak trans yang tinggi.
  4. Mie instan jika dikonsumsi berlebihan, dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  5. Kandungan vitamin, protein, serat, dan mineral yang sangat rendah.
  6. Memiliki kandungan MSG yang sangat tinggi. Mungkin tidak membahayakan sistem tubuh saat pertama kali mengonsumsi mie instan, tetapi jika ibu hamil makan mie instan setiap hari, maka perlahan-lahan dapat berpengaruh pada kesehatan.
  7. Salah satu masalah terbesar pada mie instan adalah kandungan sodium (garam) di dalamnya, bahkan terutama lebih tinggi pada mie instan jenis cup. Mengkonsumsi terlalu banyak sodium dapat menyebabkan hipertensi yang berdampak buruk bagi kehamilan.
  8. Mie instan mengandung zat lilin. Lilin digunakan agar mie instan tidak lengket. Coba bayangkan ada zat lilin yg masuk ke tubuh kita, bagaimana tubuh kita akan bereaksi?
  9. Mengandung zat pengawet dan zat kimia.

Lalu bolehkah Ibu Hamil mengkonsumsi mie instan?

Dokter pasti menyarankan agar menghindari makan mie instan. Namun, jika ingin makan mie instan saat hamil, berikut beberapa saran dari saya.

  1. Bila memungkinkan, jangan gunakan bumbu yang sudah termasuk dalam kemasannya. Kita bisa mengolahnya dengan bumbu alami dari dapur sendiri. Tapi jika ingin praktis, bisa gunakan bumbu tambahan tersebut, namun pastikan tidak ada tambahan garam karena mie instan sudah mengandung garam tinggi.
  2. Saat merebus mie-nya, sebaiknya mie direbus 2 kali. Setelah merebus mie instan pertama kali, buanglah airnya. Kemudian rebus lagi sebentar, angkat dan siap diolah lagi. Cara ini dapat menghilangkan lapisan lilin dalam mie instan yang sangat berbahaya bagi kesehatan.
  3. Tambahkan sayur-sayuran agar membuatnya lebih bergizi tinggi.

Hal terbaik adalah untuk mengkonsumsi mie instan seminimal mungkin demi kesehatan diri sendiri dan sang janin.

By: Cindy Kie 

16390 Cindy kie Send Message to Writer