Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Amankah Tetap Menyusui Saat Sedang Hamil?

FEEDING  |  MY STORY  |  PREGNANCY  |  27 Dec '19


Pemberian ASI eksklusif sebaiknya dilakukan sampai anak berusia 2 tahun. Namun jika kita ternyata hamil kembali saat anak belum menginjak usia 2 tahun pasti akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi kita.

Kata orang saat hamil produksi ASI akan berkurang, kalau si kakak tetap minum ASI nanti janin dalam kandungan bisa lahir prematur, nutrisi untuk janin diminum oleh si kakak yang nanti akan membuat janin terganggu. Pemikiran-pemikiran tersebut yang membuat jadi semakin bingung sampai akhirnya memulai untuk menyapih si kakak yang ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Pastinya akan banyak drama yang akan terjadi. Sayapun mengalami hal serupa. Pada saat anak saya berusia 15 bulan, saya dinyatakan hamil oleh bidan. Anak saya memang saya bantu dengan sufor sejak usia 6 bulan tapi sebelum tidur dia selalu minum ASI dari saya. Katakan saja sebagai pengantar tidur. Baik itu siang ataupun malam.

Saat saya hamil saya memutuskan untuk mulai menyapih anak pertama saya. Sehari, dua hari sampai hampir seminggu drama menangis sesenggukan itu masih terus terjadi, yang pada akhirnya gak tega dan membiarkannya untuk nen kembali. Sambil banyak bertanya sama google tentang hal tersebut. Ternyata tetap menyusui saat sedang mengandung itu boleh sja kok Moms.

Tapi tetap perlu memperhatikan hal berikut jika ingin menyusui saat hamil:

1. Konsumsi makanan bergizi seimbang dengan tambahan kalori karena moms tentunya membutuhkan banyak energi dan agar nutrisi untuk anak melalui ASI yang diminum serta untuk janin yang dikandung bisa mencukupi.

2. Banyak istirahat

3. Banyak minum

4. Pastikan moms memperoleh semua nutrisi yang dibutuhkan.

5. Rajinlah periksakan kandungan ke bidan/dokter kandungan.

Menyusui saat sedang hamil memang akan membuat moms cepat merasa lelah, puting sakit dan kontraksi ringan yang terjadi pada rahim. Sebenarnya hal ini tidak berbahaya jika kehamilan Moms sehat. Namun jika Moms menjalani kehamilan beresiko tinggi, pernah mengalami keguguran atau persalinan prematur, mengalami pendarahan, mengandung anak kembar, berat badan Moms kurang, dan sering mengalami kontraksi. Maka sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Semoga sehat selalu Moms 😍.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

143 Fitriani Idris

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Hamil Dan Tetap Menyusui, Bolehkah?

Benarkah jika dalam keadaan sedang hamil kita tidak diperbolehkan menyusui? Yuk simak pengalaman Mom Wenny berikut