Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Amankah Mengonsumsi Pil KB dan ASI Booster Secara Bersamaan?

BRANDS  |  MY STORY  |  04 Oct '19


Memberikan ASI eksklusif adalah salah satu impian setiap ibu. Maka tak heran hadirnya pil KB laktasi atau pil KB khusus ibu menyusui menjadi kebahagiaan tersendiri untuk para busui. Sebab, berbeda dengan pil KB kombinasi, pil KB laktasi hanya mengandung hormon progestin yang tidak hanya mendukung program KB tetapi juga tidak mengganggu produksi ASI busui.

Selain mengonsumsi pil KB laktasi, tidak sedikit pula ibu yang ingin mengonsumsi ASI booster guna memperlancar produksi ASI mereka. Seperti yang dilansir dari Alo Dokter, dr. Nadia Nurotul Fuadah mengungkapkan bahwa mengonsumsi ASI booster tidak dilarang asalkan mengikuti anjuran dokter.

Ia menjelaskan bahwa kelancaran produksi ASI dapat disebabkan oleh banyak faktor. Selain memilih KB yang tepat, ada beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi kelancaran ASI. Beberapa diantaranya adalah dengan mencukupi kebutuhan air minum serta makan-makanan bergizi seimbang khususnya makan sayuran yang berwarna gelap seperti sayur katuk.

Seperti yang kita ketahui, daun katuk memang menjadi salah satu makanan yang dapat memperlancar produksi ASI, ya, Moms. Selain mengandung berbagai nutrisi mulai dari vitamin B6, D, C, dan kalsium, katuk memiliki kandungan steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin. Hormon prolaktin inilah yang dapat meningkatkan, mempercepat, serta melancarkan produksi ASI. Selain itu, daun katuk juga mengandung galaktogo yang bisa meningkatkan produksi ASI. Agar bisa menjadi ASI booster secara maksimal, konselor laktasi dr. Ameetha Drupadi menganjurkan busui mengonsumsi 250mg, 3 kali dalam sehari secara rutin selama 15 hari.

Tahukah Moms bahwa sebagian besar vitamin dan mineral dalam daun katuk tidak memengaruhi kinerja pil KB? Sebaliknya, kandungan vitamin B6 bisa menimbulkan efek positif pada Moms yang menggunakan pil KB. Dilansir dari WebMD, vitamin B6 bisa membantu menurunkan risiko mual, sakit kepala, hingga depresi pada orang-orang yang sedang mengonsumsi pil KB.

Untuk mempermudah Moms dalam memenuhi nutrisi penting dari daun katuk, saat ini sudah banyak ASI booster berupa suplemen yang mengandung ekstrak daun katuk. Namun, meski mengonsumsi ASI booster dan pil KB secara bersamaan bisa dilakukan, dr. Nadia menyarankan agar Moms selalu berhati-hati dalam memilih suplemen herbal. Sebab, terkadang ada juga produk herbal yang mengandung zat lain yang mungkin saja berpotentsi berinteraksi negatif pada pil KB yang sedang dikonsumsi.

Misalnya, dilansir dari WebMD, beberapa suplemen herbal malah bisa berisiko mengganggu kinerja pil KB itu sendiri. Beberapa contoh suplemen herbal yang bisa mengganggu kinerja pil KB diantaranya adalah suplemen yang mengandung tumbuhan saw palmetto, alfafa, pil bawang putih, hingga flaxseed. Namun, selama ASI booster yang dikonsumsi terbuat dari bahan yang memang terbukti dapat memperlancar ASI, Moms tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya.

dr. Nadia melanjutkan, idealnya, jika Moms sudah menemukan ASI booster yang pas, jangan lupa untuk mengonsultasikannya ke dokter. Tanyakan tentang efektifitasnya, bagaimana efek sampingnya, dan tentunya tanyakan apakah ada kemungkinan ASI booster tersebut memengaruhi obat yang sedang dikonsumsi, termasuk pil KB laktasi.

Referensi: Alo Dokter, Alo Dokter, WebMD

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

4049 Lactaboost Andalan Nutrisi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Khasiat Saripati Ayam untuk Bumil & Busui, Apa Bedanya dengan Sup Ayam Biasa?

Moms pasti sudah pernah mendengar tentang saripati ayam. Tapi tahukah Moms perbedaan saripati ayam dengan sup ayam biasa?