Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Amankah Mencampur Sufor Dengan ASI?

FEEDING  |  19 Apr '18

Ibu menyusui memberikan susu formula kepada anak-anak mereka karena berbagai alasan. Beberapa ibu mungkin berjuang untuk menyediakan ASI yang cukup untuk menyusui secara eksklusif. Banyak juga yang memilih kombinasi pemberian ASI dan susu formula untuk kenyamanan saat mereka kembali bekerja. Apapun alasannya, jika Anda memutuskan untuk memberi anak Anda ASI perah dan juga tambahan dengan susu formula, mungkin ada saatnya Si Kecil akan mendapatkan ASI dan susu formula pada botol yang sama.

Sebaiknya Anda memberikan susu formula dan ASI secara terpisah, tidak digabung dalam 1 botol, mengapa?

  • Jika Anda menawarkan ASI terlebih dahulu, bayi akan meminum seluruh ASI, dan Anda tidak perlu khawatir membuang ASI yang dimiliki walaupun hanya sedikit. Tapi jika Anda menambahkan ASI ke sebotol susu formula bayi, sebagian dari ASI akan sia-sia jika bayi tidak meminum habis seluruh botol.
  • Lebih baik jika bayi meminum semua ASI yang tersedia. Kemudian, setelah anak selesai menyusui, Anda dapat memberikannya susu formula jika ia masih lapar.

Susu formula diciptakan untuk memberikan bayi jumlah kalori dan nutrisi secara spesifik dalam volume cairan tertentu. Jadi, jika Anda menyiapkan susu formula sesuai petunjuk, bayi Anda akan mengonsumsi sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Tetapi, jika Anda menambahkan susu formula langsung ke dalam ASI tanpa diseduh dulu dengan air, maka akan mengubah keseimbangan gizi dan air pada ASI Anda dan susu formula tersebut. Maka jangan menambahkan susu formula langsung kedalam ASI perah tanpa menyeduhnya terlebih dahulu. Alasannya karena pada usia bayi dengan ginjal yang belum sempurna, mereka membutuhkan cukup air untuk memproses semua nutrisi yang terkandung dalam makanan mereka, terutama protein dan garam. Ketika memberi makan terlalu pekat maka dapat berbahaya dan terlalu 'banyak' bagi tubuh kecil bayi Anda. Oleh karena itu, ketika menyiapkan susu formula, Anda harus selalu menggunakan jumlah air yang benar dan mengikuti semua instruksi yang diberikan pada kemasan.

Semoga bermanfaat.

By: Ricka Puspita Atmadja.

BACA JUGA: Cara Ampuh Memperkenalkan MPASI Sesuai Tingkatan Usia

545 Ricka Puspita Atmadja Send Message to Writer

Related Stories