Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Amankah Membersihkan Puting dengan Tisu Basah?

BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  29 Jul '19


Menyusui umumnya menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh ibu dengan anak 0-2 tahun. Itulah sebabnya, kita tidak hanya wajib mengonsumsi makanan bergizi agar pemberian ASI tetap lancar, tapi juga merawat dan menjaga kebersihan payudara dan puting.

Menurut dr. Nupur Gupta dari Paras Hospital, India, kondisi payudara, terutama puting yang kotor dapat menyebabkan bayi terserang diare, perut kembung, hilang nafsu menyusu bahkan muntah. Alex Kakoraki, dokter umum di Murchison Bay Hospital, Uganda menambahkan bahwa payudara yang tidak terjaga kebersihannya dapat menimbulkan bau, terutama jika tidak rutin mengganti bra dan baju. Selain bau, payudara juga akan menjadi lembab dan puting terasa lembek sehingga sulit untuk diisap oleh bayi. Jika hal ini terus berlanjut maka ada risiko terkena infeksi bakteri.

Kedua dokter tersebut menyarankan, untuk menjaga kebersihan payudara dan puting, ibu menyusui mandi 1-2 kali setiap hari. Selain itu, bersihkan dengan handuk atau waslap basah kemudian keringkanlah payudara setiap sehabis menyusui.

Lalu, bagaimana jika ibu yang akan menyusui bayinya sedang dalam keadaan terdesak atau sedang dalam perjalanan? Ibu menyusui juga dapat membersihkan puting payudara dengan menggunakan tisu basah. Namun apakah tisu basah aman digunakan pada puting ibu?

Umumnya, tisu basah bayi aman digunakan untuk ibu menyusui. Namun, Moms tetap perlu memerhatikan komposisi pada tisu basah itu sendiri. Sebab, puting akan bersentuhan langsung dengan mulut bayi.

Perlu diketahui, masih ada beberapa tisu basah bayi yang menggunakan bahan-bahan yang tidak disarankan digunakan untuk produk bayi seperti alkohol, paraben, parfum yang berlebihan, maupun bahan kimia berbahaya lainnya. Dibawah ini ada beberapa tips untuk memilih dan menggunakan tisu basah untuk membersihkan puting ibu menyusui.

  • Pilihlah tisu basah yang bebas dari kandungan alkohol, paraben, dan fragrance atau pewangi kimia.
  • Pilihlah tisu basah yang terbuat hanya dari bahan-bahan natural sehingga aman digunakan.
  • Gunakan tisu basah yang berbahan dasar ultra pure water agar aman digunakan untuk semua jenis kulit.

Meski beberapa tisu basah aman digunakan untuk membersihkan peralatan bayi, badan bayi, hingga puting ibu, kita tetap perlu bijak dalam menggunakannya. Pilihlah tisu basah yang tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya agar aman untuk Moms maupun si Kecil.

Referensi: Monitor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

3177 Dr. Brown's Indonesia

Comments

Related Stories