Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Amankah Hamil Jarak Dekat Setelah Operasi Sesar?

MY STORY  |  PREGNANCY  |  27 Dec '18

Proses melahirkan bagi seorang wanita diibaratkan sebagai sebuah gerbang menuju sebuah perubahan besar dalam hidup. Perubahan peran dari seorang istri menjadi seorang ibu. 

Sebagian besar wanita menginginkan melahirkan dengan proses normal. Namun apabila memang ada hal-hal yang tidak memungkinkan untuk melahirkan secara normal, maka operasi sesar adalah satu-satunya pilihan. 

Melahirkan secara sesar bukan tanpa risiko. Justru risikonya lebih besar. Oleh karena itu, kita sering mendengar bahwa apabila seorang ibu melahirkan secara sesar maka dia tidak boleh cepat-cepat hamil lagi.

Lalu bagaimana bila kita terlanjur hamil tak lama pasca operasi sesar?

Pengalaman saya hamil lagi 3 bulan pasca operasi sesar. Saya dan suami memutuskan untuk memiliki anak lagi karena anak pertama kami meninggal pada usia 9 hari. Keputusan ini tentunya sudah kami konsultasikan dengan dokter kandungan kami.

Beliau mengatakan bahwa tidak masalah bila hamil lagi dalam jarak yang tidak jauh setelah operasi sesar. Hanya saja konsekuensinya adalah kelahiran berikutnya juga harus melalui operasi sesar juga. Kenapa demikian? Karena saat operasi sesar, rahim adalah salah satu bagian yang ikut disayat. Apabila dalam kehamilan jarak dekat setelah sesar dipaksakan melahirkan secara normal dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan pada rahim yang masih dalam tahap recovery

Untuk menjaga segala kemungkinan, kami rutin melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan setiap bulan. Alhamdulillah tidak ada masalah sampai hari H saya melahirkan. 

Bagi Moms yang pernah melahirkan secara sesar dan ingin mempunyai anak lagi dalam jarak dekat, pengalaman saya mungkin bisa menjadi gambaran bahwa hal itu dimungkinkan untuk dilakukan. Namun tetap konsultasikan terlebih dulu dengan dokter kandungan masing-masing ya.

Semoga bermanfaat.

By: Tyas Fitrianingrum

Copyright by Babyologist

598 Tyas Fitrianingrum

Comments

Related Stories