Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Alergi Debu Membunuh Keponakanku

BABY  |  MY STORY  |  26 Jun '19


Rachel Iqlima, bayi perempuan yang usianya hanya berbeda 1 bulan lebih muda dari anak keduaku. Rachel tumbuh menjadi bayi yang cantik dan lucu, suara ocehannya yang khas membuatnya semakin menggemaskan. Namun suatu penyakit yang mengidap pada dirinya sejak lahir membuat sang ibu dan keluarga harus menguras tenaga dan semua waktunya untuk Rachel.

Berawal dari timbul bintik merah di tubuhnya yang kami kira umum terjadi pada semua bayi yang baru lahir. Hari demi hari sang ibu merawatnya dengan sepenuh hati, namun kulitnya pun semakin memerah hingga usianya genap 5 bulan. Sebelumnya dokter bilang ini adalah penyakit "alergi debu", semua pantangan dan anjuran dari dokter dilakukan oleh sang ibu. Tidak boleh makan ikan, ayam, dll yang bisa memperparah alergi pada tubuh Rachel. Tapi cara itu tidak cukup ampuh, melainkan kulit Rachel malah semakin parah hingga tubuhnya kurang mendapatkan protein hewani dari ASI.

Refleks tangannya menggaruk bagian tubuh yang gatal menyebabkan kulitnya berdarah hingga kepalanya. Rambutnya yang tumbuh hitam dan panjang terpaksa dicukur habis agar lebih mudah bagi sang ibu memberikan obat luar di bagian kepala. Tidak seperti bayi-bayi lain, hampir setiap detik tangisannya terus terdengar seperti menahan sakit. Tersentuh sedikit menjerit kesakitan, ingin sekali rasanya saya menggendongnya dalam waktu yang lama, namun Rachel seperti tidak kuat menahan rasa sakit jika bersentuhan dengan orang.

Hingga pada suatu hari Rachel pun dirawat di rumah sakit yang letaknya cukup jauh dari rumah, kulit bayi yang mungil itu pun ditusuk-tusuk dengan suntikan guna mencari lubang yang pas untuk dimasukkan alat infusan. Membutuhkan waktu yang cukup lama dan suntikan yang cukup banyak akhirnya ditemukan lubang untuk dimasukkan infus. Kondisi Rachel pun membaik sementara, Empat hari kemudian kondisi Rachel malah semakin memburuk, hingga dokter meminta izin ingin menggunakan cara infus melalui leher yang bisa menyebabkan infeksi pada paru-paru. Mendengar itu hati sang ibu semakin sedih, melihat putrinya disuntik saja rasanya ingin teriak, bagaimana melihatnya diinfus melalui leher yang membuatnya semakin kesakitan. Keluarga pun berembuk, hingga menemukan keputusan bahwa Rachel akan dirawat di rumah saja, karena melihat kondisi Rachel yang bukan malah semakin membaik.

Rachel pun pulang ke rumah, pekerjaan ibu sepenuhnya hanya mengurus Rachel. Hampir setiap malam sang ibu selalu terjaga, mata sembab tak dipedulikan, tubuh letih tak dirasakan, bahkan sampai lupa untuk makan, hanya ada harapan kesembuhan Putri tercintanya. Hingga ibu mendapati senyuman Rachel yang menandakan bahwa kondisi Rachel telah membaik, ocehannya yang lucu terus terdengar membuat hati ibu semangat kembali. Namun, pagi itu 17 April 2019 tubuh Rachel tiba-tiba lemas, semangatnya untuk menyusu tak lagi ditemukan, wajahnya pucat, sebagian tubuhnya terasa dingin. Terdengar suara rintihan yang terus menerus dari bibir mungilnya. Kami pun sekeluarga panik, sang ibu tak henti-hentinya mengeluarkan air mata sambil memanggil-manggil nama putrinya.

Dengan cepat Rachel pun segera dibawa ke dokter, sepanjang jalan sang ibu begitu takut menatap mata Rachel, namun sebaliknya Rachel terus menatap ke arah ibunya, mungkin bertanya-tanya ada apa ibu menangis di hadapanku? Setelah sampai di depan pintu IGD, sekujur tubuh Rachel terasa kaku, dingin dan tak bergerak. Ibu berusaha menggerak-gerakan tubuhnya sambil terus memanggil-manggil namanya. Dokter pun segera datang dan berusaha menolong Rachel, namun takdir berkata lain dan Rachel telah pergi untuk selamanya, nyawanya tak bisa lagi ditolong. Sang ibu pun hanya bisa menangis, tak ada yang bisa merasakan betapa sakit dirinya menerima kenyataan itu. 

Selamat jalan Rachel Iqlima, kini kamu sudah tidak merasakan sakit, ibumu akan selalu berdoa untukmu. Semua kenangan dalam waktu 6 bulan ini akan tersimpan dalam memori kami masing-masing agar teringat bahwa kamu selalu menjadi yang kami rindu.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

34621 Irna Dini A

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cantengan Yang Dialami Anakku, Apa Saja Penanganannya?

Si Kecil mengalami cantengan? Begini cara menanganinya Moms.

Tips Mendisiplinkan Bayi Kembar Supaya Orang Tua Juga Bisa Istirahat

Merawat bayi kembar tentu sangat melelahkan ya Moms. Yuk simak tips berikut ini agar Moms and Dads juga bisa beristirahat.

Cerita Pangkas Rambut Di Rumah Aja Ala Kami

Moms berpikiran untuk mencukur rambut si Kecil di rumah? Simak cerita berikut ini.

Kenali Penyebab Kuning Bayi

Tahukah Moms, jaundice atau penyakit kuning pada bayi baru lahir memang umum terjadi. Lantas apa saja yang menyebabkan bayi kuning?

Tips Supaya Si Kecil Anteng Selama Penerbangan di Pesawat

Perjalanan naik pesawat memang membutuhkan waktu yang lama tergantung destinasi. Ini tips agar si Kecil tidak rewel selama dalam perjalanan.

7 Hal Penting Saat Ajak Si Kecil Bermain di Playground

Saat si Kecil bermain di playground, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan demi keselamatannya. Apa sajakah itu?

NewBorn Shopping List Ala Mom Risny

Kebutuhan bayi baru lahir sangat banyak dan harus Moms persiapkan dari awal. Intip daftar belanjaan untuk bayi baru lahir Mom Risny berikut ini.

Review Baby Loop Bantal Menyusui Multifungsi

Mom Irene membagikan pengalamannya menggunakan Baby Loop, bantal menyusui multifungsi, hasil tukar poin di Babyologist.

Sudahkah Kebutuhan Zat Besi Si Kecil Terpenuhi?

Untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil, Moms harus memenuhi nutrisi-nutrisi yang dibutuhkannya. Salah satu nutrisi tersebut adalah zat besi.

Review Clodi: Sobi Diaper

Mom Riel mengemukakan kelebihan dan kekurangan produk Sobi Minky Micro Snap yang dibelinya.

Hati-Hati dalam Memilih Bantal Bayi

Buat para bumil, apalagi yang udah masuk trimester 3, pasti lagi excited banget buat nyiapin keperluan baby. Aku mencari info mengenai [...]

Ajak si Kecil Me Time di Baby Spa Yuk Moms!

Dengan maraknya bermunculan jasa yang menawarkan spa untuk bayi tentu membuat kita ingin mencoba ya Moms.

Tips Belanja Keperluan Newborn

Hai Moms! Di usia kehamilan yang sudah memasuki 25w ini, saya udah mulai bikin list belanja keperluan si kecil nih.

Perlak Karet vs Perlak Kain, Lebih Bagus yang Mana?

Momen menunggu kelahiran sang buah hati adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap orang tua.

Alasan Tubuh Bayi Selalu Beraroma Harum

Pernahkah Moms berpikir dari mana aroma harum di tubuh bayi itu berasal? Apakah semua bayi memilikinya?

Kirana & Kanaya (Twins, Premie Baby, NICU Warrior)

Ketuban pecah dini dan eklampsia membuat bayi kembarku harus lahir prematur dan dirawat 12 hari

Hal-hal yang Menjadi Pertanyaan Seputar Newborn

Sebagai New Moms atau bahkan New Dads kadang suka bingung kan tentang apa ya yang harus dilakukan buat baby?

Berbagai Tipe Clodi

Penggunaan clodi (cloth diaper) sebagai pengganti pospak (popok sekali pakai) semakin lama semakin populer.

Kelahiran Prematur dan Cara Merawatnya

Bagaimana cara merawat bayi prematur yang benar aga tumbuh kembangnya sempurna?

Pengalaman Membawa Newborn Baby Usia 2 Bulan Naik Pesawat

Bayi newborn (0-3 Bulan) selalu memerlukan perhatian dan perlakuan khusus dalam berbagai hal.