Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Alat Alami Turunkan Panas Bayi

HEALTH TIPS  |  18 Dec '17

Terjadi perubahan suhu lingkungan secara signifikan dan perubahan musim yang tiba-tiba bisa menyebabkan anak sakit dengan mudah. Bayi biasanya mengalami demam yang ditandai dengan tingginya suhu tubuh dan menggigil. Jika bayi demam, jangan menggunakan obat-obatan yang dibeli di apotik melainkan meramu sendiri alat alami untuk menurunkan panas pada bayi.

Berikut adalah beberapa alat alami yang sering digunakan untuk menurunkan panas badan Si Kecil :

Bawang merah

Bawang merah sudah terbukti ampuh dalam hal menurunkan suhu tubuh. Meskipun bau bawang merah terlalu menyengat untuk anak, prosesnya lebih cepat daripada kompres air biasa. Cara membuat ramuan ini cukup mudah yaitu siapkan terlebih dahulu bawang merah sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu kupas kulitnya dan ditumbuk sampai halus. Untuk menghaluskannya, bisa juga menggunakan parutan agar lebih halus.

Bawang merah yang sudah halus bisa langsung dioleskan pada anak maupun dicampurkan dengan kayu putih atau sejenisnya. Namun, dengan bawang merah saja sudah cukup. Agar lebih cepat menyerap panas, oleskan ramuan ini pada bagian pelipis, telapak tangan dan kaki, leher, perut, dan punggung. Lakukan berkali-kali sampai panasnya turun. Agar bayi tidak terganggu dengan baunya, lebih baik diaplikasikan ketika tidur.

Kunyit

Kunyit terkenal sebagai rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat termasuk juga menurunkan panas. Hal ini tidak banyak diketahui orang awam namun sudah terbukti dapat menurunkan panas dengan cepat. Cara untuk membuat ramuan penurun panas dari kunyit yaitu ambil kunyit secukupnya lalu cuci hingga bersih. Setelah itu haluskan kunyit dengan caradiparut. Hasil parutan kunyit dapat dicampurkan dengan setengah gelas air panas.

Setelah dicampurkan, aduk hingga merata lalu diamkan sampai air dingin. Jika air sudah dingin, saring ramuan dan ambil sari nya. Ramuan kunyit sudah jadi dan dapat dikonsumsi oleh anak. Meski rasanya tidak enak, menurunkan panas bayi dengan ramuan dari kunyit lebih aman daripada menggunakan obat-obatan dari apotik. Berikan obat tradisional ini secara rutin pada bayi 2 kali sehari sampai demamnya turun.

Semoga bermanfaat.

 

By: Babyologist Editor

1857 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories