Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Alasan Penting Mengapa Jumlah Kromosom Harus Pas Saat Hamil

PREGNANCY  |  02 May '18

Semasa kehamilan, jarang sekali kita mencoba mengenal atau mempelajari kromosom, termasuk saya, padahal kromosom merupakan hal yang sangat krusial dalam pembentukan dan perkembangan janin. Kromosom merupakan benang-benang yang terdapat di dalam nukleus atau sel. Kromosom ini terdiri dari DNA dan protein dari kedua orang tua.

Kromosom normal berjumlah 46 kromosom, 23 kromosom dari sang ibu dan 23 kromosom dari sang ayah. 2 kromosom dari 46 kromosom membawa DNA gender atau jenis kelamin bayi, yaitu kromosom X (perempuan) dan kromosom Y (laki-laki). Sehingga pada umumnya jumlah kromosom seorang laki-laki adalah 46 XY dan kromosom perempuan adalah 46XX.

Kromosom inilah yang manyatukan gen orang tua ke anak. Kromosom ini membawa DNA yang bisa berupa warna kulit, warna mata, tinggi badan, dan lainnya. Dibutuhkan jumlah kromosom Dad and Mom yang seimbang untuk sebuah kelahiran yang sehat. Kelebihan atau kekurangan 1 kromosom disebut sebagai Abnormalities Chromosome yang dapat menyebabkan beberapa syndrome seperti Down Syndrome (Trisomi 21), Edward Syndrome (Trisomi 18), atau Patau Syndrome (Trisomi 13).

Penyebab kekurangan atau kelebihan kromosom sendiri pada umumnya adalah karena adanya keabnormalan yang terjadi saat pemecahan sel didalam tubuh (cell division). Bagi saya, tentu merupakan rencana Tuhan yang saya percaya tidak ada yang kebetulan. Mereka adalah anak-anak dan orang tua yang terpilih for goodness. Jadi bukan karena keturunan atau kesalahan pihak orang tua, murni karena some people are too special sehingga cerita mereka dapat memberkati banyak orang.

Pentingnya mengenal kromosom saat kehamilan yang saya tulis disini adalah sebagai pengingat bagi para ibu hamil :

  • Don't worry too much. In the end, kita harus berserah dan berdoa pada Tuhan yang mengatur segalanya
  • Don't judge the people with syndromes. Melihat anak-anak yang mungkin terlihat "berbeda" dari anak biasa bukan berarti mereka aneh. Mereka memiliki kesempatan yang sama, they are not contagious, they're smile is though.
  • Bersyukur saat hari ini kita dan anak kita sehat. Itu adalah berkat yang beberapa orang harapkan. Be grateful and empathyze.

Semoga bermanfaat.

By: Marlisa Tenggara

506 Marlisa tenggara

Comments

Related Stories