Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Aktif Bersama si Kecil, Palo suka Bermain Masak-Masakan

MY STORY  |  22 Jul '20


Mengisi kegiatan selama di rumah ditengah pandemic seperti ini bisa dilakukan bersama si Kecil yah Moms. Jangan karena libur sekolah atau tidak ada kegiatan sama sekali Moms membebaskan si Kecil untuk bangun tidur siang, atau membiarkan si Kecil menonton TV atau video di Youtube.

Masih bertahap untuk terbiasa dengan kebiasaan baru di era new normal ini, Moms dan si Kecil belum boleh bebas untuk berkegiatan di luar rumah karena virus ini. Oleh karena itu, Moms bisa melakukan berbagai interaksi bersama si Kecil agar si Kecil dapat aktif dan tumbuh dengan bahagia.

Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan seperti, bermain cocok tanam, belajar main Montessori, bermain cat warna dan kanvas, bahkan bermain masak-masakan. Contohnya si Palo neh lagi suka sekali bermain masak-masakan selama di rumah ajah, tapi boleh ga sih anak cowo bermain masak-masakan?

Pada umumnya, jenis permainan anak biasanya dibedakan berdasarkan gender, seperti, mobil-mobilan untuk anak laki-laki, salon-salonan, masak-masakan, untuk anak perempuan dan ada pula yang netral bisa laki-laki dan perempuan seperti menggambar, menyusun balok, dan lain sebagainya. Nah bagaimana jika main masak-masakan dimainkan oleh anak laki-laki boleh kah? Atau bisa jadi feminim kah? sering sekali beberapa dari Moms pasti bertanya-tanya atau bahkan ada yang seperti saya, terkadang jika ada tamu atau sodara yang berkunjung ke rumah melihat Palo bermain masak-masakan, selalu diejek, loh, laki-laki kok main masak-masakan?.

Bagi saya, yang lebih penting adalah melihat dari segi fungsi dan kegunaanya permainan tersebut untuk tumbuh kembang anak. bermain masak-masakan, tidak sekedar memasak doank, loh, Moms, memang terlihat seperti hal yang sederhana tapi coba Moms perhatikan, lebih details lagi, apa saja yang anak dapat pelajari dari bermain masak-masakan.

  1.     Meningkatkan Daya Imajinasi

Bermain masak-masakan melatih daya imajinasi anak ketika, menghidupkan kompor mainan, seperti ada api, kalau disentuh bilang nas.. nass…, memasak makanan di wadah, sambil dibolak-balik seolah-olah seperti beneran. Bahkan anak juga bisa berimajinasi dengan benda lainnya seperti balok kayu berwarna merah disebut api. Teko yang dituangkan ke cangkir, seolah-olah ada airnya.

  1.     Menambah Pengetahuan

Jangan lupa ya mom setiap kali kita bermain dengan anak harus diarahkan, seperti mengenalkan nama-nama buah-buahan, sayur-sayuran, bisa juga mengenal warna dan bentuk, jadi ada nilai edukasinya, jangan biarkan anak bermain sendiri.

  1.     Melatih Mandiri Anak

Bermain masak-masakan juga melatih sikap mandiri loh mom, dengan mengambil bahan-bahan sendiri, memilih wadah yang diinginkan untuk dimasak sendiri, menaruh masakan di piring dan menyajikannya, setelah itu di bersihkan dan dikembalikan ketempat semula.

  1.     Mengontrol Emosi

Nah, tugas Moms untuk mengontrol emosi si Kecil. Misalnya, wadah yang diisi buah-buahannya tidak muat, anak merasa kesal dan sedih, jadi dipindahkan ke wadah yang lebih besar, atau membawa piring dan buah nya jatuh, terkadang palo nangis kalo buahannya jatoh, akhirnya saya pindahkan ke mangkok yang tidak leper.

  1.     Mengajarkan Bersosialisasi

Jika ada teman yang membutuhkan sayur atau buah, mau berbagi, atau meminjamkan temannya piring dan sendok, apalagi kalo maen sama Momsnya, bisa mendekatkan bonding kita ke anak, Moms.

Masih banyak lagi yang dapat kita ambil manfaatnya dari bermain masak-masakan, anak menjadi lebih aktif, dan kreatif, mengenal profesi juga, sebagai juru masak, atau penyedia makanan, menjadi kasir, dan banyak sekali nilai edukasinya. Apalagi Palo masih usia toddler, sangat tertarik sekali dengan permainan yang menggunaan banyak part yang colourful. Moms jangan takut yah kalo ada anak nya yang main masak-masakan. Selagi kita mengarahkan dengan baik dan ambil positifnya tidak ada masalah, anak juga akan mengerti sendiri dan bermain permainan sesuai gendernya ketika berusia 4 tahun.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

530 Mommy Palo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Agar Anak Mau Sekolah Sendiri, Yuk, Terapkan ke Si Kecil!

Terkadang kita bertanya-tanya, kenapa sih anak kita ogah-ogahan sekolah dan mengerjakan PR? Padahal, kalau pinter di sekolah itu ya mereka [...]

Hadir di Anniversary MoMaMi, Sandra Dewi Tekankan Pentingnya Dukungan Orang Terdekat Agar Ibu Tidak Stress

Pada 15 September 2022 lalu, Babyologist diundang untuk menghadiri 3rd anniversary MoMaMi. Dalam

Alat Makan Bayi Terbaik Versi Babyo Moms 2022

Si Kecil udah cukup umur tapi masih minta disuapin? Biar si Kecil mandiri makan sendiri, yuk kita kasih semangat dan dukungan lebih!

Murid SD Korban Kecelakaan Maut Hari Ini di Bekasi, Ini 15 Aturan Keselamatan Jalan yang Si Kecil Harus Tahu

Kecelakaan maut yang terjadi di depan SDN Kota Baru II dan III Kelurahan Kota Baru Bekasi pada Rabu (31/8/2022) sekitar pukul 10:05 WIB [...]

10 Baju Bola Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Pilihlah salah satu baju bola terbaik untuk bayi yang direkomendasikan untuk para ibu yang menyukai bola.

10 Pompa ASI Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)

Menggunakan pompa ASI elektrik terbaik harga murah dapat membantu menghasilkan ASI berlimpah dalam waktu singkat tanpa pegal. Berikut rekomendasinya.

6 Manfaat Mengajak Si Kecil Keluar Rumah Serta Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah dua tahun lamanya membatasi bepergian ke luar rumah, kini kita tahu betapa pentingnya aktivitas di luar rumah bagi kesehatan mental dan [...]

Khawatir Gigi Berlubang, Rawat Kesehatan Mulutnya Sejak Dini

Meski Moms mungkin tergoda untuk menunda merawat kebersihan mulut si Kecil sampai giginya tumbuh semua, merawat mulut dan gigi ternyata harus [...]

Candaan di Panggung Oscar Berujung Tamparan oleh Will Smith, Apa Sebenarnya Alopecia?

Panggung Gala Oscar 2022 pada Minggu (27/3) malam waktu Los Angeles, gempar setelah Will

Babyo Tips with dr. Lucia Nauli: Moms Pusing Si Kecil Menolak Potty Training?

Moms pusing ga sih kalau si Kecil menolak potty training? Simak penjelasan dari dokter @lucianauli

Berbulan-Bulan di Rumah, Begitu Keluar Rewel

Bayi yang baru lahir memang sebaiknya tidak dibawa bepergian terlalu sering karena daya tahan tubuhnya yang masih cenderung rendah. Akan tetapi, [...]

Bahaya Polusi Udara Mengintai, Kenali Kondisi Lingkungan, ya Moms!

Aktivitas manusia di luar ruangan di masa modern membuat kondisi udara memburuk. Asap kendaraan, asap pabrik, limbah udara menurunkan kualitas [...]

Tips Cara Memanaskan ASIP yang Cepat, Higienis, dan Ekonomis

  Memanaskan ASIP untuk si Kecil merupakan sebuah keputusan personal yang didasarkan dari

Vote Sekarang di Babyo Awards!

Suara Moms membantu Moms lainnya! Yuk ikut voting dan menangkan hadiah total 10 juta rupiah! Klik disini untuk ikutan Babyo Awards 2021!

Si Kecil Aktif Tanpa Bikin Moms Burnout, Gimana Ya?

Menghadapi anak di masa mereka yang super aktif membutuhkan tenaga dan effort yang besar dari kedua orang tuanya. Ditambah lagi.....

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?