Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Aktif Bersama si Kecil, Palo suka Bermain Masak-Masakan

MY STORY  |  22 Jul '20


Mengisi kegiatan selama di rumah ditengah pandemic seperti ini bisa dilakukan bersama si Kecil yah Moms. Jangan karena libur sekolah atau tidak ada kegiatan sama sekali Moms membebaskan si Kecil untuk bangun tidur siang, atau membiarkan si Kecil menonton TV atau video di Youtube.

Masih bertahap untuk terbiasa dengan kebiasaan baru di era new normal ini, Moms dan si Kecil belum boleh bebas untuk berkegiatan di luar rumah karena virus ini. Oleh karena itu, Moms bisa melakukan berbagai interaksi bersama si Kecil agar si Kecil dapat aktif dan tumbuh dengan bahagia.

Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan seperti, bermain cocok tanam, belajar main Montessori, bermain cat warna dan kanvas, bahkan bermain masak-masakan. Contohnya si Palo neh lagi suka sekali bermain masak-masakan selama di rumah ajah, tapi boleh ga sih anak cowo bermain masak-masakan?

Pada umumnya, jenis permainan anak biasanya dibedakan berdasarkan gender, seperti, mobil-mobilan untuk anak laki-laki, salon-salonan, masak-masakan, untuk anak perempuan dan ada pula yang netral bisa laki-laki dan perempuan seperti menggambar, menyusun balok, dan lain sebagainya. Nah bagaimana jika main masak-masakan dimainkan oleh anak laki-laki boleh kah? Atau bisa jadi feminim kah? sering sekali beberapa dari Moms pasti bertanya-tanya atau bahkan ada yang seperti saya, terkadang jika ada tamu atau sodara yang berkunjung ke rumah melihat Palo bermain masak-masakan, selalu diejek, loh, laki-laki kok main masak-masakan?.

Bagi saya, yang lebih penting adalah melihat dari segi fungsi dan kegunaanya permainan tersebut untuk tumbuh kembang anak. bermain masak-masakan, tidak sekedar memasak doank, loh, Moms, memang terlihat seperti hal yang sederhana tapi coba Moms perhatikan, lebih details lagi, apa saja yang anak dapat pelajari dari bermain masak-masakan.

  1.     Meningkatkan Daya Imajinasi

Bermain masak-masakan melatih daya imajinasi anak ketika, menghidupkan kompor mainan, seperti ada api, kalau disentuh bilang nas.. nass…, memasak makanan di wadah, sambil dibolak-balik seolah-olah seperti beneran. Bahkan anak juga bisa berimajinasi dengan benda lainnya seperti balok kayu berwarna merah disebut api. Teko yang dituangkan ke cangkir, seolah-olah ada airnya.

  1.     Menambah Pengetahuan

Jangan lupa ya mom setiap kali kita bermain dengan anak harus diarahkan, seperti mengenalkan nama-nama buah-buahan, sayur-sayuran, bisa juga mengenal warna dan bentuk, jadi ada nilai edukasinya, jangan biarkan anak bermain sendiri.

  1.     Melatih Mandiri Anak

Bermain masak-masakan juga melatih sikap mandiri loh mom, dengan mengambil bahan-bahan sendiri, memilih wadah yang diinginkan untuk dimasak sendiri, menaruh masakan di piring dan menyajikannya, setelah itu di bersihkan dan dikembalikan ketempat semula.

  1.     Mengontrol Emosi

Nah, tugas Moms untuk mengontrol emosi si Kecil. Misalnya, wadah yang diisi buah-buahannya tidak muat, anak merasa kesal dan sedih, jadi dipindahkan ke wadah yang lebih besar, atau membawa piring dan buah nya jatuh, terkadang palo nangis kalo buahannya jatoh, akhirnya saya pindahkan ke mangkok yang tidak leper.

  1.     Mengajarkan Bersosialisasi

Jika ada teman yang membutuhkan sayur atau buah, mau berbagi, atau meminjamkan temannya piring dan sendok, apalagi kalo maen sama Momsnya, bisa mendekatkan bonding kita ke anak, Moms.

Masih banyak lagi yang dapat kita ambil manfaatnya dari bermain masak-masakan, anak menjadi lebih aktif, dan kreatif, mengenal profesi juga, sebagai juru masak, atau penyedia makanan, menjadi kasir, dan banyak sekali nilai edukasinya. Apalagi Palo masih usia toddler, sangat tertarik sekali dengan permainan yang menggunaan banyak part yang colourful. Moms jangan takut yah kalo ada anak nya yang main masak-masakan. Selagi kita mengarahkan dengan baik dan ambil positifnya tidak ada masalah, anak juga akan mengerti sendiri dan bermain permainan sesuai gendernya ketika berusia 4 tahun.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

53 Mommy Palo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Memanfaatkan New Normal di Rumah dengan New Happy Routines Bersama Anak

Manfaatkan kondisi #di rumahaja dengan baik, salah satunya menghabiskan waktu dengan anak-anak dengan bermain bersama.

Moms & Dads, Lakukan Kegiatan Bersama Si Kecil Yuk!

Ada banyak sekali kegiatan yang dapat Moms & Dads lakukan bersama Si Kecil. Apa saja manfaat yang didapatkan Moms & Dads saat melakukan kegiatan [...]

Kegiatan Bersama Anak Selama Adaptasi Kebiasaan Baru

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum terlihat kapan akan usai, kita memperingati HAN dengan sedikit berbeda, ya, Moms. Berikut ini beberapa [...]

Main Bersama Anak, Memperkuat Bonding Anak dengan Orangtua

Rutinitas anak yang berubah termasuk belajar di rumah selama pandemi ini sangat membuat anak saya bosan.

Serunya Main Bersama Anak di Masa Pandemi

Nah, di sini, saya mau berbagi pengalaman kegiatan saya dan anak selama di rumah saja selama ini.

Manfaat Belajar Sambil Bermain untuk Si Kecil

Bermain mungkin terdengar sepele, namun sejatinya bermain untuk Si Kecil memberikan manfaat dan dampak jangka pendek maupun panjang yang baik.

Kegiatan Sederhana Kami Untuk Rayakan Hari Anak Nasional di Rumah

Berikut beberapa kegiatan yang saya lakukan di rumah untuk rayakan Hari Anak Nasional bersama Zila yang kini usianya 2,5 tahun.

Yuk Ketahui Manfaat Mengajak Si Kecil Bermain Moms

Selama WFH, ada banyak pengalaman yang saya rasakan ketika harus membuat si Kecil tetap merasa nyaman ketika harus di rumah saja.

5 Kegiatan Bersama Anak Agar Tidak Bosan Di Rumah

Kita sebagai orangtua harus pintar menyiapkan kegiatan bermain dengan anak agar tidak bosan, meskipun mereka cuma di rumah saja. Kira-kira, apa [...]

Aktif Berolahraga Bersama Anak Selama Masa Adaptasi Kegiatan Baru

Salah satu hal yang rutin saya lakukan bersama si Kecil adalah melakukan berbagai macam olahraga ringan untuk menyalurkan tenaganya namun dalam [...]

Ide Bermain: Mengenal Anggota Keluarga Melalui Foto

Saya mengenalkan keluarga kepada Fiersa melalui foto. Saya print foto nenek atuk bunda om dan abang-abangnya, juga foto keluarga Suami Saya. [...]

Aktif Bersama Anak di Rumah Selama Masa Pandemi

Sebenarnya banyak kegiatan di rumah yang bisa kita lakukan bersama dengan anak. Berikut ini adalah beberapa kegiatan rumah yang sering saya [...]

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Moms

Berikut ini, ada tips sukses memompa ASI terutama untuk working Moms.

Tetap Aktif Bersama Anak di Rumah Selama Pandemi

Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli menjadi momen yang berbeda tahun ini karena kita masih berada di tengah wabah Corona yang belum [...]

Berbagai Kegiatan yang Kami Lakukan Agar Betah di Rumah

Moms, gimana, masih betah di rumah aja? Saya yakin kala di rumah aja Moms dan keluarga punya kegiatan tersendiri yang biasa dilakukan bersama-sama.

Manfaat Non Nutrisi Menyusui sebagai Sarana Bermain Anak

Untuk Moms yang masih belum mantap dan yakin menyusui si Kecil, coba simak berbagai manfaat menyusui di bawah ini:

5 Kegiatan Bersama Si Kecil Selama Adaptasi Kebiasaan Baru

Apa saja, nih, kegiatan selama Adaptasi Kebiasaan Baru yang bisa Moms lakukan di rumah bersama si Kecil?

Tips Staycation di Masa New Normal

Moms merencanakan staycation dalam waktu dekat? Yuk, simak tips berikut ini.

Tetap Aktif Bersama si Kecil di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Hai Moms! Sebentar lagi kita akan memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tepatnya pada tanggal 23 Juli, nih, Moms.