Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Akibat Kram Otot Pada Masa Kehamilan

PREGNANCY  |  27 Dec '17

Sebagian wanita yang sedang hamil mengalami kram dan pegal di bagian tangan dan kaki yang membuatnya sulit bergerak. Hal ini karena ibu kurang mengkonsumsi kalsium dan harus menanggung berat dua badan dua kali lipat dari biasan ya. Selain itu, kelelahan juga dapat menjadi faktor penyebabnya. Otot tangan tegang dapat terjadi pada ibu hamil kapan saja, terutama ketika bangun tidur. Tidak hanya otot tegang, tangan juga dapat mengalami pembengkakan sama halnya dengan kaki.

Namun tidak perlu khawatir ketika terbangun tangan ibu sakit dan sulit untuk digerakkan. Sebab, hal itu normal dan sering terjadi pada wanita yang sedang mengandung. Meski demikian, bukan berarti dapat dibiarkan karena akibat otot tangan tegang ibu akan kesulitan bergerak dan sulit sembuh dalam waktu yang singkat. Ketika mengalami kram pada bagian tangan, segera pijat bagian yang kram pada orang di sekitar. Diusahakan sambil diberi minyak urut agar segera sembuh.

Untuk menghindari otot tangan tegang, konsumsilah makanan yang mengandung banyak kalium dan kalsium. Selain itu, perhatikan pula posisi tidur ibu. Hindari kebiasaan melipat tangan di bawah kepala saat tidur karena akan menyebabkan tangan kram dan kesemutan. Saat tidur letakkan tangan di depan agar tidak terhimpit oleh badan dan juga miringkan badan agar lebih nyaman. Terutama ketika perut semakin besar

Otot tangan yang kram disertai pembengkakan bisa terjadi jika aliran darah terhambat. Oleh karena itu, usahakan untuk menempatkan tangan lebih tinggi dari jantung agar darah terus mengalir. Sama halnya dengan tangan, bagian kaki juga berpotensi mengalami gangguan yang sama. Oleh karena itu hindari aktifitas berat yang menggunakan tangan atau kaki secara berlebihan serta istirahat yang cukup setelah melakukan berbagai aktifitas.

Apabila kram dan kesemutan sering terjadi, segera periksakan diri ke dokter. Sebab, hal itu bisa menjadi tanda penyakit lainnya yang lebih serius. Ibu juga akan kesulitan melakukan aktifitas seperti biasanya jika terus menerus mengalami hal ini. Kesehatan ibu selama kehamilan harus dijaga dengan baik. Jika ibu sakit, pertumbuhan janin pun menjadi terhambat. Oleh karena itu, jalankan pola hidup sehat dan rutin memeriksakan diri dan kandungan agar perkembangan janin dapat terus dimonitor hingga persalinan.

 

Semoga bermanfaat.

 

By: Babyologist Editor

BACA JUGA: Baikkah Mangga Untuk Kandungan?

656 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories