Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ajari Anak 10 Hal Penting Ini Sebelum Umur 10 Tahun

MY STORY  |  PARENTING  |  20 Sep '19


Bagi sebagian orangtua, bahkan tidak terkecuali saya sebagai new moms. Memang susah-susah gampang dalam mengajarkan anak berbagai hal baru, termasuk dalam memberikan dasar edukasi penting untuknya kelak. Seperti yang pernah saya share sebelumnya tentang bagaimana mengajarkan anak tentang three magic words, kali ini saya akan sharing tentang hal-hal apa saja yang harus anak kita tahu sebelum umurnya mencapai 10 tahun.

Terkesan sepele dan mudah, tapi jika kita tidak konsisten mengajarkannya dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu, kenapa harus sebelum 10 tahun? Karena menurut saya, 10 tahun adalah masa-masa dimana anak belum memasuki masa "teenagers". Yaitu masa dimana anak beranjak ABG, yang biasanya akan lebih banyak ingin tahu hal-hal baru dalam hidupnya. Layaknya perkataaan "maaf, tolong, dan terimakasih".

Hal-hal dibawah ini pun wajib untuk di tanamkan sejak dini, apa saja itu?

1. Berani bilang tidak jika diajak orang lain untuk melakukan hal-hal tidak baik.

2. Mencintai lingkungan harus dimulai dari diri sendiri. Ini bisa dilakukan dengan Moms mengajarkan anak menanam tanaman kecil di pot rumah, tidak membuang sampah sembarangan, dsb.

3. Tidak perlu takut untuk bilang ke guru atau orangtua jika sedang sakit. Bagi siapapun orang, kesehatan adalah nomer 1 tidak terkecuali anak kecil sekalipun.

4. Perlihatkan pada anak bahwa Moms adalah orang yang bisa dipercaya dan bisa dijadikan tempat curhat. Jika anak melakukan kesalahan, jangan langsung di judge ya moms. Tanya baik-baik apa alasan dia melakukan hal tersebut dan cari solusi bersama-sama.

5. Jelaskan pada anak bahwa ia bisa membela dirinya jika ada yang berusaha menjelek-jelekannya ataupun menjatuhkan harga dirinya. Apalagi sekarang sangat marak tindak pelaku bullying yah, Moms. Perlu ditanamkan sejak dini bahwa anak kita bisa menghadapi dan melawan itu semua.

6. Bertanya pada guru atau orangtua jika ada hal yang tidak dimengerti disekolah maupun di lingkungan sehari-hari. Tidak apa-apa yah moms kalau anak akan lebih bawel dalam hal ini. Karena lebih baik ia bertanya kepada kita atau gurunya, dibanding ia harus bertanya kepada orang lain atau temannya dan akhirnya mendapat jawaban/respon yang tidak baik dan sesuai.

7. Mendapat nilai yang tinggi tidak akan berarti jika didapat dari hasil mencontek. Ini juga hal penting yang terlihat sepele yah, Moms. Karena jika dibiasakan sejak kecil, tidak menutup kemungkinan akan terbawa hingga ia besar nanti.

8. Tidak apa-apa kalau tidak sengaja membuat kesalahan, asalkan tahu bagaimana cara memperbaikinya. Ini bukan berarti saya mendukung anak-anak untuk berbuat salah yah, Moms. Tapi lebih ke bagaimana respon kita jika anak melakukan kesalahan. Tidak sedikit dari kita yang langsung memarahinya, padahal jika dihadapi dengan tenang dan baik, si anak pun akan terlatih lebih dewasa dalam menghadapi masalahnya.

9. Menghormati orang lain adalah hal yang sangat penting dalam bergaul sehari-hari. Baik itu tua atau muda, laki-laki atau perempuan, semua harus dihormati secara setara. Tidak membedakan-bedakan.

10. Jangan ikut berbuat nakal hanya untuk mendapatkan teman.

Semua point diatas sebenarnya adalah sedikit rangkuman dari banyak hal yang saya pelajari sehari-hari. Padahal masih banyak lagi hal-hal penting yang memang harus ditanamkan sejak dini. Saya banyak sekali belajar cara parenting yang baik dan yang seharusnya dari orang-orang sekitar. Sayang sekali bukan kalau banyak pengalaman yang harusnya kita jadikan pelajaran akan tetapi justru terlupakan begitu saja? Karena menjadi orangtua tidak ada sekolahnya, semua terjadi otodidak dan begitu saja. Yuk, Moms! Mulai dari sekarang ajarkan beberapa point diatas pada si Kecil.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

10503 Rae Fathy Aulia Rusba

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebagai Working Mom

Menjadi seorang working Mom tentunya memiliki tantangan tersendiri. Yuk simak tips dari Mom Inayah berikut ini.

Hal yg Bisa Dilakukan untuk Mengisi Kegiatan si Kecil di Rumah Selama Pandemi

Moms, yuk simak aktvitas yang bisa dilakukan di rumah bersama si Kecil berikut ini.

Fiersa is Turning One

Merayakan ulang tahun pertama pastinya adalah moment yang tidak bisa dilewatkan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Caraku Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga di Tengah Pandemi

Rumah tangga yang harmonis pasti sudah menjadi dambaan pasutri. Simak tips berikut ini yuk Moms and Dads!

Caraku Mengatur Keuangan Keluarga di Kondisi Pandemi

Di tengah-tengah pandemi ini tidak bisa dipungkiri bahwa banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi. Simak tips berhemat berikut ini yuk!

Punya Anak Perempuan Lebih Boros?

Hayo siapa yang punya anak perempuan dan merasa boros karena beli barang-barang lucu atau baju untuk Si Kecil? Sebenarnya boros tidaknya [...]

Cerita Sibling Goals di Usia Berdekatan

Bagaimana ya caranya agar kakak adik rukun? Yuk, simak cerita berikut ini.

Mengajarkan Kemandirian Sejak Dini Penting Gak Sih Moms?

Mengajarkan si Kecil untuk mandiri sedari dini memiliki banyak manfaat loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Ide Kreatif Bermain Saat Mati Lampu

Mati lampu memang menjadi kondisi yang kurang nyaman. Namun, Moms bisa memanfaatkan kondisi ini untuk barmain dengan si Kecil.

Suamiku Ayah ASI! Yuk Tanamkan Positif Mind!

Hai para istri, yuk belajar cara merayu suami agar mau untuk menjadi ayah ASI berikut ini!

Pengalaman Lebaran Pertama Tanpa Keluarga

Meskipun jauh dari sanak saudara, Lebaran sudah seharusnya menjadi momen yang dirayakan. Yuk, simak cerita berikut ini.

Setahun Bersama Babyologist

Moms, yuk simak pengalaman Mom Dinar setahun bersama Babyo berikut ini.

Menjadi Istri dan Teman Bagi Suami di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Yuk belajar jadi Istri yang baik dan teman bagi suami kita.

Semakin Harmonis Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips untuk semakin harmonis selama masa pandemi ini.

Mengenal Tedak Siten

Apa itu Tedak Siten? Mari simak bersama berikut ini!

Keseruan Memiliki 2 Balita Dengan Jarak Dekat

Anak di usia balita adalah fase dimana anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, cenderung lebih egois, dan lebih senang berekplorasi. Usia [...]

Biasakanlah Mengucapkan Kata-kata Positif pada Anak

Seperti apa sih kata-kata positif yang baik untuk kita ucapkan pada anak? Simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker Pada si Kecil

Bagaimana cara merayu si Kecil agar mau mengenakan masker? Simak cerita berikut ini.

Tetap Harmonis Bersama Pasangan Di Masa Pandemi

Moms and Dads yuk usahakan sebisa mungkin untuk tetap rukun di masa pandemi ini. Simak cerita dan tips berikut ini ya.

Mengatasi Kakak Adik yang Sering Berantem

Kakak dan adik sering berantem? Simak tips ini yuk Moms and Dads.