Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Air Kelapa Membuat Bayi Bersih Saat Baru Lahir?

MY STORY  |  OTHERS  |  15 Sep '18


Waktu hamil banyak yang menyarankan saya untuk minum air kelapa muda agar saat anak lahir nanti bersih. Kebetulan saya mengidam air kelapa beberapa kali. Saya pernah malam-malam mengajak suami ke restoran cuma buat minum air kelapa batok dan menikmati rasanya yang segar. Kata orang-orang, air kelapa bisa membuat ketuban jadi bersih dan saat lahir, anaknya tidak terbungkus sama lemak-lemak. Terus kulit anaknya juga bisa jadi putih bersih.

"Air kelapa bisa membuat bayi baru lahir bersih" itu hanya MITOS. Apalagi kalau sampai warna kulitnya bisa jadi putih. Warna kulit itu ditentukan oleh GENETIK, bukan dari makanan.
Genetik itu dari keluarga, misal ayahnya bule ibunya sawo matang, ya anaknya bisa saja ikut ayah jadi bule.

Tapi jika ayah ibunya sama-sama sawo matang dan dari kakek neneknya sama sekali tidak ada keturunan bule, maka tidak mungkin anaknya bisa jadi bule.

Air kelapa muda sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena banyak mengandung elektrolit, kalium, dan vitamin. Jadi buat bumil sangat boleh untuk meneruskan minum air kelapanya. Tapi jangan beli air kelapa kemasan, karena vitaminnya sudah banyak yang hilang.

Apa Sebenarnya Lemak-lemak Putih yang Membungkus Bayi?

Itu namanya VERNIX CASEOSA, asalnya dari kelenjar minyak bayi dan sudah ada sejak bayi usia 27 minggu dalam kandungan.

Lemak ini warnanya putih kekuningan seperti keju dan menyelimuti seluruh tubuh bayi. Semakin tua bayi saat dilahirkan, vernix akan semakin sedikit. Jadi kalau lahir >37 minggu, maka biasa vernixnya lebih sedikit daripada yang lahir prematur.

Fungsinya Apa?

  • Agar kulit bayi tidak mengerut saat masih dalam kandungan. Kulit saja kalau direndam di air walau sebentar, bisa mengerut. Jadi lemak ini melindungi kulit bayi dari air ketuban.
  • Mempermudah keluarnya bayi lewat jalan lahir.
  • Mencegah infeksi pada newborn.

Jadi Moms tidak usah takut saat lahir anaknya banyak lemak menjijikkan, itu karena di beberapa RS, justru lemak itu tidak dibersihkan dan dibiarkan mengering, biasanya dalam seminggu juga sudah bisa terserap sendiri karena fungsinya sebagai antibiotik alami.

Semoga bermanfaat.

By: Febby Haryono

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2654 Febby haryono

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Kapan Haid Kembali Setelah Melahirkan?

Moms setelah melahirkan kapan idealnya akan mengalami menstruasi kembali?

Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan ala Mom Mega

Pasca melahirkan biasanya Moms akan mengalami kerontokan rambut. Berikut tips mengatasi rambut rontok ala Mom Mega

Tips Naik Pesawat dengan Batita

Banyak hal yang dikhawatirkan para Mom saat ingin bepergian dengan pesawat bersama Si Kecil. Yuk, simak tips dari Mom Lidwina ini.