Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Agar Sukses ASI jangan Malu untuk Libatkan Suami

MY STORY  |  15 Jul '20


Mempunyai buah hati adalah anugerah terindah untuk keluarga. Namun, tidak sedikit juga Moms yang bingung dan salah dalam mengasuh si Kecil. Yah ini adalah salah satu pengalaman Mommy Palo waktu pertama kali melahirkan anak pertama.

Menikah dan tinggal hanya dengan suami berdua saja, pada saat itu Mom Palo masih bekerja di salah salah satu perusahaan. Bahkan menjelang hari H melahirkan Moms Palo masih bekerja. Setelah melahirkan, ASI ternyata sulit keluar karena Mom Palo belum tau caranya dan harus bagaimana. Kebayang hanya berdua saja tanpa dididampingi orang tua dan memang usia kami pada saat itu masih terbilang muda, jadi pengetahuan seputar ASI tidak terlalu banyak.

Setelah konsultasi dengan bidan, ternyata ada beberapa cara agar ASI bisa lancar, yaitu dengan mengkonsumsi buah dan sayuran hijau, makanan yang sehat dan nutrisi tinggi, serta minum susu atau Booster penambah ASI. Jaga kebersihan area payudara dengan selalu membersihkan bagian nipple agar tidak tertutup dengan kotoran yang akan menyumbat ASI keluar.

Namun yang tidak kalah penting adalah jangan segan untuk melibatkan suami dalam mengasuh bayi di fase awal memiliki si Kecil itu sangat berpengaruh juga Moms terhadap produksi ASI. Apalagi sepeti Moms Palo yang memang hanya tinggal berdua karena orang tua berada jauh diluar kota hanya bisa bertatap muka lewat video call atau telepon. Jadi Moms Palo dan suami bekerja sama dalam mengasuh si Kecil, tentu saja semua itu harus saling dibicarakan ya Moms, kalo cuma diem aja dan berharap suami bantuin juga tidak bisa. Ajaklah pasangan berbicara saat sore hari dengan ngeteh bareng.

Seperti apa sih bentuk dukungan suami kepada Moms agar Moms bisa lancar dan sukses ASI, tidak terlalu ribet kok Moms, hanya tips simple saja tapi sangat besar pengaruhnya:

  1.     Suami selalu mendukung dan memberikan semangat kepada Moms

Kehadiran si Kecil bisa dikatakan mengubah jam tidur Moms, saat harus menyusui si Kecil dan bangun dimalam hari, Atau si Kecil rewel dan menguras energi Moms. Disini dukungan suami sangat penting Moms, memberikan semangat “ayo, kamu bisa, harus percaya diri untuk kasih ASI ke si Kecil”. Dan terkadang saat bangun dimalam hari suami pun ikut menemani Moms, saat menyusui si Kecil. Dengan mendapat dukungan dari suami Moms akan merasa lebih kuat dan semangat.

  1.     Suami akan memberikan rasa nyaman kepada Moms

Terkadang Moms Palo menyusui si Kecil bisa sampai tertidur duduk, kadang suami selalu datang dan mengambilkan bantal kecil untuk dijadikan menyanggah leher agar lebih nyaman. Atau jika Moms sangat terlihat lelah kadang suami akan buatin teh hangat atau susu ASI dan mengambil beberapa makanan cemilan.

  1.     Suami akan berikan waktu istirahat kepada Moms

Agar ASI lancar Moms harus menjaga kesehatan Moms dengan istirahat yang cukup. Jika Moms kelelahan maka produksi ASI juga berkurang Moms. Nah Moms bisa selipkan waktu tidur jika si Kecil juga sedang tertidur, atau bisa meminta bantuan suami untuk menjaga si Kecil agar Moms bisa beristirahat sebentar.

  1.     Suami akan mengambil alih pekerjaan rumah tangga yang dikerjaan Moms

Nah karena repot mengurus si Kecil biasanya Moms Palo sering tidak sempat untuk membereskan rumah, seperti mencuci piring setelah makan dan menyapu lantai. Nah suami akan mengambil alih pekerjaan Moms sembari Moms lagi menyusui si Kecil, ini akan sangat membantu Moms untuk menghemat tenaga dan pekerjaan rumah juga selesai.

  1.     Suami adalah pendengar yang baik untuk Moms

Jauh dari orangtua, dan tidak ada pengasuh untuk si Kecil tentu Moms sangat emosional dan banyak sekali yang pengen diceritakan. Jangan malu atau segan untuk curhat kepada suami. Suami bisa mendengarkan semua keluh kesah Moms saat menyusui dan mengasuh si Kecil. Jangan menyimpen unek-unek Moms, semua harus diungkapkan agar lebih lega dan rilex.

  1.     Suami akan membantu Moms mencari informasi tentang ASI

Biasanya suami akan mencari informasi seputar ASI dengan bertanya dengan orang tua atau sodaranya bisa juga kepada teman-temannya yang memiliki pengalaman seputar menyusui. Atau bisa pergi ke dokter khusus ibu dan anak untuk mendapatkan informasi yang sangat akurat.

Menjadi new Moms memang tidak mudah Moms, tapi jangan larut dalam ketidak tahuan, jadi lah Moms yang selalu ingin tau dan percaya diri untuk ingin berikan ASI yang terbaik untuk si Kecil. Suami bisa menjadi teman, sahabat, saudara, bahkan orang tua bagi seorang istri, jadi jangan malu atau pun takut meminta bantuannya. Komunikasi yang baik akan menjadikan keluarga hangat dan harmonis serta Moms bisa sukses ASI untuk si Kecil.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2324 Mommy Palo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Hal-hal Yang Bikin Stress Selama Pandemic dan Cara Mengatasinya

Ini lah beberapa masalah yang timbul yang mengakibatkan para Moms Millenial mengalami stress dan cara mengatasinya.

Kelola Stress Di Masa Pandemi Ala Ibuk Fiersa

Sebagai seorang istri, Saya harus mengelola stress ini dengan baik. Agar orang-orang di dalam rumah tetap bahagia. Bagaimana cara Saya mengelola [...]

Simak 4 Tips Berikut Untuk Mengatasi Stres di Tengah Wabah Covid-19, Moms!

Sebagai Millenial Moms, bagaimana cara mengatasi stres yang timbul terlebih karena kondisi pandemi ini? Simak tips mengatasi stres berikut ini, Moms.

Tingkatkan Kualitas Udara di Rumah dengan Drew

Menjaga kebersihan rumah menjadi prioritas Moms mengingat banyak polutan yang terbawa oleh udara yang kita hirup nih, Moms.

4 Cara Sederhana Hilangkan Stress Stay-at-home Moms

Hadirkan suasana relaks, bersih, dan sehat di rumah. Moms bisa memasang air purifier sebagai alat bantu untuk menciptakan suasana ruangan [...]

Udara yang Sehat Bebaskan Diri dari Stres

Selain karena kegiatan yang kita lakukan, ternyata udara yang bersih dan sehat juga dapat mempengaruhi tingkat stres kita, Moms.

Ini Caraku Hadapi Stress di Kala Pandemi

Kualitas udara di rumah sangat memengaruhi kesehatan tubuh. Udara yang berkualitas baik dapat mengurangi kadar stres, loh, Moms!

Menjaga Kualitas Hidup Keluarga Sebagai Cara Mengatasi Stres

Beraktivitas dari rumah memang akan memberikan banyak waktu bagi Moms dan keluarga untuk sering berkumpul. Namun, konflik baru dan kejenuhan [...]

Cara Sederhana Bebaskan Stres yang Melanda

Selain akan memberikan rasa tentram, bahagia dan nyaman berpikir positif di masa sekarang juga mempunyai beberapa manfaat, loh, Moms.

Cara Ku Mengatasi Stres Menyapih Uwais

Aku mengatasi stres menyapih Uwais dengan menjalankan pola hidup yang lebih sehat dan teratur.

Penyebab Stres Moms Milenial dan Cara Mengurangi Dampaknya

Karena stres dapat meningkatkan efek dari polusi dan polusi juga dapat meningkatkan stres, Moms perlu sekali untuk mengurangi bahkan menghindari [...]

Hilangkan Stress Dengan Udara Yang Bersih dan Sehat

Agar dapat bernafas lebih baik, alangkah baiknya selalu sedia Drew Air Purifier di dalam ruangan.

Milenial Moms? Yuk Hindari Stress Dengan Olahraga

Tahukah Moms, dengan berOLAHRAGA dapat meredakan stress seseorang? Olahraga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Cara Mengatasi Stres saat Menjadi New Mom

Selain terus berusaha beradaptasi dengan baik untuk melakukan aktivitas menjadi ibu, saya juga mencari cara mengatasi stres agar tidak membawa [...]

Bagaimana Cara Mengatasi Stress Versi Mom Gwen?

Saya ingin memberikan beberapa tips bagaimana cara untuk mengatasi stress yang sangat mengganggu pikiran dan kesehatan Moms versi Mom Gwen.

Drew Air Purifier Bantu Moms Tenangkan Pikiran Agar tidak Gampang Stres

Saya punya beberapa cara yang dilakukan ketika pikiran mulai stress.

4 Cara Redam Stress dengan Me Time Ala Stay-at-home Moms

Ketika stres melanda, saya meluangkan waktu sejenak untuk “me time”. Apa saja yang saya lakukan? Simak, yuk, di artikel ini!

5 Hal Ini Dapat Atasi Stres

Beberapa hal dapat kita lakukan untuk mengurangi stres yang kita alami. Simak artikel berikut ini, ya, Moms!

Cara Mengatasi Stres Agar Moms Tetap Waras di Tengah Wabah

Bagaimana cara mengatasi agar stres tidak berdampak buruk bagi kita? Berikut beberapa cara mengatasi stres yang dapat Moms ikuti.

Cara Kami Mengatasi Stres Akibat Pandemi Virus Covid-19

Pandemi virus Covid-19 yang mengahantam kehidupan kita secara tiba-tiba akhir-akhir ini tentu membuat syok, bingung, bahkan stres secara bersamaan.