Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Aduh, si Kecil Kolik! Apa yang Harus Dilakukan?

FEEDING  |  MY STORY  |  28 Feb '19


Sewaktu usianya masih 2-3 bulan, Sofia sering banget mengalami kolik. Hampir setiap malam sebelum tidur dia menangis tanpa sebab hingga berjam-jam, dan di sela-sela tangisannya itu selalu saja gumoh.

Berat badan yang awalnya naik 1.4 kg di bulan pertama pun langsung merosot tajam pada bulan-bulan berikutnya. Waktu saya konsultasi ke DSA terkait hal ini, beliau bilang mungkin Sofia sedang mengalami kolik.

Tentu saya bingung mendengar pernyataan dokter. Bagaimana bisa Sofia terkena kolik padahal sejak lahir sampai usianya tiga bulan (saat kontrol ke DSA), dia selalu disusui secara direct breastfeeding.

Ternyata, berikut ini faktor yang membuat Sofia kolik:

  • Produksi ASI terlalu deras
    Saat itu, saya memang jarang memompa ASI sebelum menyusui. Sofia pun minum susu ketika payudara sedang kencang karena sudah penuh, akibatnya dia tersedak, rewel dan perutnya kembung karena kebanyakan menangis.
  • Protein asing dalam ASI
    Apa pun makanan yang dikonsumsi ibu menyusui pasti mempengaruhi sang bayi. DSA-nya Sofia pun meminta saya untuk berhenti minum susu almond, yoghurt, makan keju dan berbagai produk olahan susu sapi lainnya.

Bagaimana cara mencegah kolik?

  1. Biasakan menepuk punggung bayi secara lembut usai memberikan susu, supaya udara yang ikut masuk saat menyusu dapat keluar.
  2. Jangan sering gonta-ganti payudara ditengah-tengah proses menyusu.
  3. Apakah Moms sudah mengganti botol susu anti kolik? Kalau minum susu pakai dot, usahakan ganti menjadi botol susu anti kolik. Lubang yang terlalu kecil pada botol bayi dapat membuatnya menelan lebih banyak udara ketimbang cairan. Karena itu, sebaiknya mengganti dengan botol susu anti kolik.

Ketika Sofia sedang kolik, saya sempat dikasih resep suplemen untuk pencernaan merek Liprolac. Cara pakainya tinggal dicampurkan dengan ASI perah dan diberikan satu kali sehari sebelum minum susu.

Tapi tidak pernah sekalipun diberikan, karena saya percaya kunci menghadapi kolik adalah sabar dan gendong. Suatu saat, masalah ini akan berhenti dengan sendirinya kalau sistem pencernaan bayi sudah sempurna.

 

Semoga bermanfaat.

By: Regina Nabila Fiardini

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

477 Regina Nabila Fiardini

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Mom

Para working Moms, tips berikut ini sangat membantu untuk menyukseskan menyusui si Kecil loh! Yuk, disimak!

Butuh Komitmen Untuk Working Moms Tetap MengASIhi

Komitmen merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para ibu bekerja dan yang memperjuangkan ASI. Yuk, simak cerita berikut ini.

Sulit Memompa di Kantor? Coba Datang Lebih Pagi

Datang ke kantor lebih pagi ternyata bisa menjadi Salah satu kuncii keberhasilan memompa loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Working Mom yang Eping Cerdas Memilih Pompa ASI

Bagi para Ibu bekerja, memompa ASI tentunya membutuhkan usaha ekstra. Yuk, simak tips dari Mom Inayah Soenaryo berikut ini.

Tips Mengatasi Kendala Menyusui

Moms, yuk simak tips mengatasi kendala menyusui ala Mom Dinar Indah Palupi berikut ini.

Si Kecil Mengalami GTM, Tetap Perjuangkan Hak ASI!

Di kala si Kecil GTM, jangan berhenti untuk memperjuangkan ASI untuk si Kecil ya stay at home Moms dan juga working Moms.

Tips Aman Memompa Asi Untuk Working Moms di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi dan masa adaptasi kebiasaan baru tentunya menuntut Moms semua juga memiliki kebiasaan baru dalam hal memompa ASI. Yuk, simak berikut ini.

Sukses Memompa ASI di Kala Bekerja

Ini cara working Moms untuk tetap bisa memompa ASI di kala sibuk beraktivitas.

Tips Sukses Memompa ASI Untuk Para Working Moms ala Ummah Uwais

Yuk Moms simak tips sukses memompa ASI ala Ummah Uwais berikut ini.

Operasi Benjolan Payudara Karena Salah Memompa ASI

Moms, salah memompa ASI ternyata dapat berakibat fatal loh. Yuk, simak cerita berikut ini.

10 Fitur yang Harus Dimiliki Pompa ASI Dual Motor

Tahukah, Moms, tentang keunggulan pompa ASI elektrik dual motor? Inilah 10 fitur penting dari pompa ASI jenis tersebut.

Pastikan Memilih Pompa ASI dengan Dual Motor, ya, Moms!

Pompa ASI saat ini juga hadir dengan dua pilihan, elektrik atau manual, dual pump atau single pump. Memilih pompa ASI yang nyaman memang [...]

Mengenal Manfaat Dual Motor pada Pompa ASI

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi baru pada alat pompa ASI. Moms dapat mencari pompa ASI terbaik dengan fitur-fitur berikut.

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Moms dan Si Kecil

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran busui tentang berbagai manfaat pumping, semua kalangan ibu menyusui kini [...]

Kelebihan Pompa ASI Dual Motor: Nyaman dan Efisien

Berbagai jenis pompa ASI saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran dari mulai model manual hingga elektrik dengan berbagai merk dan varian [...]

Pompa ASI Dual Motor Pilihan Buat Working Moms

Dalam memilih pompa ASI, ada hal lain yang perlu Moms perhatikan selain membeli yang sesuai kebutuhan Moms. Sebelumnya, tahukah Moms ada pompa [...]

Keunggulan dari Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI memang sudah menjadi barang yang harus dimiliki para ibu menyusui. Dengan adanya pompa ASI, Moms akan sangat terbantu saat melakukan [...]

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Kelancaran Menyusui

Banyaknya jenis pompa ASI sering membuat busui bingung. Aku menyarankan Moms untuk menggunakan pompa ASI Dual Motor.

Kenalan, Yuk, dengan Pompa ASI Dual Motor!

Moms pejuang ASI sudah seharusnya mendapatkan yang terbaik untuk mendukung produksi ASI mereka. Selain makan makanan bergizi, Moms juga perlu [...]

Pompa Asi Dual Pump, Membantuku Pasca Melahirkan

Memerah susu sangat disarankan terutama untuk ibu yang bekerja di luar dan mempunyai mobilitas tinggi. Bagiku, alat yang cukup membantu dalam [...]