Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Acara Nutrisi Sehat dan Bahagia

MY STORY  |  PARENTING  |  TODDLER  |  03 Nov '19


Hello Moms, saya senang sekali bisa hadir ke acara ini. Saya bisa belajar tambah ilmu dari pakarnya yaitu dokter anak dan psikolog, juga ada mom Lina sebagai influencer serta bertemu teman dari Instagram. Acara yang dibuat oleh @thebabyologist & @nestlelactogtow dengan tema "Nutrisi Pendukung Si Kecil Sehat & Bahagia."

Aku mau cerita sedikit apa yang saya dapat dari seminar tersebut:

1. Dr. Herlina, aku belajar tentang jangan percaya semua artikel yang kita browsing di mbah Google, jangan merasa semua serba tau jadi merasa lebih pintar dari dokter, semua harus diteliti sama dokter yang biasa nanganin anak kita. Jadi kita lebih tau dan bijak mengenai asupan makanan yang baik untuk si anak. Dan kamu tau Moms, semua berawal dari sistem pencernaan kita. Makanan yang baik akan terserap dengan baik untuk pencernaan kita. Alias bala tentara memiliki suplemen siap berperang melawan bakteri jahat. Jadi makanan yang anak makan membantu si tentara lebih kuat dan si kuman jahat tidak bisa ikutan makan itu.

Jadi lebih baik kita sebagai Ibu lebih lelah sedikit, bangun lebih pagian daripada anak untuk membuat makanan sehat kaya nutrisi supaya anak sehat. Dokter Herlina sarankan agar makan padat 3x sehari dan 2x camilan buah yang kaya nutrisi kalori seperti alpukat dan pisang. Ingat ya Moms, kasih makan bakteri yang baik dengan kandungan Lactobacillus Reuteri itulah yang terbaik untuk sistem pencernaan anak.

Tips untuk menaikkan berat badan anak, bisa menambah asupan makan penuh kalori dengan dicampur unsalted butter, cheese, minyak zaitun dan saripati daging/ayam. Ingat takarannya mesti 100 kalori dalam setiap piring anak dan harus habis.

2. Psikolog Saskya Aulia, aku belajar bahwa setiap orang tua mengasuh anak adalah sebuah proses yang selalu belajar, lalukan dengan rutin dan tegas. Lalu ciptakan lingkungan dalam rumah yang bahagia seperti ikut menikmati bermain bersama anak yaitu jiwa kita ikut bersatu dengan jiwa anak (benar2 hadir mencurahkan seluruh pikiran dan hati, bukan sekedar hadir tapi masih sibuk dengan HP).

Mami yang bahagia dengan melakukan aktivitas menyenangkan hati alias me time, kalau saya seperti menonton serial drama Korea dan bisa scrub badan saat mandi. Atau Moms juga suka cerita ama pasangan dan pasangan kita bisa mengerti apa maunya kita sudah bisa bikin happy juga, betul apa betul? Oh ya, satu hal juga yang penting membuat kita Happy yaitu bersyukur kepada Tuhan.

Tips apabila anak tidak suka makan, bisa berkata "oh kamu ga suka ya ama makanan ini," lalu lanjutkan "uhm ok baiklah kalau kamu tidak suka, mami tes ya coba dede suapin mami, uhmm ini enak kok! gih dede cobain deh." Atau bisa juga kasih tau rasa lapar seperti apa, contoh si anak tetap tidak menyentuh makanan yang disiapkan, tarik lagi dan hanya dikasih air mineral (tidak dikasih susu juga) para Moms harus kuat ya supaya ga gampang luluh (tidak memberi susu walau nangis & rewel). Kita tunggu sampai dia bilang mau makan. Jadi anak belajar bahwa itu rasa lapar, harus makan bukan selalu minum susu.

Intinya kasih pengertian dalam menjawab anak seperti yang dia rasakan dan menerima dia seperti itu. "Oh kamu marah ya? Kamu ga suka ya? Ok" dan tanya kenapa. Kita bisa tunggu sambil menenangkan dirinya, lalu baru diskusi. (trik ini bisa dilakukan seperti keinginan kita tanpa penolakan si anak).

Dan coba biasakan untuk bicara dengan anak dengan tatapan mata yang sama level/sejajar dengan mereka supaya mereka merasa nyaman dan tidak terancam (apabila kita dalam posisi berdiri dan anak menengok ke atas, otomatis batang otak terasa tegang dan otak anak akan memberi signal terancam lalu anak akan marah melakukan defense/pertahanan untuk memulai perang).

Menurut beliau, Parenting itu Slow dan Butuh Consistency. Jadi kamulah yang memberi latihan yang seperti Moms inginkan di media tanah yang sangat luas yaitu anakmu. Jadi kalau Moms ingin anak yang pintar, latihlah anak untuk selalu belajar baik kegiatan indoor/outdoor alias distimulasi. Jangan takut Moms untuk kasih mainan di atas umur anak.

Untuk jadwal bangun pagi, makan, mandi, main, gosok gigi, biasakan untuk sesuai keinginan Moms. Jadi anak dapat terbiasa seperti rutinitas itu. Dan ikuti metode anak yang dia suka, misalnya kalau anak kita aktif sekali dan suka berlari, bisa kita taro buku berserakan di sudut rumah/kamar lalu ajak anak "yuk kita belajar sambil cari buku tentang warna/binatang." Lalu "yuk kita rapikan, cari semua buku lalu taruh di kotak ini nak."

Karena proses memberi kebahagiaan anak melibatkan kedua orang tuanya, bukan hanya sang ibu dalam mengasuh. Yuk para Daddy/Ayah/Suami ikut terlibat dalam mengasuh anak yang sehat dan bahagia. Karena anak yang masa kecilnya bahagia mampu bertahan jadi tangguh dalam menjalani masa depan yang penuh rintangan.

#babyosession #mamabelajar #growhappy

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1375 Dewi Pramita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips & Tricks Potty Training Ala Mama Alby

Moms sedang mempersiapkan si Kecil untuk potty training? Simak tips dan trik berikut ini ya.

Proses Menyapih si Kecil Serta Berbagai Persiapannya Part 2

Yuk simak lanjutan cerita Mom Risya berikut ini tentang proses menyapih.

Kapan Sebaiknya Mengajak Si Kecil Gowes?

Mengajak anak gowes, sebaiknya dimulai sejak usia berapa? Kami pun berusaha mencari informasi sebanyak mungkin untuk memenuhi kualifikasi tersebut.

Yuk, Moms, Cegah Stunting Sejak Si Kecil dalam Kandungan!

Stunting adalah gangguan pertumbuhan yang harus diatasi sejak dini. Simak penyebab, dampak, dan cara mengatasi stunting pada anak berikut ini.

Belajar Mengenal Angka dengan Tempelan Kulkas

Saya sedang mengajari Stacy untuk mengenal bentuk angka-angka. Namun, saya ingin mengajarinya sambil bermain sehingga Stacy senang dan [...]

Mari Menjalani Fase Teribble Two dengan Bahagia

Keputusan menjadi orang tua dibutuhkan sebuah komitmen yang kuat dan bukan perkara yang mudah.

Bagaimana agar si Kakak Tidak Cemburu pada Adiknya

Pertanyaan ini sering muncul di hati saya sejak saya mengandung anak ke 2. Moms and Dads juga mengalami yang sama? Yuk simak berikut ini.

Role Model Terbaik Adalah Ayahku

Proses mengandung, melahirkan dan membesarkan buah hati tidak hanya menjadi tugas ibu lho Moms!

Menghadapi Tantrum Anak Usia 14 Bulan

Tantrum, sebuah momok yang sudah tidak asing di telinga orang tua.

Tips agar Anak Tidak Menjadi Pelaku Bullying

Beberapa saat yang lalu warganet dikejutkan dengan kabar meninggalnya artis K-Pop yang bunuh diri karena depresi

Tips Memilih Tontonan Anak

Peran kita sebagai orangtua dalam memberikan hiburan pada si Kecil sangat penting loh Moms

Meningkatkan Bonding antara Ayah dan si Kecil saat LDM

Long Distance Marriage adalah sebuah istilah yang dibuat untuk pasutri yang menjalani pernikahan jarak jauh.

Mengatasi Rasa Cemburu Kakak Terhadap Adik Barunya

Saya ingin sharing tentang pengalaman menjadi Mom of two, karena tanggal 2 November lalu saya melahirkan anak kedua.

Disiplin saat Masih Balita, Pentingkah?

Saat menjadi ibu, naluri & pemikiran saya berkembang, naluri melindungi, menyayangi dsb yang menyangkut anak saya.

Tips Mengajarkan Kakak Menyayangi Adiknya Sejak di Dalam Perut

Walau Daud masih kecil banget & belom ngerti apa itu adik, aku berusaha banget untuk kasih tau dia dari sekarang

Berbagai Aktivitas Agar si Kecil Betah di Dalam Pesawat

Aktivitas berikut ini bisa moms coba agar si Kecil betah di dalam pesawat lho

Punya Dua Balita, Moms Harus Siap Jadi 'Super Mom'

Saya memiliki 2 balita dengan jarak yang cukup dekat, saya jaga & besarkan sendiri tanpa bantuan nanny atau orang tua.

Saat si Kecil Bertanya: Kenapa Bunda Bisa Hamil?

Moms, pasti pernah ya berada dalam momen seperti itu. Atau si Kecil bertanya, aku lahir dari mana sih Bunda?

Orangtua Selalu Membandingkan Anak, Ini Dampak Negatifnya!

Pernahkah di antara kita sebagai orang tua membandingkan anak sendiri dengan anak orang lain atau antar saudaranya?

Hentikan Kebiasaan Selalu Menjanjikan Sesuatu Hal kepada si Kecil

Hayo mom siapa yang biasa melakukan hal tersebut? Membujuk anak dengan menjanjikan sesuatu hal yang menarik.