Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Abortus Imminens, Ancaman Kehamilan di Trimester Pertama

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  08 Jun '19


Kehamilan adalah anugerah bagi setiap wanita. Meski begitu, menjaga kehamilan susah-susah gampang karena ada saja hal yang bisa menyebabkan kehamilan menjadi bermasalah. Masalah kehamilan bisa terjadi kapan saja. Namun, fase kehamilan paling rentan adalah di trimester pertama yaitu bulan pertama sampai dengan bulan ketiga kehamilan.

Mengenal Abortus Imminens

Salah satu masalah kehamilan yang harus diwaspadai adalah abortus imminens. Sekilas, nama kondisi kesehatan ini mirip dengan aborsi. Padahal, tidak ada kaitannya sama sekali.

Abortus berarti keluarnya fetus secara tiba-tiba sebelum bayi bisa bertahan hidup sendiri di luar kandungan. Sementara itu, imminens berarti sebentar lagi atau dalam waktu dekat.

Kondisi abortus imminens ditandai dengan munculnya flek cokelat, kadang gumpalan darah, dari vagina saat usia kehamilan kurang dari 20 minggu. Gejala lainnya adalah nyeri atau pegal luar biasa di bagian perut dan punggung bawah ibu hamil.

Penyebab Abortus Imminens

Belum ada kejelasan mengenai penyebab pasti abortus imminens. Laporan tentang kasus ini menunjukkan bahwa 60-70% kehamilan yang mengalami kondisi keguguran ini disebabkan oleh kelainan kromosom. Selain itu, beberapa hal yang diduga kuat menjadi menyebab abortus imminens adalah sebagai berikut:

  • Masalah pada plasenta
  • Infeksi virus dan bakteri
  • Trauma atau benturan keras di sekitar perut
  • Hamil dengan usia tua
  • Terpapar zat kimia
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein
  • Stres fisik dan psikis

Kondisi Bayi dengan Abortus Imminens

Tidak semua kasus pendarahan atau flek cokelat menyebabkan keguguran. Moms dengan kondisi abortus imminens masih tetap dapat melahirkan bayi yang sehat asalkan leher rahim (serviks) belum melebar dan bayi masih melekat di dinding rahim dengan aman. Dokter mungkin akan memberikan terapi hormon apabila Moms kekurangan hormon HCG atau progesteron selama kehamilan. Apabila Moms keguguran karena dipicu kondisi ini, jangan berkecil hati. Peluang untuk bisa hamil di kemudian hari tetap ada.

Kehamilan adalah momen yang membahagiakan bagi Moms dan keluarga. Namun, saat-saat ini juga mendebarkan karena Moms rentan mengalami masalah kehamilan, salah satunya abortus imminens. Oleh sebab itu, Moms yang sedang hamil harus benar-benar ekstra menjaga kesehatan kehamilan. Istirahat cukup, pola makan yang baik dan sehat, konsumsi vitamin yang diresepkan dokter kandungan adalah beberapa cara agar Moms dan si Kecil dalam kandungan sehat hingga saat melahirkan tiba.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1292 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Gejala dan Penyebab Hamil Anggur

Mengapa hamil anggur bisa terjadi? Yuk simak penjelasan seputar hamil anggur di artikel berikut.

Bolehkah Puasa Bagi Ibu Hamil Usia 4 Bulan?

Mendekati bulan puasa, mungkin ibu hamil merasa khawatir dengan kandungannya, mari kita perhatikan tips berikut.

Kenapa Bumil Dianjurkan Konsumsi Susu Kedelai?

Susu kacang kedelai memiliki banyak kandungan nutrisi baik. Lantas, bagaimana manfaatnya jika Moms hamil mengonsumsinya?

Ketahui 4 Langkah Penting Saat Persiapan Kehamilan

Kehamilan bukan hanya tentang kesiapan seorang wanita untuk mengandung janin selama 9 bulan. Lantas apa saja yang harus diperhatikan?