Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

9 Cara Merawat Kulit si Kecil ala Mom Leny

HEALTH TIPS  |  11 Mar '19

Setiap bayi yang lahir akan membawa kulit sensitifnya, pastinya orangtua perlu merawatnya dengan baik. Berikut ini pengalaman saya merawat kulit Gabriel.

Tips merawat kulit si Kecil

  1. Mandi 1x sehari
    Di usianya yang baru lahir, bayi belum banyak aktifitas dan tidak kotor, jadi memandikannya 1 kali sehari saja sudah cukup, agar menjaga kulitnya tetap lembab dan tidak kering.

  2. Gunakan sabun yang aman
    Jangan menggunakan sabun batang atau sabun dengan busa yang banyak ini akan membuat kulit bayi kering dan pedih di mata. Bijak memilih sabun bebas SLS dan paraben karena kedua zat ini berbahaya bagi kulitnya. Gunakanlah sabun cair tipe mild untuk menjaga kulit lembabnya dan tidak pedih di mata.

  3. Jangan biarkan ruam popok
    Kondisi kulit berbintik merah seperti jerawat pada bagian popok sering terjadi, segera mengganti popoknya setelah buang air kecil atau air besar. Pakailah popok yang tidak ketat untuk menghindari iritasi kulit.

  4. Jangan biarkan kulitnya terpapar sinar matahari
    Mulai jam 10-4 sore panasnya matahari akan membakar kulit bayi. Jika diharuskan keluar rumah pakailah tabir surya spf 15 yang mengandung titanium dioxide dan zinc oxide setiap dia mulai berkeringat.

  5. Ganti pakaian
    Segera ganti pakaiannya jika basah atau berkeringat untuk menghindari gatal. Gunakan pakaian berbahan yang mudah menyerap keringat.

  6. Rawat kulit kepalanya
    Bayi terlahir dengan kulit kepala yang agak kering seperti ketombe, Moms perlu memijatnya saat menyiram kepalanya, beri sedikit shampoo untuk melunakkan kulit kepalanya, usai membersihkan kepalanya sisirlah rambutnya untuk mengkikis kering di kepalanya. 

  7. Pilih detergen khusus untuk bayi
    Cucilah pakaian, seprei dan selimutnya dengan detergen ini. Pilih detergen yang tidak berwarna atau mengandung wewangian, karena salah satu penyebab ruam popok adalah pencucian pakaian bayi dengan detergen. Pisahkanlah baju bayi dengan baju anggota keluarga lainnya.

  8. Ganti perlengkapan mandi dan tidurnya
    Gantilah handuk, seprei dan selimutnya secara rutin agar tidur lebih nyaman. Vakum atau jemur bantal, guling dan kasur agar terbebas dari tungau.

  9. Pilihlah pelembab tanpa wewangian
    Untuk melindungi kulit bayi di udara panas ataupun dingin balurkan pelembab setelah bayi mandi atau mengganti pakaiannya saat setelah berkeringat.

Menjaga kulit bayi sensitif Moms diharuskan lebih sigap, jika si Kecil memiliki kulit lebih sensitif atau kondisi kulit eksim maka Moms perlu merawatnya dengan lebih ekstra lagi.

Semoga bermanfaat.

By: Leny Larose

Copyright by Babyologist

97 Leny Larose

Comments

Related Stories